[Virtual Journal] Kakyoin Chieri

Yahoo, yahoo! It’s Virtual Journal again, tapi akhirnya rilis bukan di hari Selasa. Kali saya tidak akan banyak beralasan karena bahasan virtual journal kali ini mungkin cukup panjang. Di edisi minggu ini Virtual Journal akan membahas Kakyoin Chieri, vtuber yang berasal dari agensi .LIVE (baca: dot live).

Nah, sekarang ketika kamu baru pertama kali mendengar nama ini, pasti pikiran kalian langsung ke arah: “Is this a Jojo reference?

Sayang sekali tebakan Anda salah! Rerorerorerorero~

Namun sebelum saya membahas sang vtuber, mungkin saya akan beri penjelasan soal agensinya terlebih dahulu karena ini cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan.

.LIVE, Salah Satu Agensi Pionir VTuber Berbasis Idol

Jauh sebelum ada Hololive yang sedang menguasai pasar global vtuber sekarang, ternyata ada satu agensi yang sudah mempromosikan grup vtuber idol. .LIVE mungkin agensi pertama yang memulai untuk membuat grup idol vtuber namun pesonanya masih belum bisa dikenal ke luar Jepang. Perlu diketahui disini saya bukan anti Hololive, namun perbandingan cukup menarik diangkat biar kalian melek bacanya, kalau ga pasti acuh toh heheh. Hanya terciptanya grup idol vtuber gagasan .LIVE tidaklah langsung diimplementasikan saat agensi didirikan.

Kita mulai dari awal. Buat kalian yang belum tahu .LIVE setidaknya kalian pasti tidak asing dengan salah satu dari 4 vtuber legendaris, Dennou Shoujo Siro. Nah Siro inilah sebenarnya adalah karakter dari game buatan App Land yang diberi nama Shoujo Heiki Taisen (welcome to another story of app developer yang banting stir jadi agensi vtuber). Sayangnya, game yang mirip konsepnya dengan Kancolle dan Girl Frontline ini gagal rilis. Nah, daripada mubazir tidak terpakai, App Land memanfaatkan karakternya untuk diorbitkan menjadi vtuber. Siro inilah yang dirilis paling awal. Penuh pro-kontra, Siro berhasil menjadi salah satu vtuber paling berhasil pada tahun 2017. Selain Siro ada juga Baacharu, vtuber yang terkenal dengan kepala kudanya yang mengaku sebagai vtuber laki-laki pertama di dunia.

Melihat kesuksesan ini, App Land menetapkan agensi vtuber yang diberi nama .LIVE dan membuat polling bagi fans untuk memilih karakter dari game gagalnya untuk didaur ulang menjadi vtuber. Akhirnya terpilihlah 10 karakter untuk dimasukan ke dalam project yang diberi nama idol-bu. Baacharu juga ikut andil dalam pemilihan member dengan mengambil 2 vtuber lain dari luar yang masuk ke dalam project ini. Makanya, ada julukan untuk Baacharu gara-gara ini yang berbunyi: “The man who rolled a 10-gacha and pulled 12 SSRs.” Baacharu juga menjadi produser dari idol-bu dan diberi nama lain UmaP.

Starter pack untuk mengenal .LIVE dan idol-bu yang ada di dalamnya.

Sweeter than Tons of Sugar, Chieri Dayo!

Jadi Chierinya itu dimana? Ya Chieri yang akan kita bahas ini adalah salah satu dari member idol-bu. Lebih waw lagi, Chieri adalah salah satu dari dua rekrutan luar yang masuk ke dalam 12 anggota idol-bu. Jadi Chieri ini sebenarnya sudah ada terlebih dahulu sebagai vtuber indie yang memulai aktivitas vtubernya sejak 9 Maret 2018. Kala itu Chieri masih bernama Nanashino Chieri. Jejak indienya masih bisa kamu lihat di video ini.

Chieri akhirnya bergabung dengan .LIVE dan debut pada 5 Mei 2018. Namanya pun diubah menjadi Kakyoin Chieri, membuat fans sempat salah sangka kalau ini adalah referensi Jojo. Dalam salah satu live talk perdananya, Chieri menegaskan kalau dia tidak ada hubungannya dengan Jojo, apalagi mempunyai stand.

Gadis yang lahir 16 Maret ini terlihat sangat imut dengan jepitan rambut asli dari buah ceri yang bisa dimakan, rok pendek yang memekakan mata dan pupil yang membuat orang salah tingkah. Dari segi penampilan cocoklah jadi idol. Tapi bagaimana dengan tingkah lakunya?

Chieri sebenarnya adalah gadis ramah yang bisa kamu bayangkan melalui penampilannya. But, her gap moe is not kind of cute but still adorable. Jadi ada kabar desas-desus kalau Chieri ini ex-yankee. Hal ini sudah dibantah oleh Chieri, namun makin kesana makin kelihatan sikap yankeenya. Beberapa clue seperti dalam trailer 3Dnya dan video singkat yang ada dibawah, sudah cukup membuktikan rumor tersebut (that’s why you can call her ojou too).

Umur Chieri sekarang sekitar 17,002 atau 17,003 tahun karena 1 tahun di dunia nyata itu sebanding dengan 0,001 tahun di dunia virtual. Hukum ini berlaku ke seluruh member .LIVE. Makanya virtual idol ga bakal pernah tua.

Pada awal karirnya di .LIVE, Chieri menggunakan model live 2D sebelum akhirnya mendapat model 3Dnya pada 1 November 2018. Kedepannya gadis yang tergabung dalam  klub mahjong yang komite pemeliharaan hewan ini terus menggunakan model 3D dalam kontennya.

Owner of Chieriland, Kalian adalah Pekerjanya

Konten Chieri layaknya seperti vtuber idol pada umumnya, namun Chieri lebih berat ke arah game horror yang menjadi kesukaannya. Chieri memang suka bermain banyak game. Game seperti Rhythm Heaven dimainkannya jauh sebelum game ini ngetrend di antara para vtuber (Chier sudah mencobanya sejak dia masih dalam model live 2Dnya)

Cuplikan Chieri ketika bermain Rhythm Heaven. Chieri boleh dikatakan sebagai salah satu vtuber yang paling awal mencoba untuk stream game ini.

Yang paling melekat padanya adalah saat dia memainkan Planet Coaster dan membuat taman bermain, ada fans yang menyeletuk kalau Chieri sedang membuat Chieriland. Unsur itu ditanggapi positif oleh Chieri dan menjadi lore unik yang dimiliki Chieri hingga sekarang. Chieriland mempekerjakan fans Chieri dengan bayaran 200 yen per jam dengan catatan para pekerja harus bekerja 7 hari seminggu. Pekerja hanya boleh istirahat untuk menonton Siro atau anggota idol-bu lainnya. Makanya fans Chieri sering juga disebut jūgyouin yang berarti pekerja.

Ada fans yang membuat theme song untuk Chieriland yang menjadi lagu official Chieri sendiri. Total ada dua lagu, dan salah satu lagu yang berjudul Go! Go! Chiery! dibawakan oleh Chieri langsung dalam konser pertama idol-bu. This is our anthem, Jūgyouin!

Selebihnya Kakyoin Chieri adalah gadis imut yang yang bisa mencerahkan hatimu. Chieri sempat meraih 100.000 subscribers namun karena ada insiden dari yang sempat menjatuhkan .LIVE, Chieri kini masih berjuang untuk meraihnya 100.000 subscribersnya kembali di angka 90 ribuan subscribers. Kamu bisa mendukung Chieri lewat subscribe channelnya dan bekerja dengan gaji 200 yen per jam di Chieriland. Tertarik dengan lowongan simp ini?

Kakyoin Chieri External Links

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCP9ZgeIJ3Ri9En69R0kJc9Q

Twitter: https://twitter.com/chieri_kakyoin

Sorry. No data so far.