[JOI Spotlight] Entering Winter Season 2021

January 10, 2021 7:16 pm
[JOI Spotlight] Entering Winter Season 2021

Selamat datang di JOI Spotlight pembuka musim dingin 2021 ini. Saatnya para staf mengumpulkan seri baru musim ini dan memberi penilaian awal untuk debut mereka.

Urasekai Picnic 01

What’s this?

2 друг

Kaptain

Kita mulai dari yang bagus dulu. Sesuai harapan dari promonya, staf audio tahu soal materi yang mereka kerjain. Berita buruknya ya untuk kalian yang ngarep sci-fi horror, karena staf lebih milih untuk ngeadaptasi ini sebagai supernatural yuri adventure. Makanya itikad baik saya agak terluka karena keputusan ini.

Hataraku Saibou Black 01

What’s this?

Hell

Kaptain

Masih ngeyel ga ngerawat badan? Hell it is. Anime yang saya bilang lebih efektif di aspek edukasional dan saya liat budgetnya juga lebih ngebut. Wajar aja sih ngeliat versi orisinal tuh nunjukin badan yang “normal” dan diasumsikan tuh badan anak kecil sementara Black nyeritain badan dan mental yang hancur, makanya insiden yang ada itu lebih “asik”.

Ini juga saya lihat sebagai adaptasi yang bagus. Ngeliat versi manga-nya itu jalan ceritanya dari satu bencana ke bencana lain, dan anime ini cukup punya inisiatif buat ngasih downtime. Karakter perwakilan tiap sel juga dibanyakin.

Back Arrow 01

What’s this?

Modern Gun X Sword

Kaptain

Bersyukur banget saya ini beneran Gun X Sword modern. Pesimisme saya soal kualitas produksi VOLN emang terjadi dan saya mesti berenti ngarep mecha 2D di luar Sunrise, tapi penyutradaraannya yang energetik and the glorious stupidity ngebuat ini jadi seri baru yang enak banget buat ditonton.

Yuru Camp S2 01

Kaptain

Yang mesti diomongin ya apa. Ini bukan kritik karena season 2 masih bagus dan jelas staf produksi juga masih berdedikasi kok untuk nunjukin dengan baik tempat wisata alam JP sana. Seperti biasa ya siapin pop mie/kare pas nonton.

Tenchi Souzou Design-bu 01

What’s this?

Anime Tier Zoo

Kaptain

Ini berarti dalam sehari ada 3 anime pelajaran biologi. Selain edukasional, yang bikin enak ditonton ya konflik internal para desainer yang nge-buff dan nge-nerf unit mereka tergantung meta di bumi. Sampe Galapagos di sini dah resmi jadi server khusus testing.

Jaku-chara Tomozaki-kun 01

What’s this?

HEXatcly, life is a garbage game, until…..

Kaczmarek

Mengingat obrolan dan story telling dari material novelnya ini penuh dengan detail yang menarik, saya berharap sang sutradara dan staf lainnya tidak asal memotong skenarionya. Paling tidak, ada yang dirampingkan, namun tidak menghilangkan ciri khas obrolan ngalur ngidul Aoi dan Tomozaki. Dari episode pertamanya, impresi saya cukup berkesan terutama dari animasi pembuka serta pembicaraan Aoi dan Tomozaki itu sendiri. Ngajarin orang biar bisa percaya diri dalam bersosialisasi memang sulit, namun mari nantikan perjuangan dari Tomozaki sendiri.

Kakushi Dungeon 01

What’s this?

Your seasonal trashy series

Kaczmarek

Secara kualitas animasi, saya percaya dengan Okuruto Noboru. Di episode pertama ini, saya tidak dikecewakan soal itu, apalagi animasi penutupnya. Untuk serial yang cukup trashy ini, membumbungkan aspek skenario bukan hal yang saya utamakan. Saya lebih penasaran bagaimana staf-staf  membungkus adaptasi ini jadi lebih enak ditonton daripada dibaca. Kenta Oonishi menjalani debut sebagai sutradara di seri ini. Ia juga didukung oleh Kenta Ihara, penyusun skenario yang punya pengalaman dalam anime Vinland Saga, Youjo Senki, dan Shinchou Yuusha.

Dari material novelnya, anime ini sudah dipastikan penuh dengan fanservice. Sehingga bagi kalian yang sudah capek sama material semacam ini, dapat saya persilahkan untuk tidak menontonnya. Atau malah kalian penasaran dengan material tersebut? Jika memutuskan untuk melanjutkannya, mohon persiapkan dengan mengunci pintu kamar dan jendela.

Yuragi-sou no Yuuna-san OVA 04

Kaczmarek

Well, beruntung saya menonton ini bukan di saat keluarga lagi pada ngumpul. Saat orang dewasa akan menganggap “tontonan apa ini”, sementara yang muda mengomentari “kartun apa mas?”. Saya bahagia bisa melihat karakter seperti Hiougi, Ameno, Mikogami, Todoroki, Harumu dan Miria tampil dalam adaptasi anime-nya. Namun yang tentunya yang saya sayangkan adalah mereka muncul tidak dalam serial televisinya, yang tentunya butuh satu atau dua cour lagi untuk menampilkan mereka. Duh Hiougi, pengen denger Sora Amamiya di serial televisinya arghh. Dengan ini menutup (kemungkinan) adanya OVA terbaru, dikarenakan tamatnya serial manga-nya. Tadahiro Miura-sensei, terima kasih atas lima tahun terakhir ini.

Horimiya 01

What’s this?

Your romcom of the decade finally gets it’s own TV anime series

Kaczmarek

Bagaimana memulai episode ini? Dengan Kenjirou Tsuda ngomong dia demen cewek pettan. Well, at least Yasuda-sensei could be a great man of taste. Kita langsung dikenalin sisi lain dari masing-masing Hori dan Miyamura. Satu fakta bagi Hori saat Miyamura mengatakan hal cringy, yaitu:

Kimi: Bwoah
Ilott: Bwark

Hori: Bwakabwakabwakabwakabwakabwakabwakabwakabwakwa

Panel Hori marah-marah disini dianimasikan sangat baik, bahkan diluar perkiraan hahahaha. Anime ini dapat kalian tonton secara premium di Sushiroll!

Go-Toubun no Hanayome ∬ 01

What’s this?

Partai Siaran Tunda

Kaczmarek

Huh, saya mengira bakal ada chopping habis-habisan untuk musim kedua ini. Dengan awal episode seperti itu, kemungkinan besar apa yang saya kira bakal beneran terjadi. Hal positif yang saya sukai disini adalah desain karakternya yang lebih membaik daripada versi Tezuka Productions. But anyway, love the direction so far! Dari frame to frame, belum ada insiden“Wide Nino” disini. Dari anime ini juga jadi pembuktian (sepertinya) bagi Bibury Animation Studios masih memiliki taji untuk memproduksi anime musiman, setelah Azur Lane lalu. Yes, first Azur Lane anime is real!

Sk8 the Infinity 01

Kaptain

Oke. Ini anime tentang balapan Skateboard yang mematikan tapi twist terbesar episodenya tuh superpower salah satu karakter: “Being Canadian”. Pembuka yang kuat buat seri orisinal dan saya punya respek besar sama seri yang ngasih montage gimana olahraga seri tersebut bakal ngebunuh pemainnya sebagai ending.

Iya emang daftar karakternya mayoritas tuh isinya pada ganteng semua, tapi untung aja tipe komedinya itu masih khas sport shounen.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 14

Kaczmarek

Akhirnya ditunjukin di awal mengenai Ooishi ngamuk di Watanagashi Festival. Seperti yang diceritakan Rena di episode sebelumnya, Ooishi menembaki warga serta membunuh Rika dengan tongkat bisbol. Hal yang membingungkan berikutnya, Hanyuu sudah kehabisan waktu dan tenaga untuk mempertahankan fragmen itu? Ini hal baru bagi saya yang gak nyelesain novel visualnya. Kemungkinan besar Akasaka bakal nongol di arc ini, karena seperti yang dikatakan Hanyuu, Rika harus membunuh seseorang untuk menyelamatkan diri dari loop ini. Saya curiga istrinya bakal jadi korban (lagi).

Arknights (EN)

Kaczmarek

W dan Weedy udah dapet. Sekarang fokus E-2 dan mastery Weedy sama Liskarm. Farming, farming, dan farming. CC Blade Februari, jadi persiapan untuk bener-bener clearing stage ini kudu mateng. Anyway, ada teman saya di forum sebelah nanyain gini, “Apakah Weedy pakai pantsu?”, dan saya cuma bisa “uhm, bentar gue cek dek dulu.”

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Well, yes mbah Arts Assassin, situ boleh masuk Arts Chaldea. Saya apresiasi event kali ini yang nggak hanya ngasih cerita yang utuh dan seimbang di komedi dan pathos, tapi juga ngasih Fionn; karakter yang pada dasarnya itu Irish King Arthur; momen karakter yang keren.

Seperti biasa di tiap awal musim, masih banyak seri yang kami lewatin debutnya. Nantikan lebih banyak seri yang diperkenalkan di minggu depan.

Header: season_rain_g