[Waifu Wednesday] Shiba Miyuki

Shiba Miyuki, siapa yang tak mengetahui karakter ini di dekade 2010-an. Salah satu heroine dari “Mahouka Koukou no Rettousei” ini sering nampak wujudnya saat nama seiyuu Hayami Saori muncul di suatu media. Untuk itu mari mengenal terlebih dahulu karakter dingin satu ini.

Shiba Miyuki lahir pada 25 Maret 2080 dan berasal dari keluarga Shiba dan Yotsuba. Shiba Miya, ibu kandungnya kini sudah wafat, sementara ayahnya, Shiba Tatsurou menikah kembali dengan Shiba Sayuri. Miyuki tinggal bersama Tatsuya, lalu kemudian mendapat bodyguard terbaru pasca volume Visitor Arc yang bernama Sakurai Minami.

Di sekolah, ia selalu berada di kelas A rombel pertama dari tahun pertama hingga ketiganya. Dari pengukuran tubuh di novelnya, Miyuki memiliki tinggi antara 160-161 cm dengan berat badan 49 kg. Ia memiliki kulit pucat pasi dengan proporsi badan langsing. Rambutnya berwarna hitam panjang dengan ornamen di bagian kirinya.

Lanjut saja, mari kita membahas poin negatif dan positif dari gadis satu ini.

+ Snow Queen

Shiba Miyuki cukup menarik perhatian siswa-siswi hingga guru di sekolah dengan kehadirannya. Dapat dikatakan, ia menarik sebagian besar pandangan orang-orang saat berada di satu tempat. Namun yang paling penting, ia sering dianggap sebagai ratu yang tak perlu memiliki kedudukan tinggi. Kehadirannya di sekolah sendiri membuat ketegaran seorang ketua OSIS, Mayumi Saegusa sedikit goyah. Mayumi mengakui bahwa kepercayaan dirinya juga sedikit terganggu karena sosok Miyuki. Ia juga mendapat sebutan Yamato Nadeshiko-nya keluarga Yotsuba dari anggota keluarga lainnya.

Tak hanya didalam sekolah, Miyuki juga menjadi idaman di luar sekolah, atau bahkan jadi incaran siswa sekolah lainnya. Miyuki sendiri menyadari ketertarikan ini, namun ia tetap konsisten untuk berada di samping kakaknya. Tak hanya soal kecantikannya, Miyuki juga cukup kuat untuk menandingi lawan jenisnya. Hal ini berkat latihannya dengan Tatsuya serta Yakumo (si kepala plontos) sejak memasuki masa remaja.

+ Intelligent

Miyuki sendiri tak hanya berbakat dalam kemampuan bertarung, namun juga dalam urusan domestik serta sekolah. Ia menjadi bagian dari siswa top di First High School berkat nilai pelajaran dan prakteknya yang tinggi. Ia juga aktif berorganisasi yang awalnya sebagai sekretaris OSIS di tahun pertama, kemudian menjadi wakil ketua di tahun kedua, dan menjadi ketua OSIS di tahun terakhirnya. Meskipun kesehariannya dipenuhi jadwal yang membludak dari organisasi dan mengikuti kelas, ia masih dapat menyempatkan waktu untuk berkumpul bersama sahabat-sahabatnya. Quality time with friends is really important.

Intelegensi dan kemampuan lain dari Miyuki juga mendorongnya sebagai salah satu suksesor dari kepala keluarga Yotsuba yaitu Yotsuba Maya. Selain karena keberadaannya di dunia yang dibentuk secara spesial (baca novel untuk lebih banyak konteks), ia juga menjadi anggota keluarga yang paling diperhatikan perkembangannya. Berharap ada musim ketiga untuk adaptasi anime-nya agar saya gak terpotong-potong untuk menjelaskan konteks ini.

+ The best person you could lean on

Keterbukaan Miyuki dalam bergaul tidak serta merta karena jabatannya dalam OSIS, namun juga diluar dari tuntutan amanah tersebut. Ia sudah terbiasa membuka diri untuk hanya mengobrol atau berinteraksi dengan orang lain, tak pandang bulu. Bahkan ke orang yang mencurigakan sekaligus (dengan catatan ia sudah bersiap diri untuk diserang). Saat sudah mengenalnya lebih dekat, Anda akan menyadari betapa suportif dan pengertiannya seorang Miyuki. Namun ia juga sering menjadi wing(won)man bagi teman terdekatnya seperti Mizuki dan Mikihiko.

+ Saori Hayami

(c) Hominis

Salah satu seiyuu yang saya gak bisa sebut “naik daun” karena sudah di “atas daun” sejak awal dekade 2010-an. Untuk seiyuu yang kian familiar musim ini dengan perannya sebagai karakter perempuan dewasa, peran Hayami (bukan nama asli) sebagai Miyuki di musim ini menjadi pengingat bagi saya bahwa ia masih memiliki intonasi layaknya remaja walau dengan aura keibuan. Ya tentunya, ini dari saya sendiri, mungkin bisa berbeda dengan Anda para pembaca.

– Friendzone

Jarang sekali bagi Miyuki untuk melihat lawan jenisnya sebagai seorang “laki-laki”. Jika dibuat tangga bertingkat kedekatan, maka bisa digambarkan seperti:

1. Pasangan (Tatsuya)
2. Sahabat (Lina, Erika, Leo, dll)
3. Teman biasa (Mari, Suzune, Kanon, dll)
4. Kenalan (Masaki, Kichijouji. dll)
5. Orang asing

Untuk naik tangga sendiri butuh waktu yang cukup lama, kecuali waktu dan tempat memang sudah mendukung. Jikalau posisi Anda sudah mencapai posisi kedua atau ketiga, persentase untuk menjadi partner hidupnya juga tetap sulit diraih. Hal ini dikarenakan…………(lanjut poin berikutnya)

– Onii-sama/Kakanda/Apapun sebutan itu sesuai subtitle kesukaan kalian

(c) Tsutomu Sato, Kana Ishida/Kadokawa

Yes, Shiba Miyuki hanya untuk kakanda-nya. Apa? Skenario lain? Kesempatan Anda hanya 0,000000000…%. Miyuki tak akan berpaling dari seorang Tatsuya dimanapun dan kapanpun. Meskipun mereka berada di tempat berbeda, keduanya pasti memiliki cara untuk mengetahui keberadaan masing-masing. Sehingga curi-curi waktu untuk menghabiskan waktu dengan Miyuki pun harus bersiap dimonitori oleh kakaknya sendiri.

Oh saya lupa untuk memberikan informasi ini. Anda masih memiliki kesempatan untuk paling tidak mengencani atau menghabiskan waktu bersama Miyuki, dengan catatan Anda juga memiliki izin dari Tatsuya. Mereka terbuka kok, namun harus di waktu yang sesuai juga. Kan aneh ngajak kencan Miyuki di tengah keadaan dengan tensi tinggi, seperti perang mungkin atau ancaman teroris.

– Jealousy

Poin ini memang seharusnya ada sejak awal. Misal ya, misal, suatu saat memang Miyuki sudah nempel dengan Anda, mohon untuk menjaga jarak dengan perempuan lain. Karena kita tak tahu kapan lantai yang anda injak bisa berubah jadi es, atau tiba-tiba anda mengalami hipotermia. Tentu saja ini bisa dikontrol lebih baik jika anda punya kekuatan lebih dari Miyuki dan tentunya Miyuki sendiri yang harus lebih menyadari apa yang ia lakukan.

Maka dengan ini berakhirlah Waifu Wednesday Chain dari serial Mahouka Koukou no Rettousei. Tentu saja masih banyak heroine lain yang bisa saya angkat di waktu lain. Apalagi material cerita masih membludak hingga sekuel novelnya. Untuk itu, saya berterima kasih kepada para pembaca yang setia mengikuti rubrik Waifu Wednesday Chain ini hingga kini.

Untuk edisi final tahun 2020, nampaknya saya akan serahkan ke staf lain karena momennya cocok untuk suatu heroine dari franchise lain. Saya tak bisa memberi petunjuk disini, sehingga nantikan saja ya tanggal 30 Desember mendatang. Sampai jumpa di edisi berikutnya!

© Tsutomu Sato/KADOKAWA/Mahouka Koukou no Rettousei Production Committee

Sorry. No data so far.