Jual Stiker Bootleg Kimetsu no Yaiba, Wanita di Prefektur Nara Diamankan

November 12, 2020 2:33 pm
Jual Stiker Bootleg Kimetsu no Yaiba, Wanita di Prefektur Nara Diamankan

Pada 10 November lalu, Kepolisian Prefektur Nara menangkap pelaku pelanggaran hak cipta dari penjualan stiker karakter serial “Kimetsu no Yaiba“. Pelaku adalah seorang wanita berusia 27 tahun yang diringkus polisi di kediamannya dan mengakui bahwa dirinya menduplikasi stiker tersebut dan menjualnya. Tak hanya itu, ia juga sudah mengetahui bahwa produk yang diduplikasi adalah barang palsu alias bootleg.

Kepolisian Prefektur Nara sebelumnya mencurigai penjualan 12 stiker karakter “Kimetsu no Yaiba” kepada seorang pria pada 4 Juli 2020. Pria yang menjadi pembeli ini tinggal di prefektur yang sama dengan wanita pemilik halaman penjualan stiker palsu tersebut. Wanita tersebut akan dikenakan pasal pelanggaran hak cipta atas distributor Aniplex.

Kepolisian juga memastikan bahwa wanita tersebut menjual 50 sticker seharga 600 yen. Wanita tersebut juga mengakui bahwa telah menjualnya sebanyak 50 kali. Pihak berwajib belum membeberkan total pendapatan dari penjualan stiker bootleg atau palsu ini ke publik.

Pada akhir Oktober lalu, Kepolisian Prefektur Fukuoka juga mengamankan seorang pria pekerja kantoran atas dugaan pelanggaran hak cipta dari serial Kimetsu no Yaiba“. Berbeda dengan wanita di atas, pria ini menjual DVD bajakan yang ia kira adalah produk asli. Ia menjual DVD yang ia impor dari Malaysia dengan kalimat “Versi Luar Negeri” dan “Tanpa Iklan” di halaman penjualannya. Harga yang ia patok juga lebih rendah dari harga reguler aslinya.

Kimetsu no Yaiba

DVD yang disita mencapai 600 keping © NHK

Koyoharu Gotouge merilis manga “Kimetsu no Yaiba” di majalah Weekly Shonen Jump pada Februari 2016 dan berakhir pada 18 Mei 2020. Shueisha telah menerbitkan volume ke-20 pada 13 Mei lalu, sementara volume ke-21nya akan terbit pada 3 Juli 2020. Sebuah manga dan dua novel cerita sampingan juga sudah dirilis. Manga Kimetsu no Yaiba: Tomioka Giyuu Gaiden” tampil dalam dua bab di majalah Weekly Shounen Jump pada 1 April dan 8 April 2019. Kemudian, novel “Kimetsu no Yaiba: Shiawase no Hana” telah diterbitkan pada 4 Februari 2019, dan novel “Kimetsu no Yaiba: Kataha no Chou” terbit pada 4 Oktober 2019.

Adaptasi anime telah ditayangkan pada April 2019 hingga September 2019 dengan jumlah 26 episode. Studio Ufotable menjadi penggarap animasinya. Sebuah sekuel berjudul “Kimetsu no Yaiba Movie: Mugen Ressha-hen” juga sudah tayang pada 16 Oktober 2020 di bioskop di Jepang. Film ini juga akan hadir di Indonesia via ODEX.

Sumber: Sankei News