[JOI Spotlight] What You Deserve Edition

November 29, 2020 7:49 pm
[JOI Spotlight] What You Deserve Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk bulan November ini. Mari kita siap-siap masuk ke bulan terakhir 2020 dan simak impresi para staf untuk seri yang hadir di minggu ini.

Girls Frontline S2 09

Kaptain

The race episode. Kecewa aja tim Defy dapet lore friendly bike tapi tim Soppu ga dapet murder train. Berhubung ini 15 yang jadi fokus tentu aja ada mandat kalo kendaraan dia mesti meledak.

Masuk Shattered Connexion ceritanya udah mulai eksplisit soal jawaban misterinya, terutama soal gimana Persica done messed up super hard dengan ngebuat M4. Bagian ngeselin sejauh ini cuma ngumpulin intel yang counterintuitive banget dan saya sendiri masih di segmen gampang chapter 4. Sejauh ini sih enjoyable ngeliat farming-nya juga santai banget.

Ochikobore Fruit Tart 07

Kaczmarek

Episode penuh fanservice seperti biasa. Karena hampir semua karakter yang reguler nongol sudah kebongkar semua kelakuannya. Tinggal menikmati saja hingga akhir episode, kecuali ada twist yang saya gak tahu disini.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 09

Kaczmarek

Sedikit berharap akhir dari arc ini tidak menggunakan hal yang sama dengan versi lamanya. Hal yang cukup bikin saya kesel disini tentunya si Teppei, namun yang paling sulit untuk ditahan adalah tangisan Satoko. Di episode pertama ini segala petunjuk sudah digelar dan tinggal menunggu eksekusi bagi Keiichi. Let’s see for another twist.

Strike Witches ROAD to BERLIN 08

Kaczmarek

Eila and Sanya part. Seperti yang dipastikan sebelumnya, episode ini berisi kekhawatiran dari keduanya. Mereka saling marah, geram dan kesal namun untuk peduli satu sama lain. Keduanya juga keras kepala, jadi cekcok kecil macam ini ya sudah gak mengherankan terjadi. Satu hal yang mengkhawatirkan di episode ini adalah umur Minna dan Gertude yang sudah berusia 19 tahun. Waktu mereka sudah menipis untuk menjadi Witches, dan misi mendapatkan kembali Berlin sudah dipatok sebagai misi terakhir mereka. Atau tidak?

KimiSen 08

Kaczmarek

Yumiri Hanamori ini makin kesini makin cocok nyuarain cewek tomboy atau cowok yang masih remaja. Perannya sebagai Rin ini bisa dibilang menaikkan jangkauan suara yang ia bisa lepaskan untuk mengisi karakter semacamnya. Balik lagi ke cerita, tempo melambat dan sedikit mendetail dari segi dialog. Namun yang tentunya jadi sorotan kembali adalah hubungan Alice dan Iska. Arc ini juga jadi awal Rin sedikit mengendurkan uratnya, begitu juga dengan grupnya Mismis. Fokus nendang pantatnya Salinger dulu.

DanMachi S3 09

Kaczmarek

Mountain to climb for Bell and Xenos. And ugh, saya gabisa bilang bakalan ada bloodbath setelah ini, tapi lebih lecet-lecet dikit. Tentunya saya penasaran bagaimana Hestia Familia + Xenos + Hermes Familia melawan Loki Familia nantinya. Moga aja gak ada yang mati dari mereka ini.

Yang harus dimention lagi disini adalah Syr. Mengapa proporsi, berat badan, dan warna rambutnya hampir serupa dengan Freya? Kalau kalian niat ngesearch “Freya”/”Syr” di google, spoiler akan bertebaran. Let’s keep it that way.

Akudama Drive 08

Kaptain

Selamat buat Swindler yang sekarang resmi jadi Villain, untung aja ada objectively bad dudes buat dia bunuh tanpa keberatan sama sekali buat ngefinalin transformasi. Arena pertarungan akhir mulai kebentuk ngeliat semua lakon bakal mulai ngumpul buat ngerebut para kloningan.

Sekarang saya dah bisa bikin asumsi kalau udah nggak ada manusia di Kanto. Para kloningan ada kemungkinan besar buat jadi badan baru para penguasa.

Jujutsu Kaisen 09

Kaptain

Cara Mahito ngebunuh orang paling nggak cukup original and extremely annoying. Ini Kenjiro Tsuda bagus banget buat Nanami yang emang butuh seiyuu yang dah di typecast sebagai profesional. Agak malu aja saya baru sekarang nyadar para special grade tuh perwakilan elemen setelah disejajarain dan diwarnain.

Love Live Nijigasaki 09

Kaptain

Saya seharusnya ga kaget dengan Teddyloid yang nyumbang lagu buat Karin ngeliat pas Kasukasu kemarin juga dapet Deco*27. Dengan ini tinggal Yu aja yang belom dapet insert song jadi tinggal liat aja mana yang terjadi duluan: Yu dapet jatah di panggung atau lagu pertama sebagai grup.

Kamisama ni Natta Hi 08

Kaczmarek

Kalo dilihat-lihat, menambah anggota circle dalam Youta disini bisa dianggap kejam sih. Ibarat Youta tak cukup untuk hidup bersama keluarga dan dua teman terdekatnya, harus ada anggota lain yang menguatkannya. Hina jadi jembatan bagi Youta bertemu orang-orang baru, pada dasarnya ini jadi material coming-of-age. Mengapa kejam? Ini cuma hipotesa saja ya. Film yang dibuat dengan alasan kewajiban Sora dapat dianggap sebagai memorial bagi Hina saat dunia berakhir. Dunia berakhir = Tuhan mati. Jika Hina sudah resmi berpulang, maka dunia itu akan berakhir, Namun dunia yang dimaksud adalah Hina, ya sosok Hina bagi semua orang yang mengenalnya.

Karena serial ini satu universe juga sama Charlotte, saya mengira sang Hacker alias Hiroto bisa memerankan peran penyelamat bagi Hina nantinya. Namun disini kita gak tahu latar belakang Hiroto, sehingga peran antagonis menjadi hal yang paling diprediksi.

Mahouka Koukou no Rettousei Raihousha hen 09

Kaczmarek

Ah akhirnya information dump yang sudah tertulis di novelnya bisa dibahas secara garis besarnya di episode ini. Ornamen rambut Honoka sudah di-reveal jadi jembatan energi dari dirinya ke Pixie. Lalu JGDF Section 3 yang berhubungan dengan keluarga Saegusa punya niatan lain terkait parasite. Keterkaitan Blanche dan No Head Dragon akhirnya dijelaskan lewat Raymond. Bagi yang kurang demen karakter macam dia dan ngedengerin penjelasannya pasti bakal keganggu banget. Padahal yang ia jelaskan ini penting bagi keseluruhan cerita. Kemudian soal Lina, saya kasihan posisinya dijadikan eksekutor selalu di-abuse sama beberapa pihak tertinggi. Hal yang seharusnya disadari secepatnya (atau gak dibantu gitu sama yang lain). Tentunya bakal dibahas lagi nanti di Escape Arc yang gatau deh diadaptasi atau enggak. Highlight terbaik di episode ini: Erika reaction, Smug Mayumi, dan Lina switching persona with fanservice.

Gochiusa BLOOM 9

Kaczmarek

Akhirnya bagian Rize-sensei diadaptasi. Saya keingetnya dia pengen jadi guru SMP, eh ternyata SD. Tane sendiri punya lisensi ngajar sih cuman untuk SMP dan SMA untuk matpel seni.

Majo no Tabitabi 09

Kaczmarek

That’s a good episode tho. Mengingatkan saya sedikit dengan skenario “Denpa Teki na Kanojo”. Walaupun sayangnya sudah gampang ditebak bahwa pembunuhan kedua orangtuanya itu dilakukan oleh Serena. Bayaran setimpal untuk kembali ke 10 tahun yang lalu adalah ingatan Estelle terhadap Serena. Momen ini juga jadi pengalaman baik (atau buruk) bagi Elaina untuk lebih berpikir jauh dan tentunya untuk kontemplasi.

Genshin Impact

Kaptain

World might be fake, atau paling nggak dunianya bukan sebuah planet konvensional ngeliat nama dunianya juga Tevyat. Saya tahu ada yang mau bilang soal hubungannya dengan lore Gun Girl Z dan Honkai, tapi game mihoyo itu latar ceritanya dapet respek yang sama dari saya dengan seri buatan Arcsystemworks. Nyesel saya ngegali lebih dalem.

Udah kelar dengan shop event jadi bisa santai sampe event Desember nanti. Kecil sih kemungkinannya bakal beli BP lagi ngeliat Desember bakal banyak game gede yang rilis dan update.

Fate Grand Order

NA Server

Kaptain

Much much better. Mulai dari pacing cerita, tingkat kesulitan yang masuk akal, filler dikit, dan worldbuilding yang efektif. Komplain saya ya Hare, Gong, sama Mordred yang ga banyak perannya. Tapi ya to be fair buat Mordred character arc dia dah kelar dan ini lebih karena ketutup Jing & Sparty yang dapet peran yang bagus banget di sini. Begitu juga dengan konflik akhirnya itu lebih kayak nyerang balai kota/dojo lokal dibandingkan dengan nyerang ibukota planet. Saya ada firasat ngebebasin Taoyuan Bros (Peach Tree Trio) tuh plotpoint yang kepotong.

Mileage dari fakta kalau teknologi dunia itu dimonopoli Qin itu banyak banget. Mulai dari teknologi yang gede bukan karena kuat tapi karena ga ada insentif buat efisiensi dan ga adanya konsep kayak Firewall/Antivirus ngeliat komputer yang ada cuma Qin aja. Ini juga kerasa banget Urobuchi nulis dunianya abis main Civ ngeliat sejarah barunya.

Difficulty Spike menurut saya ya pas lawan pasutri di akhir, itu juga ga terlalu susah kalo bawa Hokusai. Sisanya cukup gampang pas aturan gimmicknya ketahuan (kalau nggak main di buff removal ya main solo). Saya ga keberatan encounter alot, ngeliat setiap kita ngalahin karakter di sini they actually got hurt dan ga ngeles “ini bagian cutscene jadi situ tetep kalah”.

SIN udah menuhin harapan saya sebagai “season baru Thunderbolt Fantasy“. Saya juga mau terima kasih sama tuh seri karena maksa Urobuchi biar lebih disiplin soal pacing.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Yep re-run lagi. Agak seneng karena di event pertama Grani, gue belom ngelarin semuanya. Jadinya sekarang berasa ngebabat tiap map dengan enak. Btw, ini ngejar token Grani juga buat beli Shining via gold certif. Nyisa 40-an lagi yang kudu didapetin sebelum berubah di awal Desember nanti.

Kantai Collection

Kaczmarek

Decided to not to participate in this event for a moment. Paling Desember pertengahan baru bisa full run karena tuntutan duniawi. Saya juga kudu ngosongin slot 3 lagi demi ngelowongin 10 slot buat event ini. Gak tega asli ngescrap ini kanmusu.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang sudah hadir di minggu ini?

Header: Mana