Sirkulasi Penjualan Novel Hidan no Aria Capai 9 Juta Eksemplar

December 18, 2020 9:37 am
Sirkulasi Penjualan Novel Hidan no Aria Capai 9 Juta Eksemplar

MF Bunko J umumkan bahwa serial novel ringan “Hidan no Aria” karya Akamatsu Chuugaku dan ilustrator Kobuichi telah terjual hingga 9 juta eksemplar. Informasi ini juga diungkap dalam sampul dan situs halaman volume ke-34nya. Volume ke-34nya sendiri baru akan terbit pada Hari Natal 2020 (25/12).

Sinopsis “Hidan no Aria“:

SMA Tokyo Butei—Itu adalah sekolah spesial dimana para detektif bersenjata, yang biasa dikenal sebagai “Butei” dibesarkan. Tohyama Kinji adalah seorang siswa tingkat kedua yang memiliki tubuh unik yang dapat diaktifkan dalam “mode super” yang dapat distimulasi oleh “sesuatu”.

Ia mencoba untuk menyembunyikan kemampuan ini dari yang lainnya demi hidup tentram. Namun masalah terus mencarinya saat ia menjadi korban dari insiden pengeboman, dimana ia bertemu dengan seorang elit dari departemen penyerangan, Aria H. Kanzaki.

Akamatsu Chuugaku mengumumkan pengerjaan novel “Hidan no Aria” pada Juli 2008. Novel ini diterbitkan Kadokawa (kala itu Media Factory) dengan label MF Bunko J. Kobuichi (Kore wa Zombie desu ka?) ditunjuk sebagai ilustrator novelnya. Volume pertama novel ini terbit pada 25 Agustus 2008. Per 25 Juni 2020, penerbitan novelnya sudah mencapai volume ke-33 dengan satu volume ekstra.

Sampul novel volume ke-34

Adaptasi manga dari novel ini dikerjakan oleh Yoshino Koyoka. Chuugaku juga berperan sebagai pengawas dan penyusun skrip skenarionya. Manga ini berjalan di majalah Monthly Comic Alive sejak 26 September 2009 hingga kini. Serialisasinya sendiri tidak pernah rehat sejak pertama kali diluncurkan dan menjadi adaptasi manga terlama yang berjalan di majalah ini. Volume pertama manga ini mulai diterbitkan MF Comics Alive pada 23 April 2010. Per 20 Agustus 2020, penerbitan volumenya telah mencapai volume ke-22. Manga ini mengalami dua kali pergantian judul, dimana pasca volume ke-16 terbit, judul manga-nya berubah menjadi “Hidan no Aria Shiden Witch“. Kemudian pasca volume ke-20, judul manga-nya berubah menjadi “Hidan no Aria G“.

Manga cerita sampingan berjudul “Hidan no Aria AA” diluncurkan Shogako Tachibana pada 5 November 2010 di majalah Young Gangan. Chuugaku sendiri menjadi penulis skenario terbarunya. Serialisasinya berakhir pada 18 Mei 2018, dan penerbitannya berakhir di volume ke-18.

Adaptasi anime-nya dikerjakan oleh JC Staff dan tayang pada musim semi tahun 2011. Total penayangannya mencapai 12 episode. Sebuah satu episode OVA kemudian dirilis pada 21 Desember 2011. Adaptasi animeHidan no Aria AA” kemudian dikerjakan oleh Doga Kobo dan tayang pada musim gugur tahun 2015. Penayangannya mencapai 12 episode.

© Akamatsu Chuugaku/Kobuichi/Kadokawa

Sumber: MF Bunko J