Pedoman Karya Fans Studio Khara: “Tolong Jangan Buat Konten Tidak Senonoh”

December 29, 2020 12:58 pm
Pedoman Karya Fans Studio Khara: “Tolong Jangan Buat Konten Tidak Senonoh”

Film “Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon A Time (Shin Evangelion Gekijō-ban :||)”akan tayang sebentar lagi dan tentunya berbagai karya fans akan turut naik juga melihat adanya konten baru. Hanya saja karya fans di Jepang pada dasarnya itu berada di zona abu-abu dan agar tidak terjadi masalah hukum Studio Khara selaku pemiliki lisensi Evangelion telah membuat pedoman untuk karya fans.

Seperti biasa Khara meminta agar fans tidak menggunakan serial dan karakter untuk penggunaan komersial Namun tentu pedoman tersebut bukan untuk perusahaan komersial, yang tentunya perlu menghubungi langsung menghubungi Khara untuk membuat kesepakatan. Khara menyatakan bahwa untuk konten dengan monetisasi seperti Patreon atau YouTube, fans dapat menggunakan video dan audio sebagai “kutipan” (singkatnya model fair use) dan monetisasi masih bisa berjalan.

Khara juga menyatakan bahwa karya fans tidak boleh mempromosikan rasisme, fanatisme, dan menentang segala jenis politik. Begitu juga dengan kekerasan berlebihan, melanggar hak orang lain, atau pornografi. Yang maaf saja untuk kedua poin yang di-bold melihat konten seri ini itu sangat terlambat dilakukan.

Panduan ini telah dirilis sebelum kolaborasi antara Evangelion dan pixiv, di mana pixiv akan mengadakan proyek selama 6 bulan ke depan dengan tema Evangelion. Kontes juga akan diadakan di situs dan aplikasi afiliasi. Proyek ini dimulai pada 19 Januari tepat sebelum film dirilis pada 23 Januari.

Secara praktis, hanya penggunaan komersil yang berlebihan saja yang umumnya akan ditindaklanjuti perusahaan dan ini adalah kesepakatan tidak tertulis industri ini. Jadi seharusnya konten “populer” lain masih akan ada.

Sumber: Crunchyroll