[JOI Spotlight] Viable Playstyle Edition

December 13, 2020 7:51 pm
[JOI Spotlight] Viable Playstyle Edition

Selamat darang di JOI Spotlight di mana kebanyakan seri tinggal satu episode lagi sebelum selesai. Tentu saja seperti biasa para staf akan memberikan impresi mereka untuk berbagai seri yang sudah hadir di minggu ini.

Girls Frontline 11

Kaptain

Segmen “kami ada gag pendek yang ga cukup buat satu episode, jadi kami jejalin semua di sini”. So yeah, kita nggak dapet 2 parter kayak kemaren. Buat 5* SG ini saya sabar aja dapetin lewat True Core kedepan dan ngeliat saya dah dapet semua limited unit, bisa istirahat ngumpulin tenaga buat Ranking.

Akudama Drive 10

Kaptain

Ini Amnestinya gimana sih cara kerjanya. Karena si dokter ini nggak cuma dicabut harga kepalanya tapi juga secara efektif dikasih lisensi buat ngebunuh dan imunitas hukum. You got me I guess anime, pada akhirnya ya Chinpira cuma Red Herring dan karakter udah tinggal dikit lagi yang nyisa. Jadi ga yakin bakal ada last minute betrayal.

Satu aspek yang saya harusnya omongin lebih awal tuh ga ada satupun karakter yang punya logat Kansai. Ini petunjuk utama kalau Kanto itu udah “bersih”.

Jujutsu Kaisen 11

Kaptain

Karakter simpatetik yang penting buat kewarasan karakter lain? Can’t have that. Nanami selaku the no nonsense professional paling nggak bisa cukup simpatetik buat Yuuji yang jelas nggak mau mulai ngebunuh orang, yang tentunya bakal keuji ngeliat boss akhir dari arc kali ini.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 11

Kaczmarek

Everybody’s gangsta, until Rika’s voice changed. Ini episode berasa pertemuan beberapa cabang arc dari versi pertamanya. Namun yang paling terlihat disini adalah Tatarigoroshi-hen dan Tsukitoshi-hen. Tak lupa ada material dari Minagoroshi-hen yang malah makin membuat bingung saya. Dengan kehadiran Shion yang terasa brutal, saya mencoba menebak akhir episode ini bukan dengan Rika tewas dengan perutnya digorok hingga ususnya berceceran, Irie tewas bunuh diri dengan pil tidur, atau warga Hinamizawa tewas akibat gas beracun. Melainkan dengan tewasnya Satoko, sedangkan teman-teman dan warga Hinamizawa semuanya selamat.

DanMachi S3 011

Kaczmarek

Asli gue baru inget Wiene sampe ngerobek sayap sama nyabut kukunya demi membuktiin bahwa Xenos juga punya perasaan. Dengan Tiona dan Ais yang nampaknya berpihak ke Xenos, ada kecurigaan bakal ada konflik internal di dalam Loki Familia. Hal itu seharusnya  terjadi sebelum Xenos nongol di kota karena tiap anggota juga punya pemahaman sendiri, apalagi Tiona. Well, sayang perkelahian antara Aisha Belka melawan Bete Loga tidak dianimaikan. Namun paling tidak chopping di musim ketiga ini masih cukup fair. And Hermes, what the hell are you doing, again?

Strike Witches ROAD to BERLIN 10

Kaczmarek

Ini episode khusus Shizuka, namun saya malah makin khawatir dengan Yoshika, Trude dan Minna. Lebih banyak aksi daripada episode khusus Lynette, namun disini juga jadi awal yang buruk bagi cerita di sisa episode. Saya gak yakin 501st bisa merebut Berlin hingga di akhir episode, dan ngeliat kebiasaan stafnya dahulu, bakal ada unit lain yang ikut gabung dalam merebut kota itu. Berharap dari 506th yang nongol, minimal Kuroda Kunika gitu.

KimiSen 10

Kaczmarek

Finally, Sisbell dapet porsi lebih. Ngeliat gelagatnya yang masih kayak bocah yang demen sama laki-laki alias Iska, permintaan untuk pergi ke Sovereignity bersamanya tentu sudah diprediksi. Mengingat kontak keduanya yang cukup memorable bagi Sisbell, rebutan calon suami bakal makin panas di episode-episode kedepan. Belum lagi Elletear yang juga baru muncul batang hidungnya. Yak bisa dikatakan bahwa konflik akan makin runyam disini.

Kami-sama ni Natta Hi 10

Kaczmarek

Adalah sebuah kesalahan nonton episode ini pasca nonton Higurashi Gou episode ke-11. Teriakan Satoko dan Hina sudah cukup bikin gue pusing. Placement product yang juga kentara banget bagi Key. Ini adalah poin dimana gue bisa sekesel-keselnya dengan Yota, namun bakal berubah lagi dalam skenario cerita di episode berikutnya. Hal yang menyedihkan disini tentunya adalah Hina yang memiliki phobia terhadap laki-laki. Entah mungkin sebelum tengkoraknya dibelah, ia mendapat kekerasan dari orang-orang yang membawanya di episode sebelumnya.

Sigururi 10

Kaczmarek

Azuzu ini makin terlihat seperti tipikal MC yang gabisa bermain standar di semua tempat. Ia hanya bisa all out nguras staminanya, dan bisa juga all out nyimpen staminya. Gak bisa 50:50. Setelah soal pencapaian Ragnarok diumumkan Odin sendiri, sekarang semua pertanyaan sedari awal episode akhirnya 75%-nya bisa terjawab. Lalu buat apa ada Valkyrie? Bisa dibilang mereka adalah utusan Odin bagi umat manusia untuk melawan perang yang ia ciptakan sendiri. Seperti yang dibilang Claudia, “tanpa Valkyrie, umat manusia sudah musnah”. Dengan para Valkyrie sendiri sudah punya alasan lain untuk tetap hidup, saya mengkhawatirkan mereka juga bisa dipanggil pulang.

Majo no Tabitabi 11

Kaczmarek

Cerita di episode ini menyambungkan segala hal dan menjawab beberapa pertanyaan, termasuk mengapa Mina meninggalkan Saya dulu. Saya baru sadar juga bahwa sedari episode lalu, kita sudah memasuki volume kelima novelnya. Missing a lot of part? Tentunya. Dari 3 episode awal sudah terjadi pemotongan detail, sehingga dibuat seakan-akan ½ episode itu dikhususkan untuk satu arc. Dengan tempo cepat, diam-diam kita sudah melewati banyak detail dan masuk ke volume kelima. Protes? Dari sisi adaptasi anime-nya, ini masih enjoyable. Malah saya pengen baca novelnya lagi dalam waktu dekat karena pengen tahu lebih apa yang kena potong itu.

Love Live Nijigasaki 11

Kaptain

Ooof, itu momen di atas kayaknya momen paling seksual seri ini. For once nggak kayak episode sebelumnya tiap idol bisa punya peran sendiri-sendiri buat ngejalanin festival dan nggak giliran baris baca line di tiap adegan. Ngeliat ini tinggal satu episode lagi harapan dapet single Yu juga makin tipis.

Mahouka Koukou no Rettousei Raihousha-hen 11

Kaczmarek

Ini polanya ngeselin. Waifu Wednesday edisi Honoka terbit -> episode minggu depannya langsung jadi main attention, Waifu Wednesday edisi Mari terbit -> episode minggu depannya juga nongol. Berasa miss timing-nya gitu, atau keteledoran saya aja yang salah narok atau salah menebak karakter mana yang bakal nongol dan kapan jadi pusat perhatian. Hadeh, yaudahlah.

Balik ke cerita utama, atau tidak. Ini jatohnya Tsutomu Sato (kreator Mahouka) bikin skenario orisinal khusus anime-nya. Bener, sisa episode ini nampaknya sebagian besar bakal menggunakan cerita orisinal buatannya. Namun ada separuh bagian di episode ini memang terdapat di epilog novel Visitor Arc Chapter 3-nya. Dan juga perlu diingat, yang versi Movie itu terjadi setelah ini. OK ini lucu sih. Itu Mayumi ngapain mau megang plot-nya Lina euy??? Dan, ada momen terlangka dalam sejarah Mahouka yaitu: Juumonji Katsuto ketawa. Gak terlalu wow sih, cuman jarang banget ngeliat hardman ini nunjukin ekspresinya gitu.

Miyuki be like, “Gue udah pasti menang, jadi nambah rival juga gak bakalan ngerubah hasil akhir nanti”. Lina officialy recognized as rival. Hari terakhir Lina di sekolah sendiri cukup memorable dengan tampil ala idol. I’m actually a big fan of this. Also, welcome back Shizuku! Anyway, Minami akhirnya nongol namun dalam pengenalan yang mengadaptasi Chapter 0 Vol. 12. Tentunya suara Minami mudah dikenali bukan? Ya, seiyuu-nya adalah Kiyono Yasuno.

Genshin Impact

Kaptain

So here’s the thing. Pengembangan live service tuh eksperimen berapa banyak penderitaan yang bisa diberikan ke pemain sampai dia mau stop main. Genshin akhirnya nyampe poin ini lewat quest Go-Food ini yang ngebuat saya introspeksi soal hidup yang saya habisin di game ini dan memutuskan istirahat main sampe patch turun. Beda sama time trial gliding kemarin, ini delivery banyak banget faktor diluar kendali kayak panah yang memutuskan dapet 100% accuracy (dan dodge ga boleh), cuaca ujan, dan yang paling parah itu loading makan waktu.

Final Fantasy XIV

Kaptain

5.4 mulai. Merlwyb akhirnya diijinin buat ngelakuin hal keren. Ini masalah barunya juga pas banget saat masalah terbesar setting ini akhirnya keurus. Paling nggak sekarang udah dijawab ini faksi musuh bakal dapet sumber dayanya darimana lagi di ekspansion selanjutnya.

Raid Tier buat spin-off Mahou Shoujo-nya juga dah kelar, I brought back gay to The Empty. Aspek favorit saya tuh para fanbase barat yang baru ngeh kalau Ultimecia FF8 tuh harusnya dibaca Artemisia. So on that note saya cukup seneng sama finale ini walopun ga sekuat Omega dan OST “Man With A Machine Gun” ga kepake. Masih nunggu ini Exarchic set turun ke 100-200k gil, baru nyeriusin gear.

Buat konten Nier emang ga panjang, tapi ini ngeungkap extremely bad news buat tier selanjutnya,

Arknights (EN)

Kaczmarek

Dikarenakan skripsi, saya harus nunda baca story DM seminggu ini. Mungkin bisa agak legaan pasca chapter extra-nya nongol. Anyway, gue baru naekin Utage demi cinta. Satu hal yang gak pernah gue coba dalam pengalaman maen game lainnya.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang sudah hadir di minggu ini?

Header: damenano104