Terlalu Dalam Meneliti VTuber, Seorang Penulis JOI Debut Menjadi VTuber

December 8, 2020 7:49 pm
Terlalu Dalam Meneliti VTuber, Seorang Penulis JOI Debut Menjadi VTuber

Sabtu, 28 November 2020 adalah hari bersejarah bagi BlueHeaven. Dia resmi debut menjadi virtual youtuber, salah satu jawatan yang ramai diincar para otaku sekarang ini.

Kalau kalian belum tahu siapa BlueHeaven, dia adalah salah satu penulis di Jurnal Otaku Indonesia. Biasanya dia menulis artikel insider ketimbang menulis berita harian. Rubrik yang berjudul Virtual Journal juga digagasnya untuk membawakan beberapa nama vtuber yang layak untuk dibaca Anda.

Belakangan ini, keberadaannya cukup memudar. Sudah dua minggu sejak Virtual Journal terakhir rilis. Bahkan BlueHeaven tidak menunjukkan batang hidungnya di JOI Spotlight. Admin pun mencoba mencari keberadaan sang penulis yang hilang ini, dan mendapati kabar yang begitu mengejutkan.

Sebuah surat misterius kami dapatkan dengan mencantumkan nama yang tidak asing lagi. Apakah ini scam atau betulan?

Ya, kabarnya yang sudah jelas tertera di judul dan paragraf pertama, dirinya terlalu dalam meneliti vtuber, sampai-sampai dia sendiri menjadi vtuber juga. Perlu diketahui kalau BlueHeaven sudah memiliki channel youtubenya sejak lama dan mengadakan live streaming secara konsisten.

Admin pun mencoba untuk menginvestigasi lebih dalam mengenai berita ini apakah hoaks atau benar-benar terjadi. Penelusuran lebih lengkapnya bisa kalian baca di bawah berikut.

It’s Real! One of JOI’s Author Tested Positive as VTuber!

Kebenaran tidak bisa disembunyikan. Ternyata berita itu bukan berita burung belaka. Sang penulis yang mangkir dua minggu tidak menulis artikel apapun, ternyata sekarang sibuk menjadi virtual youtuber. Penampakan jelasnya bisa kalian lihat di bukti gambar berikut.

Ternyata BlueHeaven itu ikemen ya, heheh..

Lebih lanjut lagi, admin mencoba menyaksikan bagaimana si penulis vtuber yang satu ini beraksi dalam debutnya. Tampak dirinya sempat denial sebagai vtuber dalam salah satu cuplikan video yang dipertontonkan dalam stream debut tersebut. Sesaat kemudian, sang tersangka muncul dengan model sesuai illustrasi yang telah diperlihatkan dan dengan gamblang mengakui sebagai vtuber. Sungguh kontra sekali dengan perkataan sebelumnya.

Stream debut pun masuk ke dalam slide PPT yang sudah dipersiapkan. Sang vtuber mengakui memiliki nama asli Aoshō Tenkei (蒼礁 天恵), sebuah nama unik yang mungkin tidak pernah muncul sebelumnya. Bahkan dengan bangganya, sang vtuber mengklaim kalau kanjinya sulit untuk dibaca bahkan untuk orang Jepang sendiri.

Dalam satu kesempatan, kami mewawancarai sang vtuber, mengapa memilih nama demikian. Padahal kalau kita baca, namanya benar-benar tidak menjual. Alasannya selain untuk kepentingan cerita novelnya, dia mengklaim agar SEO-nya hijau. SEO, apakah itu?

Ye.. kan situ admin JOI kenapa ga tau SEO. Itu loh, biar artikel bisa muncul paling pertama di pencarian“, Jelas sang vtuber.

Oh iya, saya lupa. Heheh..

Selanjutnya ia mengaku kalau BlueHeaven adalah nama panggilannya yang dipakai dalam menulis artikel di situs seperti Jurnal Otaku Indonesia. Berarti benar, adalah BlueHeaven dari JOI yang debut menjadi vtuber.

Berani Tampil Beda Untuk Warna Baru Dalam Dunia Virtual

BlueHeaven mengakui juga pekerjaannya sebagai penulis dalam dunia virtual ini. Dia memiliki asisten berambut panjang hitam sesuai fetishnya bernama Aoi. Ini memberikan opsi kalian yang ingin simp antara ikemen atau bishoujo mungkin bisa segera menyalurkan hasrat terdalamnya pada vtuber yang satu ini.

Satu hal yang lebih mengejutkan lagi, BlueHeaven menampilkan 10 bahasa dalam perkenalannya. Bahasa-bahasa tersebut adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Manado, Bahasa Tontemboan, Bahasa Betawi, Bahasa Mandarin, Bahasa Jerman, Bahasa Ibrani, dan Bahasa Yunani. Tapi jangan kaget dulu, ternyata hanya 3 bahasa pertama saja yang menjadi bahasa utama dalam menyajikan kontennya, sementara 3 bahasa selanjutnya adalah bahasa daerah. 4 bahasa terakhir masih dalam tahap pembelajaran. Jadi mengapa dia berani mengklaim langsung sepuluh bahasa?

“Ya, ke depannya kalau saya udah bisa kan sudah tercantum di debut. Jadi orang yang melihat debut saya kembali tidak heran. Saya ini mikirnya emang suka jauh ke masa depan, heheh.” Ujar vtuber yang memiliki haori super ribet ini.

“Sebenarnya ada lebih dari 10 bahasa, tapi karena slidenya ga muat jadi cuma segitu deh.”

Setelah memperkenalkan kemampuan berbahasanya, BlueHeaven menjelaskan apa saja konten yang akan disajikannya. Menariknya, semua omongan dan penampilannya bukan sembarang asal sebut saja. Selain konten vtuber yang umum seperti gaming dan bernyanyi, dia akan menunjukkan keterampilan menulisnya dalam live streaming. Ya, menulis kini sudah bisa disiarkan langsung. Sang vtuber berpendapat kalau menggambar bahkan membuat musik bisa disiarkan langsung, seni sastra juga bisa memiliki kesempatan yang sama. Tanpa merendahkan bidang seni lainnya, ia bermaksud memberi warna baru dalam dunia virtual, sesuatu yang jarang ditemukan bahkan di konten youtuber non-virtual. Selanjutnya kalian bisa melihat isi konten dari BlueHeaven secara lengkap di video debutnya.

Menuju Kreativitas Tak Terbatas, Dan Melampauinya

Di akhir slide perkenalannya, BlueHeaven mengungkapkan tujuannya menjadi vtuber. Selain untuk meneliti vtuber lebih dekat, dirinya memang ingin berekspresi lebih leluasa sebagai vtuber dengan tulisannya. Harapannya, dirinya setidaknya mendapat 1000 subscribers terlebih dahulu dan bisa merilis novelnya. Lebih detail lagi, ia sangat ingin karakternya untuk ditulis dalam rubrik virtual journal di JOI. Waduh bro, kalau mau ditulis di JOI mesti ada 3 bulan pengalaman jadi vtuber dulu dan lore unik, heheh.

BlueHeaven memang debut tanpa suatu hal yang meriah. Akibatnya, kotak maronya kosong dan tidak ada wangy-wangy yang seharusnya ada untuk mentahbiskannya menjadi vtuber. Sebagai gantinya, dia membuat model maro sendiri untuk ganti bertanya kepada penontonnya. Bagi penonton yang bisa menjawabnya bisa mendapat hadiah give away! Give away cerita tapi.. (heheh, kan penulis)

Di akhir stream debutnya, BlueHeaven mempersembahkan dua lagu. Satu lagu berjudul “You Raise Me Up” oleh Josh Groban, satu lagi adalah lagu orisinal. LAGU ORISINAL LOH! (Ah, udah biasa. Calli sama Reza sudah melakukannya saat debut).

Lagu orisinal ini berjudul “Bulu Biru” yang dibawakan dengan budget seadanya. Hanya gitar yang menjadi pengiring cukup menemani suara emas dari vtuber yang baru debut ini. Lirik lengkapnya bisa kamu lihat disini.

Verdict: You Are What You Write

Setelah debutnya, BlueHeaven hadir dengan 3 live streaming menulis, salah satunya menulis cerita untuk Evelyn – VTuber yang berulang tahun. Kualitas menulisnya? Tanyakan saja kepada subjek yang menjadi bahan ceritanya. BlueHeaven juga memiliki program singing stream lagu natal pada Desember ini.

BlueHeaven masih memulai debutnya dengan seadanya. Karakternya masih belum live 2D membuktikan kalau dia membutuhkan dukungan dari kalian. Jika kalian tertarik untuk simping for him/her kalian bisa cek channel dan media sosialnya pada tautan yang tertera di akhir artikel. Jadilah #BuluDeshi, fans vtuber yang berbudaya yang bisa belajar banyak dari Aoshō-sensei. Video debutnya bisa kalian tonton disini.

Akhir kata, congrats for your debut, BlueHeaven. Jadi kapan nulis di JOI lagi?

BlueHeaven Links

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UC8IaCGi3upyWUxqYBaRuDJQ

Twitter: https://twitter.com/BlueHeaven_ID

Facebook: https://www.facebook.com/BlueHeaven.FB

Twitch: https://www.twitch.tv/blueheaven_id

Trakteer (you can read his novel here): https://trakteer.id/blueheaven