Jadwal Comic Market 99 Diumumkan, Kebijakan Terbaru Disiapkan

November 18, 2020 12:37 pm
Jadwal Comic Market 99 Diumumkan, Kebijakan Terbaru Disiapkan

Pada hari Selasa kemarin (17/11), komite Comic Market umumkan bahwa mereka akan menggelar acara Comic Market 99 (C99) pada 2 hingga 5 Mei 2021. Lokasi yang digunakan rencananya seperti sisi barat dari Tokyo Big Sight, dan Aula Pameran Selatan. Komite tidak akan menggunakan lokasi Aomi Exhibition Halls untuk acara tersebut.

Dikarenakan pandemi COVID-19, komite Comic Market memastikan bahwa mereka akan membatasi jumlah pengunjung per harinya. Per harinya, acara ini dapat menarik kurang lebih 200.000 pengunjung, dan kebijakan terbaru dari mereka memutuskan bahwa per harinya akan dibatasi hingga 10.000 pengunjung. Pembatasan ini juga berpengaruh terhadap kehadiran circle, perusahaan dan cosplayer yang akan membuka stan atau tampil dalam gelarannya. Pendaftaran circle akan dibuka pada 25 November mendatang hingga 8 Desember 2020.

Sampul pamflet pendaftaran circle ©Comic Market Committee

Mengenai pembatasan kehadiran Comic Market 99, rencananya komite akan menggunakan lotere untuk menyeleksi pengunjung yang akan hadir. Penggunaan masker kini diwajibkan, dengan catatan penggunaannya harus menutup hidung dan mulut. Terdapat pembatasan mengenai asal dari pengunjung untuk hadir dalam Comic Market 99. Bagi mereka yang datang dari prefektur dengan indikator pandemi yang tinggi, komite tidak akan memberikan izin untuk hadir dalam acara.

Komite Comic Market sebelumnya mengumumkan pada bulan Juli bahwa mereka berencana untuk memindahkan Comic Market musim dingin (Comiket 99) ke liburan Golden Week 2021. Masalah penjadwalan terjadi akibat dari aula utama Tokyo Big Sight yang tidak dapat digunakan hingga musim gugur 2021 dikarenakan Olimpiade. Ditambah lagi dengan kesulitan penanganan pencegahan kapasitas maksimum dari tiap aula dikarenakan pandemi.

Comic Market 98 (Comiket 98) sebelumnya harus dibatalkan dikarenakan pandemi COVID-19 yang seharusnya digelar pada 2-5 Mei 2020. Komite akhirnya menggantinya dengan acara virtual “Air Comiket” yang dibuka pada April 2020.

Sumber: ANN, Comic Market