Mangaka Takao Yaguchi Tutup Usia pada Usia 81 Tahun

November 26, 2020 4:50 pm
Mangaka Takao Yaguchi Tutup Usia pada Usia 81 Tahun

Mangaka Takao Yaguchi dilaporkan meninggal akibat kanker pankreas di rumah sakit Tokyo pada tanggal 20 November. Mendiang tutup usia pada 81 tahun. Keluarganya mengadakan pemakaman pribadi.

Putrinya, Kaoru, membuat pengumuman melalui akun Twitter ayahnya pada hari Rabu. Dia menambahkan bahwa ayahnya telah sakit selama setengah tahun sejak dia didiagnosis menderita kanker pankreas pada bulan Mei.

Museum Manga Yokote Masuda, sebuah museum di kota Yokote yang didedikasikan untuk karya-karya Yaguchi, mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka akan mengadakan pertemuan untuk merayakan dan mengenang Yaguchi di kemudian hari.

Yokote lahir pada tahun 1939 di kota Yokote di prefektur Akita. Dia paling dikenal melalui manga memancing Tsurikichi Sampei, yang dimuat di Majalah Weekly Shonen Kodansha dari tahun 1973 hingga 1983, dan mencapai 65 volume manga. Seri ini mendapat serial anime televisi yang tayang dari 1980 hingga 1982. Manga juga mendapat film live-action pada 2009. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi memberinya Penghargaan Perorangan Budaya Daerah pada 2009. Ini menandakan tahun ke-50 mendiang sebagai seniman profesional.

Yaguchi dan Katsumi Tatsuzawa baru-baru ini mengakhiri manga Versus Gyoshin-san! pada tanggal 7 Juli. Manga tersebut adalah spin-off dari Tsurikichi Sampei. Karyanya yang terbit secara lokal adalah Fishing Fun yang diterbitkan Elex sebanyak 10 volume.

Sumber: ANN