[JOI Music] 10 Anisong Terbaik Musim Gugur 2020 Versi JOI

December 27, 2020 4:42 pm
[JOI Music] 10 Anisong Terbaik Musim Gugur 2020 Versi JOI

Selamat datang kembali dalam JOI Music, 10 Anisong terbaik versi staf JOI. Kali ini kita membahas tentang Anisong edisi musim gugur 2020. Mencakup OST, insert song, maupun lagu yang terdapat dalam serial, maupun movie anime musim lalu.

Dengan catatan, bahwa penilaian subjektif staf JOI. Dalam rubrik ini, kami murni hanya menilai berdasar lagu & visual dalam PV maupun animenya, terlepas dari rating animenya itu sendiri.

Hasil dalam chart ini merupakan opini subjektif dari staff JOI, kalau kamu punya saran atau opening anime terfavorit versimu. Bisa kamu sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini ya!

10. Tenkuu Cafeteria – Petit Rabbit’s (Gochuumon wa Usagi desu ka? BLOOM OP)

Awali harimu dengan yang manis dan lucu. Anime yang sudah lama dikenal sebagai sumber moe-betes ini berhasil mencuri perhatian kami untuk dimasukkan ke dalam JOI Anisong edisi Fall 2020.

Lagu ini bercerita tentang sebuah cafe diatas langit. Dinyanyikan dengan manis dan imut denga fase yang cepat. Sama sekali tidak memberikanmu ruang untuk menghindar dari gula yang bisa bikin kupingmu diabetes.

Lagu ceria ini dibawakan dengan gelagat imut dari para seiyuu profesional yang juga terkenal dengan peran-peran imutnya. Petit Rabbit’s, seiyuu unit yang beranggotakan lima orang seiyuu senior : Ayane Sakura atau yang lebih dikenal sebagai Ayaneru, Maaya Uchida, Inori Minase, Satomi Satou, dan Taneda Risa. Selain menjadi unit, mereka juga sekaligus berperan sebagai 5 karakter utama dalam serial ini.

9. over and over – Yuka Iguchi (Danmachi III OP)

Single bertema kolosal ini dibawakan Yuka dengan energi yang langsung besar dari awal lagu. Meski membawakannya dengan beat yang cenderung lambat, namun energinya bukan berarti redup.

Setelah sukses membawakan OP dari kedua season Danmachi sebelum ini, Yuka kembali mengisi untuk Danmachi season ketiganya. Memang sudah langganan dikontrak Danmachi kayaknya? Sukses terus ya buat Yuka Iguchi.

Oh iya! Yuka Iguchi yang sejatinya adalah seorang seiyuu memang hobi banget isi anisong loh. Seiyuu spesialis ED ini paling sering kita dengar dalam serial To Aru, baik sebagai pengisi ED maupun sebagai pemeran. Karena Yuka adalah seiyuu yang memerankan Index-chan loh gengs!

8. Nijiiro Passions! – Nijigasaki School Idol Club (Love Live! Nijigasaki Gakuen School Idol Doukoukai)

Meski cenderung memiliki rima yang hampir sama dengan kedua generasi sebelumnya, single opening Love Live! kali ini tidak kalah bagusnya loh.

Tipikal lagu idol Love Live, diawali dengan solo vokal dari sang center, lalu langsung dikejutkan dengan keroyokan dari seluruh anggota lainnya. Dibawakan dengan rapih dan imut, setiap anggota juga diberikan kesempatan untuk solo vokal di beberapa bait. Seimbang, seperti yang seharusnya.

Generasi Love Live! Nijigasaki ini cukup terbantu dengan star power dari salah satu seiyuu yang tergabung dalam unitnya, Akari Kito. Yang bisa kita lihat sendiri, memiliki pengalaman jauh lebih banyak dibanding kedelapan anggota lainnya.

7. Buroko no Uta – Roko Sekino (CV: Risa Kubota) (Ochikobore Fruit Tart Insert Song)

Risa Kubota, seiyuu yang namanya masih asing bagi banyak orang. Namun namanya kian melambung setelah mendapatkan peran sebagai Ren dari “Konohana Kitan” dan Rosetta dari “Lapis:ReLIGHTs“. Di musim ini, ia mendapatkan tiga peran karakter seperti Shindou Iu (100-man no Inochi no Ue ni Ore wa Tatte Iru), Carla (Kami-tachi ni Hirowareta Otoko), dan Roko Sekino (Ochikobore Fruit Tart).

Khusus untuk Roko Sekino, terdapat lagu tema sisipan yang pratinjaunya dapat didengar pada video di atas. Lagu ini cukup populer di Jepang karena nyanyiannya yang cukup unik dan lucu. Ditambah lagi, ini adalah lagu tentang brokoli dan Roko sendiri malu-malu untuk menyanyikannya. Lagu ini juga menjadi meme tersendiri di Jepang, dan bahkan ada yang berniat membuat versi 10 jamnya.

Karena versi penuhnya baru dirilis 27 Januari 2021, maka dengarkan terlebih dahulu sampel videonya terlebih dulu ya.

6. Kimi no Tsubasa ni Akogarete – 501st Joint Fighter Wing “Strike Witches” (Strike Witches: ROAD to BERLIN ED)

Kembalinya 501st Joint Fighter Wing untuk membawakan lagu franchise ini sudah cukup membuat nostalgia. Sudah 10 tahun sejak musim keduanya tayang, dan enam tahun sejak OVA-nya dirilis dengan mengecualikan “Brave Witches” yang berfokus pada 502nd Joint Fighter Wing. Bersama dengan lagu ini, terdapat Character Song yang juga diproduksi oleh Nippon Columbia yang bakal dirilis 13 Januari 2021.

Komposer dari lagu ini adalah Yuuki Nemoto, yang sebelumnya mengisi posisi yang sama pada proyek “Locodol“. Lagu ini kemudian diaransemen oleh Yoshihiro Kusano, yang posisinya tak pernah berubah sejak musim pertama “Strike Witches” tayang pada tahun 2008. Kusano juga menjadi alasan mengapa ada kemiripan dari setiap lagu penutup anime ini di setiap musimnya.

Setelah lelah bertarung, kemudian disambut dengan lagu penutup yang dapat mengendurkan urat. Hal yang selalu dibutuhkan di akhir anime yang penuh aksi di udara. Tak lupa juga, ada beberapa episode yang memiliki material kehidupan sehari-hari, yang juga cocok dengan lagu ini karena temponya yang sedang.

5. Evergreen – Sajou no Hana (DanMachi III ED)

Satu-satunya double entry dalam edisi JOI Anisong kali ini. Dimana OP dan ED secara bersamaan masuk ke dalam nominasi kami untuk edisi ini. Musim lalu, Sajou no Hana dengan lagunya “Seiran no Ato de” yang menjadi lagu tema penutup kedua Toaru Kagaku no Railgun T masuk dalam jajaran 10 Anisong Terbaik Musim Panas 2020 versi JOI. Kemudian kali ini mereka kembali dengan single terbaru untuk seri DanMachi III yang telah dirilis pada 23 Desember 2020.

Masih dengan melodi yang familiar, kali ini Sajou no Hana menggunakan tema “mengejar impian” dalam lagu ini. Cocok sekali dengan Bell dan koleganya dalam serial DanMachi yang tengah memperjuangkan keinginannya untuk membantu Xenos keluar dari masalah di Orario. Berharap lebih mereka membawakan lagu tema anime lainnya di musim mendatang.

Selain versi YouTube, kalian juga dapat mendengarkan lagu ini di Spotify.

4. Haiiro no Saga – Choucho (Majo no Tabitabi ED)

Butuh OST yang mistis sekaligus manis? Serahkan saja pada Choucho. Penyanyi solo senior yang sudah seringkali malang-melintang dalam Anisong. Baik mengisi OP maupun ED dari beberapa anime ngetop lainnya.

Lagu yang menjadi penghujung tiap episode dari petualangan Elaina ini kesannya dapat banget. Irama mistis yang dibawakan sangat terasa, meskipun memiliki beat yang cenderung cukup cepat. Musik pengiringnya sungguh cocok dengan karakter vokal Choucho. Yang semakin menguatkan kesan mistis dalam lagu ini.
Salah satu notable role dari Choucho adalah dalam mengisi OP Fate Kaleid Liner Prisma Illya. Tentu kamu ingat lagu berjudul “starlog”? OP dalam serial Fate Kaleid pertama yang berkesan manis sekaligus mistis disaat bersamaan.

3. KAIKAIKITAN – Eve (Jujutsu Kaisen OP 1)

Ah Eve, selalu nyenengin ngeliat musisi era Vocaloid sukses secara mainstream dan jadi langganan buat lagu tema. Sebagai opening Kaikaikitan udah menuhin tanggung jawab sebagai “pengenal” seri dengan nunjukin para karakter utama dan gimmick mereka.

Namun keberhasilan utamanya itu dengan ngasih tambahan kecil di beberapa adegan opening sekaligus ngasih “jebakan” buat mereka yang murni nonton anime aja.

2. SPYAIR (Haikyuu!!: To the Top 2nd Season ED)

Tentu SPYAIR kembali lagi dalam serial Haikyuu!. Setelah sempat absen selama beberapa musim, Haikyuu kembali menunjuk SPYAIR untuk mengisi OST-nya.

Band yang sudah cukup lama dalam dunia anisong memang spesialis untuk membawakan lagu untuk serial bertema shounen dan olahraga. Bagaimana tidak, untuk sebuah lagu ED menurut kami single “One Day” ini cukup enerjik. Jangan tertipu dengan awalan yang lembut dari lagu ini, buktinya hanya butuh kurang dari 1 menit untuk lagu ini mencapai klimaksnya.

Selain Haikyuu!, SPYAIR juga pernah mengisi OST untuk Bleach dan juga Gintama. Dengan portofolio yang meyakinkan ini, kami yakin SPYAIR kedepannya akan semakin sering mengisi serial shounen lainnya. Band ini tersedia untuk kamu dengarkan single-single ngehits lainnya melalui Spotify.

1. Kimi to Iu Shinwa – Jun Maeda x yanaginagi (Kamisama ni Natta Hi OP)

Entry kali ini rasanya sudah tidak kaget lagi. Faktor pertama adalah karena yang nyanyi adalah yanaginagi, dan faktor keduanya adalah karena ini serial besutan Key, dengan Jun Maeda sebagai mastermind-nya.

Single ini berirama lembut dan penuh dengan kesedihan di setiap liriknya. Ditulis dan diaransemen secara spesifik untuk serial yang memang akan membawa kesedihan bagi penontonnya. Seperti yang kita kenal, Key adalah kreator spesialis bikin air matamu menitik. Beberapa karya notable lainnya dari Key adalah Angel Beats!, Clannad, dan Charlotte.

Fun-fact, ini satu-satunya lagu yang kita gak bisa dapat official videonya karena Jun Maeda tidak mempublish ini melalui Youtube maupun Spotify (setidaknya di region Indonesia). Sudah kami cari juga di official channel yanaginagi, dan lagu ini tidak ditemukan.

Jadi anisong mana yang jadi favorit kalian untuk periode ini? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.