[Virtual Journal] Nia Redalion

December 15, 2020 7:59 pm
[Virtual Journal] Nia Redalion

Ciaobulu! Heheh, balik lagi bersama penulis yang akhirnya ketahuan aibnya setelah mangkir 2 minggu tanpa menulis apapun di JOI. Yap, this is BlueHeaven, as virtual youtuber sekaligus masih penulis tetap JOI yang bakal menuntunmu dalam artikel Virtual Journal. Untuk edisi kali ini saya kembali menghighlight salah satu vtuber Indonesia dari agensi MAHA5, ialah Nia Redalion.

Seharusnya artikel ini bisa rilis sebelum tanggal 12 bulan ini, tetapi karena beberapa penghalang yang memperlambat penulisan saya, jadinya baru bisa dirilis hari ini. Sebelum kita masuk ke bahasan si vtubernya sendiri, saya ingin membahas sejenak agensinya terlebih dahulu karena ini baru pertama kali saya membahas vtuber dari MAHA5.

MAHA5, First Original Indonesian VTuber Agency

Akhir-akhir ini jika teman-teman cukup update dengan perkembangan vtuber di Indonesia, ada banyak sekali agensi vtuber baru bermunculan. Ya, literally agensi baru yang baru terbentuk di akhir tahun 2020 ini. Hal ini memicu saya untuk lebih melihat keberadaan vtuber agensi yang sudah ada sejak dahulu.

Kita sama-sama tahu kalau Indonesia telah mendapatkan percabangan dari agensi vtuber ternama di Jepang yakni Nijisanji dan Hololive. Namun apakah teman-teman tahu kalau Indonesia telah memiliki agensi vtuber sendiri yang asli dari Indonesia? Ya, itulah MAHA5 (baca: MAHA PANCA).

Quick intro into MAHA5.

MAHA5 bermulai dari Andi Adinata yang debut pada 2019. Setelah kesuksesan Andi, MAHA5 merilis beberapa vtuber lain seperti Alia Adelia dan NANARIKA di tahun 2020. Melihat pada tahun ini kultur vtuber sedang berada di puncaknya, MAHA5 membuka audisi generasi kedua pada April 2020. Audisi ini menghasilkan beberapa talenta baru seperti Lumi Celestia, Zen Gunawan, dan Nia Redalion.

MAHA5 dikenal orang para fans vtuber sebagai agensi yang menargetkan normies sebagai audiensnya. Ini adalah benar kalau dilihat dari track recordnya, MAHA5 memulai dengan konten video ringan pendek yang dibawakan oleh generasi pertamanya. Namun MAHA5 masih bisa dinikmati oleh kalangan otaku baik pemula maupun yang sudah grand master. Perlahan MAHA5 berkembang mengikuti tren vtuber yang lebih sering tampil dalam live streaming tanpa mengurangi tradisi konten video pendeknya. Disinilah para generasi kedua ada untuk unjuk gigi dalam menunjukkan bakatnya.

Singa Dari Kahyangan, Nia Redalion

Debut pada 5 Agustus 2020, Nia Redalion menjadi yang terakhir di antara para generasi kedua MAHA5 dalam memperkenalkan dirinya. Tampil sebagai wanita dewasa, Nia menggunakan kebaya khas nusantara dengan warna merah yang membara. Dilengkapi dengan rambut pirang yang dihiasi bunga merah dan putih, Nia tampil cantik mempesona membuat saya terpukau. Hal yang paling saya sukai? Tentu saja matanya yang berwarna biru!

Jadi ceritanya Nia itu berasal dari kahyangan turun ke bumi untuk.. ngewibu. Selain ngewibu Nia juga datang ke bumi karena jatuh cinta terhadap makanan khas Indonesia, yang paling disukainya ialah sate. Jadi kalau kalian ngesimp sama Nia, bisa kalian traktir sate ke mbak yang satu ini. Oh ya, satu lagi. Nia itu ultahnya tanggal 12 Desember loh! Jadi kayak promo belanja online gitu, heheh. Maaf ya Nia, baru bisa ngasih hadiah sekarang, ehe.

Dari Niachi-sensei Hingga Natsuki Noa

Saya pernah melihat salah satu postingan dari salah satu vtuber antusias yang menanyakan apakah ada vtuber yang berani membahas hingga mereview anime atau bahasan sejenisnya. Nah, kalau kalian mencari hal-hal yang seperti itu, selain saya tentunya, Nia bisa menjadi salah satu pilihan terbaik dalam menyajikan konten wibu. Nia bahkan konsisten membuat konten khusus bagi para wibu pemula dalam belajar budaya Jepang. Salah satu program yang dibuatnya dalam video pendek adalah Oshiete Niachi-sensei.

Nia juga aktif dalam bermain game. Tercatat dalam buku sejarah Tatang Sutarman, Nia pernah bermain game kekinian seperti Fall Guys, Getting Over It, Rage In Peace, dan masih banyak lagi. Kemampuan gamingnya? Cukup menghibur.

Nia juga sering tampil dalam video sketsa komedi buatan sendiri maupun member MAHA5 lainnya. Dirinya juga aktif menyanyikan lagu mulai dari lagu anisong, lagu daerah, bahkan lagu kartun anak-anak.

Satu hal yang paling luar biasa adalah kemampuannya yang random susah ditebak (quoted from Lumi). I mean, sekarang kita punya Niachi-sensei, terus ada Mama Nia, ditambah peran laki-laki yang diperagakannya hasil dari parodi Re: Zero. Sungguh menakjubkan.

Debut Natsuki Noa.

Wah ini idenya out of the box banget, saya sebagai penulis salut dengan story building Niachi-sensei.

Sebagai penutup, izinkan saya untuk menampilkan clip hadiah dari Anak Mama untuk ultah Mama Nia. HBD Mama Nia!

Nia juga ikut dalam kolaborasi epik Vtuber Versus – MAHA5 x NIJISANJI ID yang bisa kamu tonton disini. Kamu bisa menjadi fans sejatinya Mama Nia dengan menjadi Anak Mama (ya, ini sebutannya untuk fansnya) dengan berlangganan di kanal youtubenya. Follow juga instagram serta twitter dari Niachi-sensei. Buat kamu yang beruang bisa juga traktir sate Mama Nia di link trakteer dibawah ini.

Sekian Virtual Journal edisi kali ini. Semoga saya bisa balik konsisten menulis di JOI lagi, teehee. Sampai jumpa di Virtual Journal selanjutnya!

Nia Redalion’s Links:

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCD2W-dcuukl4oChTKATdSiw

Twitter: https://twitter.com/NiaRedalion

Instagram: https://www.instagram.com/niaredalion/

Trakteer: https://trakteer.id/niaredalion