[JOI Spotlight] Celery Woman Edition

December 20, 2020 6:55 pm
[JOI Spotlight] Celery Woman Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang tinggal 11 hari lagi menemui akhir tahun. Beberapa seri sudah mulai tamat dan saatnya mulai menambahkan [End] di berbagai seri yang sudah disimak staf JOI pada minggu ini.

Girls Frontline Season 2 12 [End]

Kaptain

There, plotpoint SF M16 selesai dalam 7 menit, kenapa ini ga bisa dilakuin di gamenya. Kecewa aja tim Defy pada akhirnya ga banyak peran dan overall kayaknya nih studio bakal lebih sibuk bikin aset buat Neural Cloud yang baru aja ngelarin beta kedua.

Ranking kelar dan Beach Fairy dapet. Sekarang dah beneran selesai urusan saya sama SC. Penasaran aja apakah cerita event kali ini tuh walopun saya udah seneng impact-nya ga sekuat saat server CN/KR ngelihat kemungkinan besar EN dah ke-spoil soal wujud baru OGAS. Karena jujur aja ini tuh ibarat kalau pake bahasa FGO kita sekarang bisa pake Beast class di cerita gamenya.

Vladlove 01

What’s this?

Hell a lot more gayer Kizumonogatari

Kaptain

Satu lagi seri yang ibarat ngejelajahin waktu dari awal 2000 dulu, cuma untuk kasus ini tuh that’s a good thing. Dari yang saya liat lewat materi promo & wawancara, Mamoru Oshii dikasih kebebasan buat bikin anime sesuka dia, dan sejauh ini kita dapet seri komedi yang punya pacing yang bagus dan kualitas produksi yang kompeten.

And it’s super gay.

Akudama Drive 11

Kaptain

Payoff buat 500 yen Courier. Kita mulai dengan obvious twist kalau Kanto udah ilang dan sekarang cuma nampung sebuah Quantum Computer yang jelas butuh sekuriti yang lebih punya inisiatif. Ini juga Kansai udah ancur, akses ke Kanto dan simbol religius masyarakat juga udah rusak jadi pemerintahan tinggal masalah waktu aja sampai anjlok. Jadi tim Swindler ini udah ngambil keputusan bagus dengan nyari tempat aman yang mungkin aja nggak pernah ada.

Jujutsu Kaisen 12

Gambar: Yang ngerjain opening

Kaptain

Ada yang kaget manifestasi fisik kejahatan umat manusia punya perilaku kayak gini? Kirain ini bakal jadi finale buat cour ini, tapi ternyata ya the one big arc fight emang butuh fokus khusus walaupun aksi di episode ini udah bagus banget. Di satu sisi emang jahat banget ini yang ngedesain adegan opening ngeliat nasib Junpei, tapi di sisi lain ini juga ngasih teaser dikit soal kenapa Yuuji tuh berbahaya banget sebagai protagonis Shounen.

Strike Witches ROAD to BERLIN 11

Tenang, ini masih Strike Witches RTB

Kaczmarek

Hikari dan Rall nongol di episode ini berasa kayak penantian lama sejak awal episode. Kehadiran keduanya jadi teaser untuk seri musim kedua spin-off-nya sih yang bakal tayang musim depan. Semoga gaada jamur ketawa lagi. Dengan skala masif dari perebutan Berlin, saya percaya sama Projekt Kagonish bahwa ada unit utama lainnya yang ikut turun dalam operasi ini. Tak hanya dari 502nd, unit 506th juga tampil namun sayangnya hanya jejak asapnya saja. C’MON PROJEKT KAGONISH! GIVE US AN ANIME FOR NOBLE WITCHES! Ehm, ngomong-ngomong Brave Witches dapet cameo, nampaknya akhir bagi 501st di episode terakhir minggu depan bakal memiliki kemiripan. Hikari yang sebelumnya jadi last minute reinforcement, bakal terulang namun kali ini oleh Yoshika.

KimiSen 11

Kaczmarek

Naga yang diomongin sedari episode 5 akhirnya nongol, namun 3DCG-nya cukup “hehehe” dibanding beberapa episode sebelumnya. Dengan berakhirnya seri ini pada Rabu malam nanti, saya cuma berharap battle scene-nya gak kaku seperti saat pertarungan melawan Salinger. Kalau dilihat porsinya, berakhirnya penayangan anime ini berada di titik cliffhanger yang cukup bikin kesal bagi para anime only watcher.

DanMachi III 12 (End)

Kaczmarek

Saya kadang lupa bahwa Hermes itu basisnya gak sekuat Freya. Sehingga tujuan untuk menyelamatkan muka Bell di hadapan warga Orario ini tidak berjalan lancar, namun skenario Freya justru yang paling masuk akal dan gak jadi panggung sandiwara kayak yang Hermes inginkan. Hestia nendang muka Hermes sebenarnya gak cukup, paling enggak dewa satu ini dirajam dulu biar impas.

Meskipun arc ini secara tak menghasilkan perdamaian antara Xenos dan penduduk Orario, ada saatnya mungkin mereka bisa hidup berdampingan dengan bantuan orang-orang ternama di kota. Namun hal ini butuh kebijakan lebih baik daripada dengan kefrontalan untuk mengatakan, “Eh Xenos ini juga bisa berpikir, dan mereka gak berbahaya seperti monster lainnya” ke publik. Dan berakhirlah, volume ke-11 novel dan musim ketiga anime-nya.

Terkait Ryuu Lion, seperti yang di-mention Oumori (penulis novel DanMachi) dalam interview-nya dengan LN-News, Ryuu bisa saja bergabung dengan Hestia Familia namun dengan persiapan lebih matang. Oumori sendiri gak mau nge-rush soal dia, apalagi masih terkait dengan masa lalu Astrea Familia.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 12

Kaczmarek

4? How about 5? Or more? Jezz, ini arc saya kira bakal berakhir di episode ini, dan kita harus menunggu hingga malam Natal untuk itu. Di episode ini juga Keiichi dan kolega jadi lebih berani berbicara dengan para tetua daripada sebelumnya. Keiichi yang juga mengancam Oryou di rumah Sonozaki, namun entah ada hal yang menggelitik dari ancaman tersebut haha. Mari kita berpikiran buruk, yang mana yang bakal tewas? Apakah Teppei? Atau malah Satoko? Semoga bukan Chie aja.

Kuma Kuma Kuma Bear 10-11

Kaczmarek

Menyelamatkan kota. Saya bakal makin jarang ngasih impresi ini anime, karena sudah enjoy untuk ditonton, dan seolah saya gaperlu komentarin panjang-panjang. Nikmatin aja petualangan dan pengembangan karakter apatis macam Yuna untuk menjadi lebih dewasa.

100-man 12 (End)

Kaczmarek

Satu-satunya anime yang paling nyaman saya ikutin sejak awal episode. Meskipun grafisnya terasa meh, namun penceritaannya gak bikin saya ngantuk. Episode ini juga jadi highlight bagi tiap karakter bahwa mereka memiliki perubahan signifikan dalam bersikap. Namun Yotsuya harus sedikit menyesali setelah membunuh di dunia yang ia kira hanya virtual. Andai ia melihatnya dalam sudut pandang luas, pembunuhan itu juga membantu dirinya dan orang-orang terdekatnya tetap selamat sampai tujuan. Musim kedua sudah resmi diumumkan dan bakal tayang musim panas 2021.

Majo no Tabitabi 12 (End)

Kaczmarek

Kaede Hondo’s all out episode. Semoga ini perekamannya gak dadakan, karena bakal kasian sama tenggorokannya. Kecuali saya salah kalau ada seiyuu lain selain Kaede dan Konomi Kohara (seiyuu-nya Amnesia) yang turun di episode ini. Tbh, staf melakukan hal yang sedikit kotor di episode ini juga, dan kalian para pembaca novelnya, apakah menyadari sesuatu? Musim kedua? Mohon bersabar dulu.

Love Live Nijigasaki 12

Kaptain

Drama selesai dan kali ini ga ada yang kena tampar. Interestingly panggung festival Ayumu tuh tepat pas di tempat debut dia, walopun saya juga ga tau gimana 4 orang bisa bikin venue kayak gitu, magic I guess. Mungkin saya salah paham, tapi kayaknya 9 idol bakal nyanyiin single mereka masing-masing dengan komposisi pertama Yu yang bakal jadi finale-nya. A bit of an overkill perhaps, tapi Bandori S3 kecuali saya salah inget udah ngelakuin hal ini.

Senyoku no Sigrdrifa 11

Kaczmarek

Lebih percaya diri dari pertarungan pertamanya. Ini baru awal-awalnya aja sih dari battle-nya, dan agak dipanjangin dengan persiapan dari semua lini. Kunci dari akhir hellhole ini ada di Claudia, what’s next? More fallen comrades? Hirotaka Tokuda, Takaaki Suzuki dan Tappei Nagatsuki, semoga kalian tidak mengecewakan kami dengan akhir yang buruk.

Mahouka Koukou no Rettousei Raihousha-hen 12

Kaczmarek

Ah iyak, ini berakhir di episode 13. Bagi kalian yang gak familiar sama Fumiya sama Ayako, bersiaplah dengan skinship sibling to the max. Lebih dari Tatsuya dan Miyuki malahan. Minami akhirnya diperkenalkan secara singkat di episode ini kepada kedua Shiba. Saya cukup optimis bakal ada musim ketiga untuk ini. Karena secercah material dari Double Seven Arc yang sudah nongol di akhir musim kedua ini. Mungkin ada info baik di malam minggu berikutnya.

Kami-sama ni Natta Hi 11

Kaczmarek

Hah, here we go again. Dari mana harus memulai ini. Ehm, i’m not an expert but, seems rushy all over it. Pattern yang kini mudah terbaca ini memang dianggap masterpiece dari Maeda, namun saya sendiri berharap lebih dari ini. Apalagi building cerita sedari awal hingga Hina dioperasi ini bagi saya cukup berkesan. Mereka gak akan mengakhiri seri orisinal ini dengan “Hey we found the cure! It is family! Yeah, and video games! And ramen! And mahjong! And film! And, and  and…”. Saya berharap yang terbaik untuk akhir episode ini, gak perlu muluk-muluk. Sinopsis akhirnya juga sudah rilis, jadi saya hanya bisa menebak-nebak Hina mau tinggal bareng Youta lagi dan happy ending.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Yep, chapter extra muncul dan saya ketahan di challenge DM-X-6. Bukan karena gak bisa sih, cuma males mikir. Paling kelar minggu depan. Agak beruntung punya Magallan disini, jadinya bisa nahan itu tukang lari-lari. Saya juga mencari cara untuk menghindari pemakaian Blaze disini, karena terlalu bergantung dengannya di normal challenge. Btw, pengen Schwarz arghh!!

Fate/Grand Order

Ini bukan sarkasme, saya paling respek sama FGO saat punya dialog kayak gini

NA Server

Kaptain

Ini agaknya enjoy atau enggaknya pemain dengan event kali ini tuh tergantung sama suka apa enggaknya mereka dengan Kinnikuman. Secara pribadi sih saya nggak benci, cuma rada kesel aja di event yang temanya gulat kita ga dapet karakter pegulat/grappler bersejarah di banner (Martha ga diitung). Yang mana juga saya ga minat sama Brad ngeliat Parvati dah punya.

Priconne EN

Kaptain

Direkomendasiin buat mereka yang pengen mobage yang cukup dimainin 10 menit per hari, yang emang sesuai kriteria saya. Masih di world 4 dan saya sama sekali ga ada niat roll sampe Jun turun. Berhubung kita masih di soft-launch ya palingan tahun depan dapetnya. Dapet atau enggaknya dia juga bakal nentuin apakah saya bakal lanjut.

Berhubung kita udah dapet Genshin udah nggak bisa bilang lagi kalau nih game punya kualitas produksi yang paling gila-gilaan. Tapi ya paling nggak nih game lebih masuk akal dimainin di mobile.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Minggu depan akan menjadi Spotlight akhir 2020 dan saatnya staf menyiapkan penghargaan mereka.

Header: Giga