[JOI Spotlight] Electric Cop Edition

December 6, 2020 8:01 pm
[JOI Spotlight] Electric Cop Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama bulan Desember ini. Akhir tahun panjang ini semakin dekat dan tentunya para staf JOI masih akan memberikan impresi berbagai seri yang mulai masuk klimaksnya.

Girls Frontline 09

Kaptain

Budget ngebut. Dendam saya gara-gara housewife M4 di akhir ga diliatin lebih jelas. Give us apron Gacha Mica. Nggak, yang Px4 banner kali ini ga keitung.

Event (minus ranking) kelar semua. Sebagai penyeimbang worldbuilding di Isomer kemarin SC lebih berat di karakterisasi, saya bilang aja SC ini tuh utamanya buat ngebayar “utang” perkembangan karakter yang mostly lunas. 45 emang cukup baik hati ngasih infodump biar semua pemain ngerti banget sama ceritanya sejauh ini, tapi ya bagian Codec call intel balik ngeselin lagi dengan ngerahasiain siapa aja pemerannya.

Kaget aja HOC pada akhirnya ga banyak digunain, Ujung-ujungnya ya map EX itu beratnya di ada atau enggaknya MG yang cukup DPS-nya buat nyemprot Gustav.

Akudama Drive 09

Kaptain

Saya punya opini rendah buat rencana yang berhasil bukan karena protagonisnya cerdas tapi karena “musuh” (di kasus ini publik) terlalu goblok. Iya para Akudama udah bikin keributan di beberapa minggu(?) terakhir tapi masak nyulut kerusuhan satu kota cuma butuh postingan internet aja. Udah gitu dari orang yang punya ID “Penipu”.

Bye Cutthroat. Saya kira “dikhianatin” sama Swindler bakal jadi pemicu kenapa dia akhirnya ga bisa ngendaliin diri dia lagi, dude just way too horny pada akhirnya. Good job buat Swindler yang akhirnya bisa ngebunuh Akudama yang berarti. Saya takutnya dia bakal balik ngasih dakwah ke Akudama lain, jadi bahagia banget saya ngedenger dia ngaku udah bersedia buat serius di jabatan baru dia ini.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 09

Kaczmarek

Ah, mereka mengurangi intonasi tangisan Satoko adalah keputusan yang tepat karena terasa lebih natural. Versi lamanya menurut gue cukup annoying as hell. Anyway, tentunya ada beberapa detail yang diubah disini. Hal yang paling kentara adalah respon Rika yang kayak udah capek mencari jalan keluar terbaik.

Strike Witches ROAD to BERLIN 09

Kaczmarek

Sejak Mio yang terancam pensiun di musim pertama dan musim keduanya, saya yakin sudah tinggal menunggu waktu juga bagi Minna dan Trude. Yang menjadi highlight terlebih dahulu tentunya Mina saat ini, namun saya gak menyangka dia bakal sampai sejauh itu untuk menuntaskan “hutang”-nya. Meski kini dikejar waktu, kenekatan Mina untuk paling tidak membantu meraih Berlin patut diapresiasi sih. Kehadiran Ursula dari 507th malah bikin episode yang bisa makin nge-feel ini jadi lebih komikal. Fanservice-nya udah cukup di Mina mandi, jangan sampe segitunya pake bensin yang ngilangin baju woy!

KimiSen 09

Kaczmarek

Duh, shounen-nya kerasa banget. Saya gak menampik ini bahwa suka kesel dengan skenario macam ini. Apalagi beberapa detail kayak disisihkan seperti saat Salinger kabur entah kemana itu. Ngomong-ngomong soal Salinger, saya kurang menyukai intonasi Toshihiko Seki dalam mengisi perannya. Entah ini disuruhnya begitu sama sutradara serta penata suaranya, Salinger lebih cocok memiliki suara yang lebih dalam seperti Anos dari Maou Gakuin. Namun kalo dilihat record-nya Seki, suara yang ia gunakan sebagai Duo Maxwell (Gundam Wing) cukup sesuai dengan suara Salinger sih.

Sisbell mendapati penyelamatnya, Iska di dalam kota. Tentunya ini bakal memancing adiknya Alice ini untuk mencari keberadaan laki-laki kuudere itu. FYI, Sisbell punya kekuatan membaca pikiran orang-orang yang membicarakannya sehingga ia lebih berhati-hati terhadap orang lain. Yep, bahkan ke kakak-kakak dan anggota keluarga lainnya. Dan hingga detik ini, saya masih tak mengerti dengan tujuan seorang Risya.

DanMachi S3 10

Kaczmarek

Hahaha mereka (staf utamanya) sengaja tidak melewatkan detail utama dari arc ini dalam episode ke-10. Highlight yang ditunggu-tunggu disini tentunya Eina Tulle yang cukup beringas mencari Bell karena ia tidak jadi sandaran kepalanya. Ini tentunya mirip dengan Asuna yang mencari Kirito yang main dengan cewek lain, secara kedua seiyuu-nya juga sama. Ok balik ke masalah Xenos, talent yang dimiliki Lili untuk berkamuflase sudah pasti berguna banget untuk mengelabui Loki Familia. Namun jumlah mereka ini yang masih terlalu banyak, sehingga kemampuannya hanya bisa digunakan untuk orang-orang teratas Loki Familia macam Finn, Riveria dan Gareth. Btw, udah lama gak liat Naaza sejak musim lalu. Dan yak, suara Kirasaka Sayaka dalam intonasinya masih gak berubah.

Majo no Tabitabi 10

Kaczmarek

Akhirnya, AKHIRNYA! Episode khusus emak-emak! Seiyuu-nya juga udah pada nikah! Sayangnya tidak untuk Itou Shizuka yang sudah cerai April lalu. Btw, Happy 40th Birthday untuk Itou Shizuka, seiyuu-nya ibu Elaina, Nike! Impresi? Apa itu impresi? Ini hanya episode flashback dengan ketiga tante-tante ini. Just enjoy it!

Jujutsu Kaisen 10

Moisturize me

Kaptain

Saya ga yakin bakal banyak yang ngerti analogi ini, tapi Jujutsu Kaisen tuh ternyata emang versi Shounen Unknown Armies ngeliat kadar orang emosional dengan superpowernya. Buat perbandingan yang lebih mainstream ya kali ini kita dapet Overhaul VS Seiyuunya Overhaul.

Seharusnya ini bukan spoiler saat saya bilang jagat raya itu maksa Junpei buat jadi supervillain. Dia sendiri yang ngomong ke orang kayak Mahito “ini cara biar sini masuk fase maximum despair”

Senyoku no Sigrdrifa 09

Kaczmarek

So basically, Claudia dan kawan-kawannya tinggal di dunia dimana peperangan antar Dewa terjadi. Mereka sebagai bala militer utama bagi Odin digunakan untuk meraih Ragnarok demi pembersihan bumi. Namun yang tak beruntungnya, Claudia dan Valkyrie lain baru mengetahui semua ini saat Odin menghilang entah kemana. Also, karena mereka sudah mencapai keingintahuan tersebut, maka tujuan utama berikutnya adalah melindungi umat manusia terlebih dahulu, terutama di Tateyama. Big cheers juga untuk Sonoka yang akhirnya bisa turun gunung berkat pesan motivasi yang “Yayoi banget” darinya.

Kami-sama no Natta hi 09

Kaczmarek

Ehm, mungkin kalau episode ini diposisikan ke lebih awal (episode 8 mungkin), saya rasa bakal enak untuk membentangkan ceritanya. Karena cukup cepat tempo serta info dump di episode ini, saya perlu pause entah berapa kali demi mengingat-ngingat event di episode awal. Setelah dikasih gambaran masa lalu dari Hiroto, kita bisa menebak dia bakal terkena nasib yang sama dengan CEO. Beruntungnya, ke-manic panic-an Hiroto masih tak menguasai otaknya, sehingga hatinya masih ada dalam wujudnya. Peran antagonisnya kini berubah jadi protagonis sebagai hero jika sesuai ekspektasi saya.

Mahouka Koukou no Rettousei Raihousha-hen 10

Kaczmarek

More action this time! Namun disinilah dimana banyak penonton yang mulai mempertanyakan intelegensi Lina dalam menangani kasus. Untuk seorang First-Class Star, ia dianggap amatir dalam pemahaman detail, namun soal profesionalitas, kualitas Lina tak perlu dipertanyakan. Ada faktor aksesibilitas terhadap data dari seorang Lina sendiri yang masih abu-abu hingga kini. Karena kalau diliat secara sekilas, ia hanya bergerak seperti anjing peliharaannya STARS. Seperti yang Tatsuya sarankan, Lina lebih baik keluar dari STARS bahkan militer sekalipun. Namun masalah “Kudou” disini yang masih menghalanginya. Apa ia bakal cabut? Kalau kalian nonton film sebelumnya sudah bakal tahu keadaan Lina bagaimana. Namun cerita belum berakhir di film tersebut, karena di volume-volume novel berikutnya, hal yang diluar dugaan bisa terjadi.

Balik ke cerita lagi, hal yang signifikan dari kelompok Tatsuya disini adalah kemampuan Honoka, Mizuki, dan Mikihiko yang bisa mendapat kesempatan lebih dalam adaptasinya. Meskipun hanya Mikihiko dan Honoka yang bisa berubah peran jadi combat, namun tidak mengecualikan Mizuki dengan kemampuan sensornya. Berharap det Pixie dengan Honoka bisa makin sering nongol disini, dan saya kangen Shizuku. Ah iya tak lupa juga tentang Ayako yang masih harus melatih ketenangannya terlebih dahulu.

Love Live Nijigasaki 10

Kaptain

Yu udah berkembang sebagai “roadie” grup dan Ayumu agaknya bakal jadi “final boss” musim ini ngeliat tinggal dia aja yang belum sreg ngededikasiin diri buat konser finale akibat di-NTR. Melihat episode depan bakal buat persiapan harusnya bakal ada slot buat 2 insert song lagi, dan salah satunya better be for Yu.

Kantai Collection

Kaczmarek

Gimana event-nya? Sudah minimal mencapai E-3? Nah beruntungnya kalian. Saya sendiri gak bisa masuk (lagi) ke dalam game walau sudah pake cara apapun. Saya yakin sih ada saatnya nanti bakal bisa login lagi, paling tidak penundaan debut event ini bisa menambah lowong waktu buat saya.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Claim reward kelar sudah. Namun saya butuh 5 certi kuning lagi demi dapet Shining dengan waktu yang kian mepet. Darknights Memoir on the way! Mari menanti event tertunda di global ini.

Genshin Impact

Kaptain

Ini event mungkin satu lagi kasus di mana kesulitan dibalance buat pemain mobile. Karena di gamepad time trial kali ini tuh gampang walaupun rute suka nggak spawn karena saya sendiri suka kelewat ngebut. Tentu aja nggak protes dengan gem, BP, dan material gratis ngeliat sampe akhir Desember nanti kemungkinan ya kita ga dapet banyak konten. Toh juga ini BP minggu depan harusnya dah pada kelar semua.

Sekian JOi Spotlight kali ini. jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang sudah hadir pada minggu ini?

Header: aj^