[JOI Spotlight] Accurate Anatomy Editon

November 15, 2020 8:16 pm
[JOI Spotlight] Accurate Anatomy Editon

Selamat datang di JOI Spotlight yang tepat di tengah bulan November ini. Seperti biasa para staf JOI akan memberikan impresi mereka untuk seri yang hadir pada minggu ini.

Girls Frontline 07

Kaptain

Much better. Lucu aja sih komposisi tim bisa cukup pas sama komunitas PES tertentu. Selain Story MOD buat tim 404 kita bakal dapet Hanyang 88 juga, yang merupakan salah satu kasus unit underpowered jadi completely busted berkat Neural Upgrade.

Strike Witches ROAD to BERLIN 06

Kaczmarek

Yeah, let’s see what we got here. Trude being brainmuscle (check), Erica lost pantsu (check), remodel unit (check), Minna huft (check), jet type neuroi (check), what else? Ya tentunya yang paling berkesan, Magnum revolver edisi selangkangan Trude. Gimana caranya itu magnum segede gitu bisa gak nongol di pantatnya Trude? Ini sutradaranya, Kazuhiro Takamura sengaja ngambil referensi dari anime yang dia arahkan sebelumnya, Vividred Operation. Adegan pistol dari balik pantsu ini juga ada di anime tersebut. Saya gak bisa protes kenapa Trude narok pistolnya disitu, karena di sports bra-nya dia udah nyiapin cokelat untuk Erica. Untuk episode berikutnya, entah kenapa ada pelecehan seksual antar wanita. Poor Shizuka yang kayaknya kena pelonco.

Majo no Tabitabi 07

Kaczmarek

Dari dinding ke anggur. Bagian dindingnya terasa cepat, sementara yang hadir dalam spotlight saya adalah pembuatan minuman anggur itu. Udah lama gak ngeliat Elaina bener-bener ke-trigger hanya karena diintimidasi Rosemary. Ditambah lagi dia juga mabok pasca nyobain minuman itu. Mengingat ibunya Elaina juga seorang penyihir pengelana, saya penasaran dengan identitas asli ayahnya.

Akudama Drive 06

Kaptain

Ini si Dokter punya masalah yang sama dengan Robin (One Piece), can do whatever to plot needs, dan ini ngebuatnya susah dipake di konflik langsung. Seperti biasa saya ga punya banyak sentimen buat karakter yang mati di akhir episode, Chinpira toh juga nongol di preview akhir.

Di sisi yang lebih positif, that was a good ass brawl. Kalaupun Woolie juga mati paling nggak dia berhasil ngecapai Drivenya sebagai Akudama. Might be obvious ngeliat penulis serinya, tapi saya bakal kaget banget kalo lebih dari 3 orang kru Akudama bakal hidup sampe akhir.

DanMachi 07

Kaczmarek

Sudah merasa lega saat Dix bisa ditompo sama Lyd dan Bell? Nah, ada hal besar yang membuatnya makin sulit untuk ditangani, yaitu intervensi dari familia lain dan skenario terburuknya adalah Loki Familia. Seseorang akan terjatuh dari predikatnya, dan itu adalah Bell. Skenario terburuk bagi Hestia Familia disini adalah skenario terbaik demi membuat cerita makin menarik.

Jujutsu Kaisen 07

Kaptain

Itu alasan si Reverse Kakashi jarang keliatan matanya, repot ngegambar mata secantik ini. Harapan saya buat kualitas produksi yang memadai untung aja terpenuhi. Sekali lagi, Gojou ga sesumbar saat bilang dia bisa ngalahin Sukuna dan musnahin pengguna Jujutsu dari dunia, makanya saya agak simpatetik sama para Curse ngeliat mereka harus ngurusin monster kayak gini DAN Sukuna.

Ini juga pertama kalinya segmen bonus akhir punya konten yang menghibur. Good on you show.

100-man 07

Kaczmarek

Somehow, yep somehow, this show is getting interesting. Dibangunnya shipping antara Kahabel dengan Yotsuya disini malah berasa death flag. Sedikit ekspektasi bahwa kedua karakter ini gak bakal bersama karena beda tujuan, beda asal dunia, dan yang terakhir, beda kepentingan. Shipping yang bakal kandas hanya dalam perhitungan dari kemungkinan.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 07

Kaczmarek

Hahahahaha, Keiichi di adaptasi ini terasa lebih paranoid dari yang versi 2006. Ketakutan dan reaksi histerisnya cukup bikin saya ngakak, ditambah dengan Mion dan Shion yang kian messing around sama dia. Untuk pertama kalinya (mungkin) Tomitake sama Takano dianimasikan mencuri mobil bak untuk pergi. Karena di versi lama keduanya hanya disebutkan membawa lari mobil saja. Takano malah makin slutty disini.

Kemudian Rika, yang nampaknya udah capek dengan kelakuan teman-teman bocahnya, sudah gak menahan diri untuk memperingatkan Keiichi untuk arc ini. Di gamenya? Gaada. Rika gak snapped by herself kek gini. Yo Passione, matanya kenapa serem amat itu si Rika. Hah, mari menunggu episode berikutnya, bagaimana mereka menyelesaikan arc “pertanyaan” ini.

Kamisama ni Natta hi 07

Kaczmarek

Joujirou Takajou dari Charlotte nongol disini. Saya udah yakin ini satu universe sama Charlotte, namun orang pertama yang debut di serial ini justru malah si wota ini. Sempat mengira akhir episode ini bakal berakhir dengan Hina terlantar di Tokyo, namun kilas balik pertandingan basket itu sudah memberi petunjuk episode siapakah ini dikhususkan. Actually i’m more worried about the fish than Hina.

KimiSen 07

Kaczmarek

Saya heran Mismis ini bakal dapet kekuatan baru atau enggak setelah dia jadi Astral Witch. Entah itu kekuatan sihir, atau hal lain seperti dukungan moral lebih. Saat kekuatan astralnya ke-trigger pasca Iska yang tak sadarkan diri sedang (enaknya) digendong oleh Rin, saya menebak Mismis dapat menetralisir kekuatan sihir dengan kekuatan astral terbarunya. Namun tentunya kekuatan tersebut belum kuat, karena Alice masih bisa menyerangnya.

Ngomong-ngomong soal Alice, seberapa simp dirinya terhadap Iska?!? Setelah penculikan ini, apa enggak makin kesenengan ini orang hahaha. Kedok musuh udah gak perlu dibahas lagi, sudah saatnya bagaimana Alice dan Iska bisa menemukan jalan yang terbaik diantara dua pihak yang berseteru.

Ochikobore Fruit Tart 05

Kaczmarek

Baru ngeh Tone ini yang nyuarain Yuiko Tatsumi aaaaa. Setelah Hemo, kali ini muncul Tone yang sebelumnya sudah tampil di episode ke-3 atau 4. Soal mesin karaoke, bener sih kalau penyanyi profesional aja bisa dapetin skor rendah. Kemudian soal karakter, mereka masing-masing seperti mengidap penyakit pemujaan terhadap karakter lain sampai terlalu ugh.

Sigururi 07

Kaczmarek

Death flag di episode keenam itu ternyata death flag bagi Amatsuka dan juga untuk Leyli. Tak lupa juga dengan sang Mayor yang terkena tembakan dari Thor itu. Saya kira Lizbeth dan Leyli sudah berhasil lolos dari dalam pilar pasca skip time saat Sonoka luka parah. Sampai Amatsuka mengungkap bahwa dua rekannya itu masih terjebak di dalam pilar, dan ia berniat untuk menyelamatkannya. Logisnya mereka tak perlu menyelamatkan Lizbeth dan Leyli di tengah keadaan sumber daya yang menipis, namun Amatsuka tak mau meninggalkan kedua adik tingkatnya ini. Bayarannya? Empat berangkat, satu kembali.

Ini masih menjelaskan sisi dari Sonoka ya ceritanya, namun belum untuk Azuzu dan Miyako. Soal Claudia, ini harus digali lagi dari novelnya. Belum lagi dengan bagaimana Sakura Okita tewas, novelnya sendiri sudah terbit pada 1 Oktober lalu. Tentunya bakal lebih dari 12 episode yang bakal diceritakan jika meng-cover dari novelnya juga. Lima episode terakhirnya akan dipenuhi material angst pasca hilangnya nyawa Amatsuka, Leyli dan krunya Amatsuka. Mari menebak siapa korban berikutnya.

Mahouka Koukou no Rettousei: Raihousha-hen 07

Kaczmarek

Hahahahahahahahhaaha saya gak nyangka bakal selucu ini saat diadaptasi di anime-nya. Dimulai dari respon Miyuki dan Honoka saat Tatsuya dipeluk erat Pixie, sampai Erika dan Miyuki yang menahan Honoka untuk tidak mengintervensi interogasinya Tatsuya ke Pixie. Bagian yang paling saya tunggu sedari awal akhirnya diadaptasi jadi lebih baik dari tulisan di novelnya.

Ya gini, sesuai yang dijelaskan Mizuki, parasite dalam Pixie menyalin gelombang pikiran dari Honoka yang punya kemampuan cahaya. Pixie yang sudah terjangkit ini memilih Honoka sebagai objek salinan karena tingkat sensitivitasnya yang cukup tinggi dari orang lain. Apalagi residu dari dalam otak Honoka ini lebih terbaca saat terlepas dari pikirannya. Sekali lagi, kasian si Honoka.

Segmen kedua kita membahas Lina yang diinstruksikan oleh petingginya untuk mengalahkan Tatsuya karena dianggap berbahaya. Namun segala usahanya selalu gagal, dan ini sedikit bikin saya geli. Pemahaman sihir dan tekniknya di Jepang lebih maju daripada di Amerika Serikat yang digambarkan seperti, ya Amerika Serikat. Mereka belum mengenal segala seluk beluk kekuatan tersembunyi di Jepang sendiri, sampai-sampai seorang Lina yang masih naif namun memiliki pangkat ini masih mudah untuk Tatsuya hadapi.

Love Live Nijigasaki 07

Kaptain

This, I like. Praktik ngasih idol N rarity lain screentime semoga kedepannya bisa diseringin, RIP buat Coco yang cuma nongol rambut aja (kiri bawah). Ngarep kru Shinonome dapet MV juga kayaknya terlalu berlebihan, tapi sebenernya minimal saya ngarep Haruka bisa contribute di MV Kanata yang turns out beda sama ekpektasi saya.

Genshin Impact

Kaptain

Ga sopan banget ini patching-nya. Malah di versi PC nge-reinstall jatohnya lebih dikit makan datanya. Berhubung ini mulainya pake sentimen negatif ya saya lanjutin aja komplainnya: Kesalahan konteks translasi di akhir Domain Boss baru juga fatal banget buat karakterisasi unit tertentu. Udah gitu nge-retry battle juga kudu nontonin adegan lagi. Saya cuma bisa ngasih 3 tip aja: 1. Dinding yang kebakar bisa dipake buat ngilangin marker. 2. Fase 1 & 2 bisa di-stun lock 3. Bagian belakang boss itu daerah aman, jadi aktifin insting butt pounding seri Souls kalian.

Now the good part, lebih banyak kesibukan baru tiap minggu berkat Weekly rep grind dan ngabisin resin juga lebih nyaman. Dapet juga semua unit rate-up dan pada akhirnya ya mesti nrimo sama C0 Ningguang. Untuk sekarang saya dah cukup dapet proyek unit buat dinaikin dan bisa nabung sampe Ayaka nanti. Bukannya saya ga suka Zhongli, cuma ya mending saya fokusin bikin 2 tim yang usable dan sekarang saya dah punya cukup bahan.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Huh, telat mastery 3 skill Lappy sebelom CC. Yah untungnya bisa sempet upgrade di minggu ini. Sejauh ini belom ngabisin banyak waktu untuk Permanent Stage, apalagi di daily stage tepatnya Desolate Dessert kemaren masih ngeselin seperti CC sebelumnya. Fokus ke daily dulu sampai tanggal 18 November baru dapet waktu lowong nembus Pyrite Gorge.

Sekian JOI Spotlight kali ini, jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang sudah hadir pada minggu ini?

Header: franmm127