Animator Freelance Jepang Akan Diijinkan Mendapatkan Asuransi Kecelakaan Kerja Mulai 2021

December 9, 2020 3:19 pm
Animator Freelance Jepang Akan Diijinkan Mendapatkan Asuransi Kecelakaan Kerja Mulai 2021

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang hari ini mengumumkan bahwa pekerja freelance di “industri hiburan” dan “produksi animasi” akan dapat menerima asuransi kompensasi kecelakaan pekerja.

Program biasanya hanya diperuntukkan bagi mereka yang dipekerjakan oleh perusahaan. Ini berarti jika animator terluka saat bekerja, atau mengalami cedera akibat pekerjaan mereka, pemerintah akan membayar dua pertiga dari pendapatan freelancer yang hilang, di antara tunjangan lainnya, termasuk tunjangan kematian.

Awalnya karyawan mendapatkan perlindungan yang diberikan oleh perusahaan mereka, namun freelancer harus membayar premi mereka sendiri bersama dengan Asuransi Kesehatan Nasional mereka sendiri. Biasanya, perusahaan membayar persentase tertentu dari gaji karyawan kepada pemerintah tergantung pada faktor risiko industri. Misalnya, perusahaan yang mempekerjakan pekerja kantoran akan membayar lebih sedikit daripada seseorang yang bekerja di lokasi konstruksi berisiko tinggi.

Skema ini dimulai tahun depan untuk sekitar 210.000 pekerja di “industri hiburan” dan sekitar 10.000 orang di “produksi animasi”. Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan mengatakan bahwa mereka memperluas skema untuk mencoba dan meningkatkan kesejahteraan bagi orang-orang yang bekerja di profesi lain dan dapat diperluas lagi cakupannya di masa depan.

Sumber: Crunchyroll