[Virtual Journal] Sister Cleaire

December 23, 2020 8:04 pm
[Virtual Journal] Sister Cleaire

Yahoo! Kembali lagi dengan Virtual Journal edisi ke-20! Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun. Ya, sejak debut tanggal 5 Mei 2020, Virtual Journal yang merupakan rubrik mingguan terbaru JOI di tahun ini sudah dirilis sebanyak 20 kali. Apa ini sebuah kebetulan?

Nah, karena natal sudah dekat, Virtual Journal kali akan membahas vtuber yang paling adem sedunia. Sudah jelas siapa dia? Ya, dia adalah Sister Cleaire dari Nijisanji!

Debut pada 5 Juni 2018, Sister Cleaire –bisa juga dipanggil Sister Claire (シスター・クレア)– telah menjadi salah satu sosok vtuber yang paling dihormati oleh vtuber lainnya. Sebenarnya apa yang menjadi ciri khas sister yang tampil begitu berbeda dibanding vtuber lainnya? Mari kita simak ulasannya.

One of Legendary SEEDs member, Sister Cleaire

Pertama kali Anda mendengar namanya atau melihat wujudnya, dia sudah jelas berbeda sekali dengan vtuber yang ada pada umumnya. Tampil menggunakan pakaian layaknya sister katolik di gereja, Sister Cleaire memberi angin baru dalam dunia virtual yang kebanyakan diisi oleh mahkluk-makhluk perusuh. 

Awalnya, dia tergabung sebagai salah satu member generasi pertama dari Nijisanji SEEDs. Nijisanji SEEDs merupakan cabang dari Nijisanji yang berisi talenta yang luar biasa. Namun pada akhirnya, Nijisanji SEEDs dilebur ke dalam Nijisanji utama bersamaan dengan Nijisanji Gamers pada Desember 2018. 

Dalam kesehariannya, vtuber yang berulang tahun pada 4 Oktober ini menghabiskan waktu di gereja dalam membantu orang yang sakit dan kesusahan serta mengurus anak yatim piatu. Dengan suaranya yang menyejukkan, dirinya memulai siaran agar bisa memberi kelegaan untuk orang-orang yang telah bekerja keras di dunia nyata. 

Sister Cleaire selalu ada untukmu yang sedang mengalami masalah. 

Kesibukan sehari-hari dari Sister Cleaire.

Sister Cleaire, Symbol of Seisō

Dengan ciri khasnya yang demikian, Sister Cleaire dijuluki vtuber yang sangat seisō. Apa itu seisō? Seisō dalam dunia virtual diibaratkan untuk vtuber yang sangat tenang dan tampil tidak rusuh. Kalau kamu mencari vtuber yang seperti ini, maka Sister Cleaire adalah salah satu dari pilihan terbaik yang bisa saya rekomendasikan.

Kalau kita lihat sepanjang perjalanan virtualnya dari usia 19 tahun hingga 22 tahun, Cleaire masih menjaga keseisoanya tersebut. Kontennya masih tetap sesuai dengan tujuan awalnya, membuat suatu konten yang melegakan bagi penontonnya. 

Konten dari Sister Cleaire kebanyakan berupa free talk, singing (suaranya bagus loh), dan gaming. Biasanya kalau vtuber melakukan konten gaming, banyak yang bisa mengeluarkan kata kasar atau memukul mejanya. Namun lain halnya dengan Sister Cleaire. Dirinya justru memaksakan diri untuk memukul meja bukan karena kesal bermain. 

Kalau begini mah mejanya bukan -10 HP tapi +10 HP.

Selain konten-konten yang sudah sering kamu temukan di vtuber pada umumnya, Sister Cleaire juga memiliki konten yang luar biasa unik. Yang pertama adalah Mainichi Douga Plus. Ini adalah konten harian yang diuploadnya setiap pagi. Isinya adalah menyemangati penontonnya, ucapan selamat pagi hingga ulang tahun, dan puchi uranai yang isinya ramalan hari ini.

Ditambah lagi ada juga konten Typing Sound yang dikerjakannya setiap siang. Jadi dalam siaran ini, kalian bisa mendengar suara ketikan darinya yang bekerja menemanimu. Sister Cleaire juga sesekali berbicara dalam siaran ini untuk menyemangati penontonnya.

Sister Cleaire Just Can’t Stop Shining

Diketahui dia sudah lama melintang di dunia virtual. Tentu saja, banyak hal yang bisa diceritakan darinya. Mulai dari keterlibatannya dalam anime Virtual-san wa Miteiru, memilki segudang kostum yang tidak sedikit, terkait dengan event-event besar, hingga menjadi seiyuu dalam project DEN-ON-BU yang dikerjakan Bandai Namco Entertaiment sebagai karakter Seto Mitsuki. dia juga sering terlihat menggunakan model 3Dnya yang didapatnya pada 25 Juli 2019.

Meski terkenal seisō, tidak membuat Sister Cleaire sulit didekati. Dirinya bahkan memiliki banyak kenalan vtuber bukan hanya dari Nijisanji saja. Bukan hanya vtuber, namun dia juga dekat dengan seiyuu papan atas seperti Sugita Tomokazu. Dirinya bahkan diundang ke dalam acara radio talk bersama Mafia Kajita dan Sugita tentunya. 

Jika Anda tertarik untuk terjun ke rabbit hole versi seisō, mengikuti sister yang satu ini adalah hal yang wajib. Anda bisa subscribe ke channelnya atau follow twitter dan instagramnya pada link di bawah artikel (psst.. membership di channel hanya 9.900 rupiah loh!). Dia memiliki fan name Tanu-san, hasil dari typo salah satu tweet awalnya yang berniat mengetik takusan (たくさん) jadi tanusan (たぬさん ). Tapi fans nomor satunya tetaplah dipegang oleh Mochi, kucing kesayangannya.

Sebagai penutup, saya persembahkan beberapa lagu enak yang dibawakan olehnya. May God bless you today and stay seiso!

Mungkin ini satu-satunya lagu yang temanya gelap yang dibawakan Sister.

Suaranya emang ngademin, KYAA!!

Terima kasih sudah lahir, Sister Cleaire!

Links:

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UC1zFJrfEKvCixhsjNSb1toQ

Twitter: https://twitter.com/SisterCleaire

Instagram: https://www.instagram.com/stcleaire/