[Waifu Wednesday] Mitsui Honoka

Selamat datang lagi dalam rubrik Waifu Wednesday edisi Mitsui Honoka! Setelah minggu lalu membahas sohibnya, Kitayama Shizuku, kali ini giliran karakter dengan unsur keimutan yang berbeda ini. Tak perlu lama, mari kita membahas karakter yang disuarakan oleh seiyuu Sora Amamiya ini.

Mitsui Honoka adalah seorang siswa rombel satu First High School (saya sebut sama SMA 1 setelah ini) yang memiliki peran sebagai bendahara OSIS saat Nakajou Azusa menjadi ketuanya, hingga diangkat menjadi sekretaris saat Shiba Miyuki menjadi ketua OSIS di tahun berikutnya. Ia juga satu kelas dengan Miyuki sejak kelas 1 SMA. Honoka juga bergabung dengan klub olahraga biathlon.

Bukan, ini bukan Aqua walau seiyuu-nya sama

Honoka memiliki tinggi sekitar 162 cm dengan berat badan 53 kg. Rambutnya panjang sebahu dengan gaya lower short twintail. Ia juga memiliki tubuh curvy dengan ukuran dada yang cukup besar. Ia sendiri menggunakan tipe CAD berbentuk gelang dan memiliki kemampuan unik yang jarang ditemui di dunia sihir sebagai pengguna elemen cahaya.

Lalu bagaimana seorang Mitsui Honoka cocok sebagai waifu kalian?

+ Quite Fit

Yeh, Mitsui Honoka tidak hanya cantik, imut, tapi juga atletis. Seperti yang saya tulis di paragraf-paragraf sebelumnya, Honoka bergabung dalam klub biathlon di sekolahnya. Mungkin yang sudah nonton anime atau baca mangaRifle Is Beautiful” sudah mengetahui olahraga ini. Biathlon adalah olahraga ski yang digabungkan dengan menembak. Biasa digelar di acara olahraga musim dingin dan mungkin kalian pernah lihat highlight-nya di televisi, internet atau media lain.

Balik lagi ke Honoka, ia cukup ketat untuk menjaga tubuhnya tetap fit. Dengan perannya di sekolah yang kian sibuk, menjaga kesehatan menjadi prioritas utama selain meningkatkan kemampuan sihirnya. Mungkin ini menjadi alasan mengapa ia cukup baik untuk menjaga bentuk tubuhnya.

+ Skilled Researcher

Tak hanya urusan fisik, Mitsui Honoka juga memiliki otak yang cukup cemerlang. Honoka sebelumnya menduduki peringkat ketiga dari seluruh murid baru saat ia pertama kali masuk SMA 1. Kemudian ia menjadi runner up dalam ranking peraih nilai tertinggi UAS SMA saat masih kelas 1.

Kemampuan Honoka sudah terbaca sejak awal dia masuk dengan kemampuan sihir dan intelegensi yang cukup mumpuni, hanya kalah dari Miyuki dari peringkat. Ia memiliki spesialisasi dalam sistem getaran gelombang cahaya dan memiliki kecanduan dalam penggunaan sihir ini. Ia juga dapat membedah sistem dengan efisien dalam pengembangan formula sihir dengan proses yang cukup rumit tanpa bantuan orang lain. Kemampuan ini juga membuatnya dikenal sebagai siswi jenius dari rombel satu. Mengingatkan saya dengan kemampuan kakak tingkatnya, Ichihara Suzune. Honoka kemudian berpartisipasi dalam eksperimen publik mengenai proyek termonuklir.

+ She hates being a loser, so she needs to push more

Honoka bukan tipe yang mudah menyerah untuk mendapatkan sesuatu, bahkan untuk merebut Tatsuya sekalipun dari Miyuki. Di volume kelima saat rehat musim panas, ia dengan gamblang mengungkapkan cintanya ke Tatsuya. Namun jawaban yang ia dapatkan cukup sesuai ekspektasi, yap, ditolak. Apakah hanya berakhir disitu saja? Saya gak mau spoiler banyak sendiri jadi saya kasih silahkan highlight dua paragraf yang keliatan kosong di bawah ini untuk membaca spoilernya.

Di volume ke-10 yang tengah diadaptasi menjadi anime di musim ini, besarnya cinta Honoka terhadap Tatsuya terungkap setelah Parasite menghinggapi android Pixie. Pixie yang dalam kendali Parasite menyerap emosi dari Honoka, dan malah menunjukan rasa cintanya kepada Tatsuya dengan gamblang.

Setelah mengetahui pertunangan Tatsuya dan Miyuki, ia diberitahu oleh Shizuku bahwa Tatsuya menganggap Miyuki tidak sebagai pasangan kekasih, melainkan hanya seorang adik. Informasi ini kemudian ditelan Honoka dengan baik dan pertimbangan matang. Hingga di volume ke-17, Honoka dengan lantang menyuarakan diri sebagai rival Miyuki demi mendapatkan Tatsuya. Ia tak menyerah untuk mendapatkan Tatsuya walau ia harus bertarung dengan sahabatnya sendiri.

+ Sora Amamiya

Ten-chan tentunya harus hadir di dalam poin ini. Dalam perannya sebagai Mitsui Honoka, Ten-chan menggunakan suara yang lebih halus dari peran lainnya di musim gugur ini (Aliceliese dari KimiSen). Saat awal musim pertamanya tayang, saya mengira bukan Ten-chan yang mengisi suara Honoka. Hingga ada momen Honoka tampil antusias, saya akhirnya bisa menebak bahwa Ten-chan yang ngisi perannya. Apalagi di musim yang sama di musim pertama, ia juga memerankan Kaori dari Ishuukan Friends yang bahkan lebih lembut dan rendah intonasinya.

– Overreactive

Seperti yang saya tulis sebelumnya, Honoka jadi karakter pertama yang menyatakan perasaan cintanya kepada Tatsuya selain Miyuki di kesehariannya. Ia kemudian makin sensitif dan cemburuan saat ada “perempuan” baru yang dekat dengan Tatsuya. Meskipun mereka tidak memiliki status lebih dari teman, Honoka terlihat kian nempel dengan targetnya tersebut.

Hal inilah yang membuatnya mudah membaca keadaan di sekitarnya, namun reaksinya yang cukup berlebihan. Jika tak ada Shizuku disampingnya, Honoka bakal menunjukan kecemasan berlebihan dan membuat teman terdekatnya kerepotan. Dia butuh material “ketenangan” dari Shizuku dan Miyuki agar bisa lebih kalem untuk nanggapin sesuatu.

– Fragile

Iya, walaupun saya bilang dia cukup fit secara fisik, namun ia tidak terlalu besar kemampuannya dalam pertarungan. Sehingga sering kali ia hanya menjadi observer daripada eksekutor di lapangan. Kemampuan elemen cahayanya dapat menjadi pendukung rekannya yang lain dalam pertarungan, namun tidak untuk melumpuhkan dan mematikan musuh. Kecuali saat ia menggunakan Evil-Eye atau Hypno-Eye untuk menguasai fisik musuh.

– Kitayama Family

Probably the same as Shizuku. Walau Honoka tidak berasal dari keluarga Kitayama, namun ia sudah dianggap seperti anggota keluarga mereka. Bahkan Ushio, ayahnya Shizuku sering memberikannya uang saku setiap mereka bertemu. Honoka sering merasa malu saat diberi hal semacam ini, begitu juga dengan kasih sayang layaknya orang tua kepada anaknya.

Kenapa minus? Kalau kalian sudah membaca Waifu Wednesday edisi Kitayama Shizuku, mungkin sudah tahu jawabannya. Kitayama adalah keluarga konglomerat di Kantou yang juga dianggap terpandang dalam urusan bisnis disana. Tentunya untuk mendapatkan Honoka, maka berhadapan dengan Ushio dan Benio (ibunya Shizuku) adalah suatu kewajiban. Belum lagi dari Shizuku yang gak kalah strict-nya dengan kedua orang tuanya.

Untuk yang bagian paragraf ber-font putih di atas, akan diedit kembali jadi hitam pasca episode ke-6 tayang pada Sabtu malam (7/11). Nantikan keimutan Honoka di episode berikutnya, karena Parasite sudah merasuki Pixie dan mengkopi emosi dari Honoka.

Baiklah itu saja mungkin saya membahas waifu Mitsui Honoka. Untuk berikutnya saya rencananya akan membuat Erika atau Mizuki terlebih dahulu, sebelum mengarah ke senpai-senpai cantik itu. Silahkan tinggalkan saran dan kritik di kolom komentar ya! Sampai jumpa minggu depan!

© Tsutomu Sato, Kana Ishida/Kadokawa