Sirkulasi Kumulatif Penjualan Novel Gate Capai 5 Juta Eksemplar

November 14, 2020 2:31 pm
Sirkulasi Kumulatif Penjualan Novel Gate Capai 5 Juta Eksemplar

AlphaPolis umumkan pada hari Rabu lalu (11/11) bahwa novel “Gate: Jietai Kare no Chi nite, Kaku Tatakeri” karya Takumi Yanai, ilustrator Daisuke Izuka, dan Kurojishi kini telah terjual hingga 5 juta eksemplar. Angka ini hanya dihitung dari penjualan fisiknya, dan jika digabungkan dengan versi e-book-nya maka penjualannya sudah mencapai 5,7 juta eksemplar. Serialisasi novelnya sudah mencapai volume 14 (5 musim pertama, 5 side story, dan 4 musim kedua).

Gate

Sinopsis “Gate: Jietai Kare no Chi nite, Kaku Tatakeri“:

Pada Agustus 20XX, sebuah portal ke dunia paralel yang dikenal dengan nama “Gate” tiba-tiba muncul di Ginza, Tokyo. Monster dan tentara keluar dari portal, dan merubah distrik perbelanjaan menjadi neraka berdarah.

Angkatan Darat Jepang (JGSDF) langsung beraksi dan mendorong makhluk fantasi tersebut ke dalam Gate. Untuk memfasilitasi negosiasi dan mempersiapkan perang di waktu yang akan datang, JGSDF meluncurkan Tim Pemantau Ketiga ke regional khusus di sisi lain dari Gate.

Youji Itami, anggota JSDF dan seorang otaku berusia 33 tahun, diangkat menjadi pemimpin tim. Di tengah serangan tentara musuh, tim ini mendatangi berbagai tempat dan mempelajari budaya lokal dan geografinya.

Berkat kinerja mereka dalam bantuan kemanusiaan, walau dengan banyak kesulitan mereka secara perlahan dapat merangkul warga lokal. Mereka bahkan memiliki seorang elf imut, seorang penyihir dan seorang dewi di dalam lingkaran pertemanan baru mereka. Di sisi lain, kekuatan besar diluar Gate seperti Amerika Serikat, China, dan Russia sangat tertarik dengan sumber daya alam tak terbatas yang tersedia di Regional Khusus ini. Mereka mulai melakukan tekanan diplomatik kepada Jepang.

Portal ke dunia lain yang tiba-tiba muncul –hingga kekuatan besar yang tak mungkin lebih dari sekedar aset untuk menggulingkan tatanan internasional. Namun bagi protagonis kami, ini adalah kesempatan tak ternilai untuk mengembangkan pengetahuan, persahabatan, dan perspektif mereka kepada dunia.

Takumi Yanai meluncurkan novel daring “Gate: Jietai Kare no Chi nite, Kaku Tatakeri” di situs Arcadia pada April 2006 dan tamat pada Juni 2009. Versi novel fisiknya diterbitkan oleh AlphaPolis dengan ilustrasi buatan Daisuke Izuka untuk versi hardcover dan Kurojishi untuk versi paperback. Volume pertama untuk edisi “Musim Pertama” diterbitkan pada 12 April 2010 dan berakhir pada 22 Desember 2011 di volume kelima. Edisi “Side Story” volume pertamanya terbit pada 25 Desember 2012 dan berakhir di volume kelima pada 26 Juni 2015. Edisi “Musim Kedua” volume pertamanya terbit pada 21 Juli 2017 dan volume keempatnya terbit pada 19 November 2019. Musim kedua novel ini masih berjalan hingga kini.

Gate

Volume keempat novel musim kedua

Satoru Sao (Conveni DMZ) menggarap adaptasi manga dari novel ini. Serialisasinya mulai berjalan di AlphaPolis Web Manga pada 30 Juli 2011 dan hingga kini masih berjalan. Volume pertamanya terbit pada 25 Juni 2012 dan per 30 Juni 2020, penerbitan volumenya sudah memasuki volume ke-17.

Adaptasi animeGate: Jietai Kare no Chi nite, Kaku Tatakeri” dikerjakan oleh studio A-1 Pictures. Musim pertamanya tayang pada musim panas 2015 dengan jumlah 12 episode. Musim keduanya kemudian mengudara pada musim dingin 2016 dengan jumlah 12 episode. Produser dari proyek anime ini diantaranya adalah Aniplex, AlphaPolis, Showgate, Bandai Namco Entertainment, Warner Bros Home Entertainment, dan ClockWorks. Takahiko Kyougoku (Love Live! Series) menjadi sutradara dengan Ryou Andou (Demi-chan wa Kataritai) sebagai kepala sutradaranya. Tatsuhiko Urahata (Kyoukaisenjou no Horizon) menyusun skrip serialnya dan Jun Nakai (Silver Spoon) berperan sebagai desainer karakternya.

© Takumi Yanai/AlphaPolis Co., Ltd.

© Takumi Yanai,Satoru Sao/AlphaPolis Co., Ltd.

Sumber: AlphaPolis, Gate Alphapolis Campaign