[JOI Spotlight] Apex Predator Edition

November 22, 2020 8:09 pm
[JOI Spotlight] Apex Predator Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk minggu ini. Mayoritas seri sudah masuk paruh keduanya dan seperti biasa, mari kita simak impresi para staf untuk seri yang sudah hadir minggu ini.

Girls Frontline 08

Kaptain

Akhirnya ada juga payoff buat M16 yang main mahjong di opening, in which she’s supremely good at it. Somehow bisa ngejejalin klise film penjara termasuk Riki-Oh di akhir dalam 5 menit. Bukan materi EN, tapi akhirnya game ini ngasih juga versi Alter karakter tertentu buat collab nanti.

Ochikobore Fruit Tart 06

Kaczmarek

Saya salah mengira bahwa Nua itu sadis, namun ternyata Rua yang punya sikap ini. Well setiap orang punya keanehan dalam seri ini. Chiko yang siscon, Rua yang sadis, Nua yang tsun, dan Riri yang secara gak langsung bener-bener penjilat profesional. Kemudian Inou, yep, charm point doi memang di bagian thighs. Dan untuk pertama kalinya dibuat luluh sama Hayu. Untuk Nina, ehmmmm, no way dia demen bau kaus kakinya sendiri. Ini fetishnya udah mulai aneh-aneh.

KimiSen 07

Kaczmarek

Klasik, momen dimana saat orang yang kalian suka berada dekat dengan kalian, maka kalian bakal berbuat aneh macem Alice disini. Saya kira dia emang eksibisionis, sampai saya teringat bahwa cewek ini cerobohnya minta ampun. Ya untungnya Iska punya peran layaknya alpha male, sehingga gak terlalu histeris saat Alice memperlihatkan seluruh bagian vital atau intimnya. Tau apa yang aneh? Kenapa Rin gak cepet-cepet nutupin tubuh Alice saat majikannya gak sadar telah memperlihatkan seluruh aset fisiknya. And what the hell, Alice pengen liat Iska telanjang sebagai bayaran setimpal adalah hal terlucu di episode ini.

Kini kecurigaan muncul untuk Risya yang nampaknya bukan seorang tangan kanan bagi sang Emperor biasa. Ngeliat dia ternyata juga punya dua citizenship, saya yakin ini karakter yang disuarain Ayana Taketatsu punya peran di belakang layar yang lebih krusial. Dan ya, Risya kayaknya bisa ngalahin Nameless ataupun Salinger dengan mudah. Sketchy woman i should say.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 08

Kaczmarek

Ok. Saya butuh empat paragraf untuk ngasih komentar di episode ini. Namun saya perpendek jadi dua atau tiga saja. Pertama, tidak seperti yang 2006, nampaknya pivot dari arc ini adalah Mion, bukan Shion. Namun ada hal janggal. Pistol revolver yang dikeluarkan Mion di penjara berbeda dengan di TKP saat Mion (yang saya kira Shion) tewas di tempat bersama dengan Satoko. Hal yang janggal lainnya, apakah Mion benar-benar membuat skenario untuk membunuh Shion, Kiichirou dan Oryo dan membuang mayatnya ke sumur? Pertanyaan ini juga berlaku pada pembunuhan Rika yang mayatnya mengambang di septictank sekolah dan Satoko di kediaman Sonozaki. Atau ternyata Yamainu yang membuat seolah Mion yang menjadi penyebab tewasnya orang-orang itu? Melihat manpower Yamainu, skenario kedua jadi yang paling masuk akal di kepala saya.

Kedua, Rena. Ketidakterlibatan dari Rena di arc ini memunculkan kecurigaan terhadapnya karena terasa seperti orang yang tersisih dari cerita. Peran nihil dalam penggambarannya ini sedikit mengganggu, namun momen yang mungkin berhubungan dengannya disini adalah kematian Satoko. Hal yang belum terjawab adalah apakah Rena masih hidup di akhir arc ini.

Strike Witches ROAD to BERLIN 07

Kaczmarek

Anda mengira ini episode khusus Yoshika yang demen meraba-raba dada perempuan? Saya awalnya mengira begitu, sampai saya menyadari bahwa Lynette adalah fokus utama skenario cerita horor ini. Bermula dari kutukan sang berhala, hingga chaos yang disebarkan oleh Lucchini. Banyak reaksi wajah yang saya simpan di episode ini, bahkan bisa dibikin album sendiri. Jujur aja ini episode komedi terbaik sepanjang musim ketiga ini. Kalimat penutup dari Lynette juga sangat poetic, “Boobs aren’t scary”.

DanMachi S3 08

Kaczmarek

Not the battle that i expected. Fels saya kira bakal memberikan nyawanya demi Wiene, ternyata dia masih punya sihir pembangkitan (kalau gini Wiene bisa saja dibunuh di tempat sebelum datang ke Orario). Namun berakhirnya episode ini juga memulai stigma buruk bagi Bell di episode berikutnya.

100-man 07

Kaczmarek

Yotsuya being shrewd than before really scares Tokitate, despite she also being weird by being herself. Tokitate jadi lebih berguna di episode ini, walau keluhannya masih menyakiti telinga saya. LOL, baru keinget ada referensi Dark Surreal alias Dark Souls dan Fall Bad alias Fallout.

Jujutsu Kaisen 08

Kaptain

Saya yakin yang nonton eksklusif animenya aja bakal mulai protes “Who the hell is Okkotsu”. Satu aspek yang saya suka dari seri ini tuh kemampuannya buat “ngejual” karakter yang bikin saya antipati di awal pada akhirnya banyak dapet perkembangan di kebelakangnya, kayak Todou di sini yang untung aja dapet tampilan bagus di sketsa akhir despite being a creep. Begitu juga Mai yang dapet good showing di sketsa akhir.

Masih soal cerita dibelakang, recent event soal Mahito (stitch dude) bikin saya luar biasa capek dengan karakter ini. Cuma ya dia bakal jadi antagonis utama untuk cour musim gugur anime ini.

Akudama Drive 07

Kaptain

Misi selesai, semua orang dibayar; tetep aja tujuan klien ga kecapai. Lucu aja sih si Executioner dah nyiapin remote buat ngilangin ilusi bulan, yang kayak gini apa nggak bakal bikin kepanikan masal bu?

Saya masih ga percaya sama si Chinpira walopun pembelotnya dah ketahuan, nih orang ngilang pas berantem di akhirnya. Ini juga kejadian yang paling benci saya lihat di media manapun: Tim protag ga ada masalah ngelawan musuh tapi tetep aja disuruh mundur. Jadinya ya ini bikin perkara ga guna cuma karena biar ada drama aja. I expected more, Kodaka.

Majo no Tabitabi 07

Kaczmarek

Dimanapun, kapanpun, saya menemukan suara Yoko Hikasa. Untung kali ini karakternya agak ngotak dikit gak seperti di Ochikobore Fruit Tart yang mabok-mabokan. Anyway, prefer Elaina panjang atau pendek? Entah kenapa lebih milih panjang karena terlihat lebih dewasa, sementara kalau pendek keliatan bocahnya. Ada faktor wajah juga sih yang bikin keliatan gitu. Ini si biang keladi yang jadi pencuri rambut orang ngingetin saya dengan bibinya Satou dari “Happy Sugar Life”.

Kamisama ni Natta hi 07

Kaczmarek

Less interested with this series, but i’ll stick with it till the end. Bikin film lagi dan seperti biasa kelompoknya langsung berkumpul, dengan dua orang tambahan. Scene mecahin telor disini bener-bener detail, dan sangat berkesan. Sang Hacker mencari identitas profesor itu akhirnya membuahkan hasil. Yep, plot makin menebal dari sini.

Mahouka Koukou no Rettousei Raihousha-hen 08

Kaczmarek

Mungkin bagi yang kebiasaan dengan pacing cepat dalam adaptasi anime lainnya merasa kurang sreg dengan episode ini. Yep, pacing-nya melambat dan dialog tak terasa tergesa-gesa. Detail pembicaraan antara Pixie dan Tatsuya jadi lebih mudah dimengerti. Kemunculan Ayako ini seharusnya dianimasikan di episode sebelumnya, namun beruntungnya staf hanya memindahkan waktunya saja. Bagian lain yang sangat beruntung tidak dipotong seperti Erika being a badass girl, Pixie yang ganti baju, dan Miyuki yang goes burning incest talk di bagian awal episode. Staf bikin cliffhanger disini bikin saya sedikit kesal sebenarnya hahaha + gaada Lina juga.

Sigururi 08

Kaczmarek

Sekarang saatnya untuk mencari tahu rencana yang disembunyikan oleh Odin. Namun seperti yang sempat dikatakannya kepada Claudia, kunci dari Valhalla itu dimiliki oleh gadis tersebut. Trigger portal yang dicari-cari akhirnya didapatkan, namun disinilah bagian yang paling membingungkan. Jika Odin memiliki niat jahat, apakah ia juga sudah menyiapkan rencana untuk menghindari takdir Ragnarok? Mengingat kalau dulu disebut hanya ada dua manusia yang selamat, yaitu Lif dan Lifthrasir. Jika cerita mengikuti mitologi itu, siapakah dua manusia yang dimaksud? Dua dari empat Valkyrie? Atau dua dari keempat heroine utama ini?

Gochiusa BLOOM 07

Kaczmarek

Adaptasi ini membuat kehadiran Saki Kafuu, emaknya Chino menjadi ambigu. Apakah dia sudah meninggal? Atau masih sering berkunjung ke dunia seperti di episode ini? Setelah lama sekali tidak mendengar suara Nana Mizuki sebagai Saki, akhirnya ia mendapat porsi sepenggal kalimat saja.

Revue StarlightLove Live Nijigasaki 08

Kaptain

Ah yes, the default N rarity. Kecewa aja topeng Char Aznable-nya ga jadi aksesoris permanen dan jujur aja ngeliat kemampuan para idol buat bikin Reality Marble itu ngehasilin fakeout yang bagus di akhir. Serem aja kalo kemampuan Shizuku ini ngehasilin Tulpa.

N Rarity selanjutnya yang bakal dapet screentime Himeno, dan penasaran aja Karin yang notoriously revealing di gamenya apa bakal tetep aman di episode yang fokus ke dia.

Genshin Impact

Kaptain

Proper seasonal event. Setelah tiga kali ketendang ring karena geometri map, saya dah ga peduli lagi dan milih ngehantem tier terendah aja. Tentu aja ada penyakit lain kayak tiba-tiba ujan pas ada wave Fatui dan bar turun gara-gara swap karakter. Japi saya cuma mau ngembat sisa mora aja sekarang dan siap-siap phase selanjutnya besok pagi.

Kantai Collection

Kaczmarek

Event segera datang, hati makin tak tenang. Berharap ada mood untuk ngelanjutin maen di saat akses makin susah. Resocolle kemaren juga belom nyampe target, belum juga beli dmmp lagi buat nambah slot. Let’s see in a week. Ah iya btw, HBD SZY!

Arknights (EN)

Kaczmarek

Desolate Desert adalah map yang paling sulit gue clear sedari pertama nongol kalau friend support unit gaada yg masang Meteorite. Paling enggak sekarang bisa teratasi untuk ini, hanya aja masih kelabakan untuk ngurusin Pyrite Gorge. Risk 18? Mencoba realistis, kepala saya udah gak kuat.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi melewati tengah musim ini apa saja seri yang kalian tahan nonton sampai akhir?

Header: Bolwic