Distributor Masker Jepang Laporkan Penyekapan, Dipaksa Membeli Masker oleh Yakuza

November 19, 2020 1:57 pm
Distributor Masker Jepang Laporkan Penyekapan, Dipaksa Membeli Masker oleh Yakuza

Penimbunan alat pelindung di kondisi pandemi pada dasarnya terjadi dimana-mana. Melihat barang yang relevan dengan keselamatan nyawa itu membuat orang bersedia merogoh kocek lebih dalam. Tentu saja berbagai pihak mencoba masuk ke bisnis ini dan menurut Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo, pada bulan April dan Mei tahun ini, seorang anggota tingkat tinggi yang terkait dengan keluarga yakuza Yamaguchi-gumi memesan lebih dari 2,8 juta masker dari sebuah perusahaan perdagangan di Tokyo.

Pemerintah Jepang sendiri telah melarang penjualan ilegal dan penimbunan masker wajah, namun Yakuza tidak dikenal sebagai institusi yang taat hukum. Hanya saja tidak butuh waktu lama sampai produsen memenuhi permintaan dan Jepang punya lebih daro cukup masker wajah. Ini bagus untuk warga sipil namun buruk untuk kelompok yakuza dengan jutaan kain kecil yang nilainya terus turun.

Kelompok Yakuza lalu diduga mulai mengancam seorang eksekutif perusahaan perdagangan untuk mengambil semua barang kembali. Eksekutif itu, yang berusia 20-an, tidak mempan pada ancaman sehingga dia ditahan dalam toko seks selama 11 jam. Setelah tersangka tanpa henti bersikeras bahwa topeng 70 juta yen yang dia jual pada mereka rusak selama berjam-jam, eksekutif muda itu entah bagaimana menemukan cara untuk melarikan diri dan langsung pergi ke polisi. Polisi kemudian menyerbu dan menangkap bos dan dua anggota yakuza lainnya.

Semua tersangka menyangkal tuduhan terhadap mereka dan polisi saat ini sedang menyelidiki semua detail kasus tersebut. Sementara itu, banyak pembaca berita yang senang mendapat konfirmasi atas sesuatu yang sudah lama mereka duga.

“Membeli masker dari calo berarti mendukung yakuza…”
“Jadi reseller itu gini? Mengerikan…”
“Ini seperti sesuatu yang terjadi di tahun 1970-an.”
“Aku ingin tahu apakah orang-orang ini benar-benar yakuza. Ini bukan kasus yang bagus untuk mereka. ”
“Mereka hanya mencoba menghasilkan uang seperti orang lain. Tidak ada yang salah dengan itu. ”
“Yakuza mungkin sedang duduk di atas timbunan PS5 sekarang.”
“Perusahaan itu juga agak mencurigakan. Bagaimana mereka memiliki begitu banyak masker saat itu? ”
“Ha ha! Yakuza juga dapat ampas di pasar ini. ”
“Saya selalu tahu yakuza terlibat di pasar scalper semacam ini.”

Sumber: Soranews