[JOI Spotlight] Year of The Ox Edition

January 3, 2021 7:51 pm
[JOI Spotlight] Year of The Ox Edition

Selamat datang JOI Spotlight perdana 2021 ini. You know what, saya lihat peningkatan pakaian sapi di karya fans sebagai kemenangan kecil awal tahun 2021 ini. Masih belum banyak seri musim dingin yang tayang jadi kali ini kita juga akan memberikan sedikit impresi awal untuk seri yang akan tayang.

Fate/Grand Carnival 01

Kaptain

Carnival kali ini punya lebih banyak materi buat digali berhubung sekarang materinya itu dari game yang dapet update rutin (heh) selama 5 tahun. Bersyukur banget saya Gudako di sini ga ngikut versi Riyo, jadi kita dapet paket Bestiality dan bukan NTR yuri lagi. Di aspek yang saya telat banget nyadar tuh gedung Chaldea yang punya bentuk C selama ini.

Saya juga ada firasat ini karakternya Canna Nobutoshi dibanyakin biar gampang koordinasi castingnya.

Ochikobore Fruit Tart 12 (End)

Kaczmarek

Ke-sengklek-an masing-masing karakter kini sudah tak perlu disembunyikan. Bukan akhir yang terasa seperti klimaks, melainkan hanya “jembatan” dengan arc berikutnya. Kalau disuruh memberi rating, saya kasih 7/10 dari sisi skenario, 8/10 dari sisi grafis, dan 8/10 untuk pengarahan suara karakter. Kenyamanan nonton seri idol ini adalah visual animasi yang tidak membosankan dan masing-masing karakter yang memiliki kepribadian unik (atau sengklek). 2D dancing scene juga menjadi faktor utama dari kenyamanan tersebut. Karakter favorit? Ok, saya pilih Nina. Ino, Tone dan Riri. Alasannya? Bisa ditebak sendiri ya hehe.

Strike the Blood IV 07-08

Kaczmarek

Gak gak gak, saya gak mau bahas kenapa Yukina, Kasuko, sama Kanon berpikir seperti itu untuk menyembuhkan luka Kojou. Namun dalam dunia mereka, cara ini dianggap efektif. Tahu sendiri kan dengan kemampuan Kojou sebagai 4th Primogenitor. Nah disinilah konflik internal mulai mengerucut. Shizuka dari LKO pengen Yukina untuk membunuh Avrora, Fall Gazer juga pengen ngebunuh dia, begitu juga dengan Yuiri. Namun Shio dan Yaze punya niat lain untuk paling tidak membawanya terlebih dahulu ke Kojou. Begitu juga dengan Sayaka, Gajou dan Mimori. Sebagian besar tujuan mereka adalah melepas Kojou dari keterpurukan pasca pertarungannya dengan The Blood. Namun sekali lagi, The Blood, Kojou dan Avrora ini masih berhubungan satu sama lain. Sehingga sekalipun ada yang mati, ada hal yang perlu dihindari demi menggapai tujuan masing-masing. Apa itu? Well, harus nunggu di paruh kedua arc Ressurection of Vampire Princess. Btw, tak sabar menanti Kisaki Kiriha dan Xana Rashka di adaptasi ini.

Arknights (EN)

Kaczmarek

75 pull sejauh ini. Beberapa operator notable yang didapet seperti Mostima, dan Silence. Dari yang banner dapet 1 W, dan 0 Weedy. That’s it. That’s the one. CC berikutnya nampak akan terasa berat nih.

Genshin Impact

Kaptain

Masih ga seneng sama Dragonspine. Tapi paling nggak farming ngabisin shop cuma butuh setengah jam main dan ini boss juga gampang digilas pake Amber & Shield Diona bisa nyuekin AoE musuh.

Fate/Grand Order

NA Server

Arrrrrrrttttsssss Liiiiiiiiiffffeeeeee~. Beda kayak lotto kemarin event kali ini maksa banget pemain buat nyantai selama mereka dah ngelarin LB3. Beni dapet dari tiket jadi paling 10 roll sekali aja nanti buat Li. Ga tertarik sama GSSR ngeliat saya dah dapet semua Servant yang dipinginin dari game ini.

Kantai Collection

Kaczmarek

Boom! Saya akhirnya terpaksa gak nge-event di musim ini. Namun paling tidak ada berita baik yang baru nongol di hari Minggu ini. Benar sekali, musim kedua (entah canon atau enggak) yang berfokus pada Shigure akan hadir tahun depan. Pengumuman ini juga tepat di hari dimana PV pertamanya dirilis. PV-nya sayangnya tidak diperlihatkan ke publik, sehingga mari menantikannya saja dalam setahun ini.

Winter 2020 Hype List

Singkatnya? Ada 5 seri RPG fantasi untuk membuka 2021 ini dan banyak banget sekuel seri besar yang maaf saja kalau saya (Kaptain) lewatin karena tau sendiri lah kalau saya prefer ngedorong seri baru. Jadi mari kita lihat beberapa sajian musim dingin ini.

Horimiya

Kaczmarek

Bagi yang sudah mengikuti manga-nya sejak dalam format 4-koma, adaptasi serial anime televisi ini nampak seperti penyegar dahaga 1 dekade terakhir. Serial romcom dengan material seinen ini bisa jadi one of the big names di musim dingin 2021. Untuk di Indonesia, manga-nya juga diterbitkan oleh Elex Media.

Log Horizon: Destruction of Round Table

Kaczmarek

Setelah tax farce oleh Mamare Touno (penulis novel Log Horizon), adaptasi musim ketiga anime dari novelnya kini bisa tayang di musim dingin ini. Masih dengan staf lamanya, dan dikerjakan oleh Studio Deen. Penantian enam tahun kini bisa terbayarkan.

Jaku-chara Tomozaki-kun

Kaczmarek

Yang sudah terbiasa menonton Oregairu, mungkin serial anime dari novel ini bisa jadi rekomendasi untuk musim dingin. Dengan slogan “menjadi normies” bagi sang protagonis, yang tentunya dengan dibantu teman-temannya. Bakal terasa cringe di beberapa momen, namun interaksi diantara mereka (di novelnya) cukup menghibur.

Kaifuku Jutsushi no Yarinaoshi

Kaczmarek

Salah satu serial novel yang cukup booming bagi para pembaca tersesat sejak tahun 2016/2017. Dengan konten yang cocok untuk studio TNK, dan desain karakter dari Junji Gotou (High School DxD, School Days), saya berharap adaptasi ini gak seperti “Kenzen Robo Daimidaler” yang terlalu mengedepankan konten FS-nya.

Non Non Biyori Nonstop

Kaczmarek

Could be the last, or not. Non Non Biyori Nonstop jadi anime musim dingin daripada musim panas/gugur adalah suatu hal yang saya anggap unik. Seperti adaptasi dua musim dan film sebelumnya, musim ketiga ini bakal jadi pelipur lara di awal tahun baru ini. Nantikan petualangan menghabiskan waktu dengan Ren-chon, Hotaru, Komari dan Natsumi!

Kumo Desu Ga

Kaptain

Sekarang 2021, dan saya nggak tahu apakah komunitas masih doyan sama genre “Status super lemah tapi TERNYATA KUAT BANGET BRUH!!!!” yang outputnya cukup banyak di pasar. In Kumo defense bagian awalnya emang beneran survival adventure dan masih ga tau juga porsi cerita antara Kumo & karakter lainnya bakal gimana dibaginya di adaptasi ini.

Mushoku Tensei

Kaptain

Punya “masalah” yang sama dengan Kumo di atas. Ini adalah seri Pondasi semacam Slime dan Bakarina untuk tema Isekai yang saya yakin bakal dibilang derivatif walaupun ini adalah pembentuk genrenya. Cukup susah juga diadaptasi melihat perjalanan Rudy itu panjang banget.

Urasekai Picnic

Kaptain

Saya singkat habis-habisan aja perbandingan sama Roadside Picnic & STALKER. Jadi kedua seri ini termasuk Urasekai punya aturan dasar yang sama: Cari tahu aturan main anomali yang ditemuin > ambil/gunain artifak yang nyebabin anomali > lari balik ke tempat aman dan berharap hasil jarahan cukup berharga buat biaya pensiun + suap karena masuk wilayah ilegal.

Urasekai lebih fokus ke Urban Legend dibandingkan dengan Alien atau Noosphere di dua seri di atas and of course hell a lot more gayer. Dari promo sih sound design cukup meyakinkan jadi paling nggak udah satu aspek yang saya cukup optimis di adaptasi ini.

Hataraku Saibou Black

hataraku saibou black

Kaptain

Kemungkinan saya bakal lebih nulis Black dibandingkan versi orisinalnya berhubung versi ini lebih “mendidik”. Atau lebih tepatnya lebih efektif minta penonton buat jaga kesehatan. Mungkin bakal lebih pelan jalan ceritanya ngeliat ada tambahan karakter khusus adaptasi ini.

Wonder Egg Priority

Kaptain

Awalnya ngelindur ngira ini seri orisinal PA Works ngeliat drama kontemporer itu sejarang ada spesialis lain. Cloverworks balik ngerjain sesuatu yang lebih deket ke spesialisasi mereka berhubung agaknya udah bisa lebih nyantai dari Fate

Back Arrow

back arrow

Kaptain

Kebalikan seri di atas. Ini veteran Sunrise sama Gainax ngapain pada di Voln. Fantasy Wild West itu genre yang saya punya sentimen positif dan harapan ketinggian saya sih kita bisa dapet versi modern Gun X Sword.

EX-ARM

Kaczmarek

“Hahahahahahaha” adalah reaksi pertama yang saya keluarkan pasca video promosi pertamanya dirilis. Animasinya memang menggunakan 3D, namun saya mencoba stick with it hingga ketertarikan saya melemah.

World Witches Hasshin-Shimasu

Kaczmarek

Berbeda dengan musim pertamanya, kali ini serial chibi spin-off dari franchise World Witches ini menggabungkan dua kubu yakni 501st dan 502nd. Dari penuturan stafnya, setting yang digunakan berbeda dalam tiap segmen JFW, sehingga kemungkinan mereka tidak satu latar dan kesempatan pertemuannya sangat kecil. Namun kali aja stafnya punya momen khusus untuk kedua JFW agar bisa bertemu (walau gak canon).

Ore dake Haireru Kakushi Dungeon

Kaczmarek

Ini jadi debut bagi studio Okuruto Noboru dalam menggarap anime televisi musiman. Setelah sebelumnya mereka mengerjakan OVA dari “Choujigen Game Neptune” dan yang bakal rilis bulan ini, “Planetarian: Snow Globe”. Untuk ukuran proyek OVA, saya optimis kualitas Kakushi Dungeon bisa di atas perkiraan penggemar. Itu jika mereka tetap menjaga kualitas animasinya seperti di video promosinya.

Yuru Camp S2

Yang gaboleh terlewat di musim dingin. Setelah tahun lalu disajikan dengan serial pendek dan adaptasi drama live action-nya, kali ini giliran musim kedua anime televisinya. Dengan kehadiran karakter terbaru, nantikan kelucuan para karakter ini!

Sekian JOI Spotlight kali ini. Ngeles rutin seperti “kami nonton, cuma nggak diomongin aja di sini” masih berlaku dan mari kita berharap 2021 ini bisa lebih baik aspek poduksinya.

Header: Senchat