[JOI Spotlight] The Big Edition

January 17, 2021 7:16 pm
[JOI Spotlight] The Big Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang masih melihat-lihat seri yang memberi staf cukup minat untuk memberikan impresi tiap minggunya. Ini cari kami buat ngeles ngelewatin beberapa seri karena apa perlu sih saya ngasih tahu pembaca budiman kalau Yuru Camp itu masih bagus. Seperti biasa berikut adalah seri lain yang bukan Yuru Camp untuk minggu ini.

Mushoku Tensei 01

What’s this?

Sesungguhnya ini bukan bapak “Isekai”

Kaczmarek

Saya gak ngira offscreen sex Paul sama Zenith bakal disuarakan sampe seniat itu. Ya, tentunya ini cukup membuat saya kaget karena saya pake speaker nontonnya hahahahaha. Well animated, really great voiced, OF COURSE WHO DOESN”T WANT TO HEAR HISAKO KANEMOTO’S MOANING FFS! Bagi yang gak sadar atau gak tahu, Sugita hanya menjadi suara masa lalu Rudeus (dan sebagai suara dalam kepalanya), sedangkan untuk suara yang diucapkan di dunia barunya adalah dari Yumi Uchiyama. Animasi Roxy saat menggerak-gerakan kepalanya ini bikin saya “wow” di dalam hati. Animator pastinya harus menyesuaikan postur Roxy sebelum melakukan perekaman gerakan kepala itu, dan menurut saya itu sangat baik dan akurat.

Urasekai Picnic 02

Kaptain

Referensi langsung buat seri seniornya, dengan konspirasi, zone, noosphere, dan baut buat ngedeteksi anomali. Saya dah ke titik di mana saya merasa nggak dapet nilai tambah yang berarti dari adaptasi ini dan Wonder Egg dibawah juga dah menuhin kebutuhan saya buat Supernatural Yuri Adventure yang protagnya punya Heterochromia.

Wonder Egg Priority 01

What’s this?

Depressing Flip Flappers

Kaptain

Satu lagi surprise hit musim ini. Gacha buat dapetin misi nyelametin nyawa jujur aja tuh konsep yang menarik dan walaupun pas di spotlight lalu saya emang pesimis, saya seneng bisa salah karena ini episode pertama yang kuat banget.

Saya juga ngarep ini aspek supernaturalnya ga dijelasin. Udah cukup kita tahu kalau ada cara buat ngidupin orang yang udah mati dan aturan main dunianya udah ditunjukin.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 15

Kaczmarek

No no no, NO! Ryuukishi07 kampret memang, sampe orang yang gapernah kena syndrome jadi ikut-ikutan kena. Akasaka, Akane, dan Kimiyoshi (pengecualian buat Keiichi) yang biasa jadi ally disini berubah jadi enemy. Hal yang terasa aneh disini adalah tanggal yang muncul di setiap loop, yang membuat saya berpikir bahwa ini keempat kegagalan Rika ini semuanya adalah bad ending dari arc tertentu. Entah ini teaser atau bagaimana, namun saya sendiri gak ingat ada ending semacam ini di gamenya. Let me know if you guys know about it.

Hataraku Saibou Black 02

Kaptain

Bagian awalnya diadaptasi dari chapter bonusnya jadi paling nggak ada sumber lain buat manjangin badan ini ke satu musim. Berita bagus, kopi bagus buat kesehatan liver jadi ngejaga kesehatan klub dalam tubuh kita itu lebih viable. Then again ya saran kayak banyakin sayur sama olahraga rutin tuh berlaku juga sih.

Satu lagi aspek yang saya suka soal format Black, kondisi Badan kali ini itu punya cerita yang berkelanjutan karena sekali lagi kondisi badan bakal terus memburuk. Emang ini udah tipikal badan yang kena stres berat tapi makin kedepannya bakal ada misteri kayak kenapa ada “operasi” tertentu yang terjadi ke badan.

Jujutsu Kaisen 14

Kaptain

Lagu tema baru yang sayangnya ga sebagus cour sebelumnya, bukan berarti yang baru jelek, cuma yang kemaren emang kebagusan. Masih seneng aja sih opening tetep ngasih “jebakan” buat mereka yang nonton ekslusif anime-nya aja. Okkotsu juga dapet bagian dan sekali lagi di episode ini minta penonton buat baca volume 0. Selagi ada minggu istirahat juga saya ngecek ulang manga dan nih orang keberadannnya emang lebih lebih kuat ngelihat staf anime ngasih adegan yang nunjukin wujudnya dia, ga cuma nyebut nama di dialog aja.

Sesuai tradisi saatnya Ujian Chuunin Interclass Battle Kompetisi Kyoto dimulai. Aturan “main” emang udah diungkap tapi yang jadi masalah ya apakah tim Tokyo cepet sadar kalau tim Kyoto cuma main buat ngebunuh Yuuji aja.

Kakushi Dungeon 02

Kaczmarek

Setelah Ishuzoku Reviewers, seri ini jadi alasan mengapa ASMR seiyuu Miyu Tomita itu dibutuhkan. Saya gak terlalu peduli sama ceritanya, karena yang saya peduliin hanya beberapa detail yang ditunggu-tunggu untuk dianimasikan. Sejauh ini baru gigitan telinga ini yang cukup memuaskan, dan masih banyak detail lainnya yang saya tunggu-tunggu.

Log Horizon: DORT 01

What’s this?

Tax Evasion become Promise Redemption

Kaczmarek

“Honesty”, more like “Honestly”. Langsung saja gak main-main atau basa-basi, perpecahan dalam meja bundar sudah mendapatkan highlight. Hal yang mungkin terjadi dan tentunya bisa jadi awal yang baru. Mereka pecah pun tetap ada kesatuan yang seharusnya bisa terwujud di akhir arc ini. Please note, ini musim hanya 1 cour.

Back Arrow 02

Kaptain

Sesuai mandat genre ini, White Base seri ini udah didapetin dan ngeliat preview semua faksi yang kebetulan ada di desa kayaknya kena wamil buat jadi kru kapal baru ini. Tergantung tipe kapal paling juga saya bakal diteriakin “Ini Xabungle cuk”. Ini juga pas banget konflikanya sama polisi ngeliat tema propinsi sekarang itu Not-America.

Ini emang seri Super Robot yang by the number, namun bagusnya sejauh ini emang staf produksi tahu cara eksekusi klisenya secara efektif, cuma sampai sekarang saya masih susah nolerir kepala negara yang kelewat naif. Ngarep ini cuma pura-pura aja juga tuh kelewat optimistik,

Jaku-chara Tomozaki-kun 02

Man, the yuri bait-nya

Kaczmarek

Onitada time! Progresi yang cukup cepat bagi Tomozaki untuk blending dengan grup tersebut. Beruntung Mimimi, Hanabi dan Tama (Hanabi) disini bisa suportif. Episode ini juga menjadi highlight bagi Mimimi dengan senyuman dan respon positifnya. Tipe genki yang percaya bahwa segala situasi dapat menggunakan senyuman dalam menghadapinya. Waifu war? Meh, saya gak ngarepin banyak untuk itu di seri ini. Namun setelah membaca novelnya hingga volume kelima, saya sudah pasti memilih Mimimi.

Hal penting yang perlu diumumkan, studio Project No. 9 yang mengadaptasi novel ini menjadi anime, nampaknya bakal fokus ke thigh shot untuk urusan fanservice. Tidak seperti 8bit yang selalu soal bemper.

Ok, Yuki Yaku (penulis novel ini) sebelumnya mengakui bahwa harga BD/DVD anime ini terbilang mahal karena satu volume berisi dua episode saja. Untuk bagi yang memiliki kantong pelajar, sangat sulit untuk membeli BD/DVD edisi pertamanya. Yaku-sensei juga menyebut bahwa tidak perlu dipaksakan untuk membelinya jika dianggap terlalu mahal.

World Witches Hasshin Shimasu! 01

What’s this?

Comical side of 501st and 502nd

Kaczmarek

Saya sendiri penasaran dengan kontak antara Yoshika dan keluarganya di Fusou. Apakah dirinya sering kontak via pesan atau tidak? Dengan adanya telepon itu, saya menyadari bahwa Yoshika masih sering mengontak ibunya. Di spin off ini sebenarnya jadi ajang all out bagi para seiyuu-seiyuu witches. Rie Tanaka juga makin terdengar suara khasnya, Mie Sonozaki makin garang sebagai Bakhorn, dan Sakura Nogawa bisa menunjukan sisi lugunya sebagai Erica. Michiko Yamakawa akhirnya nongol lagi setelah berapa tahun ini? 6? Kalau gasalah terakhir di Operation Victory Arrow.

Non Non Biyori: Nonstop 01

What’s this?

S.L.E.E.P

Kaczmarek

Nonton ini di siang hari yang panas sambil tiduran di kasur, otomatis langsung ketiduran. Itu boneka dari selotipnya entah kenapa serem juga keliatannya. Di episode pertama ini, karakter terbaru Akane Shimoda akhirnya debut. Fujimiya juga kembali walau seiyuu-nya sudah tiga tahun terakhir gaada kabar. Namun beruntung ia bisa kembali di proyek ini.

Kaifuku Jutsushi no Yarinaoshi 01

What’s this?

Not your safe for work adaptation

Kaczmarek

Maid yang bersenggama di awal dengan Keyaru cukup berubah desainnya. Suara maid ini cukup familiar, namun saya tidak ingat namanya. Mereka (staf) juga gak memberikan informasi mengapa maid itu ngajak Keyaru untuk bersenggama. Out of nowhere, langsung steal aja. But anyway, sex scene disini dapat mendefinisikan bahwa adaptasi ini termasuk ecchi berat, namun tidak dalam ranah H. Nge-bend genre semacam ini sudah jadi tradisi di tiap dekadenya dan di awal tahun ini, staf TNK berusaha untuk mendorongnya lebih jauh lagi. Rui Tsukiyo juga udah bilang bahwa episode keduanya bakal “berbahaya”, namun baik bagi si Keyaru.

Horimiya 02

Kaczmarek

Klise nyari nama depan ini emang gak ada habisnya. Hori diabisin di episode ini dari nyanyi anison, emaknya yang nanyain Miyamura, ucapan adeknya makin brutal, ditambah ada sesuatu dengan ketua OSIS. Hori juga mendukung kesetaraan gender dengan mengintip siswa laki-laki kelasnya di ruang ganti.

Kaptain

Mari kita ngomong soal nilai tambah utama adaptasi. Ini warna rambut yang lebih variatif akhirnya ngebuat saya bisa ngebedain para karakter. Ini juga format “Sketsa” buat ceritanya mastiin dramanya nggak kelamaan.

SK8 02

Kaptain

Untuk sebuah seri olahraga, biasanya sih aturan dan manuver dasar olahraganya bakal diajarin dulu, tapi seri ini agaknya ngerasa kalau Ollie itu kata umum. Ini bukan komplain gede ngeliat dari yang udah ditunjukin episode nih term maksudnya ya “Lompat”.

Seneng saya sama kehidupan sipil para Death Skater, sesuatu yang Kengan Ashura juga lakuin dengan baik. Udah nebak sih Shadow pasti punya kerjaan di industri yang butuh banyak banget kesopanan.

Genshin Impact

Kaptain

Seperti yang dah dibilang kemaren, tau emang Ganyu ini secara efektif punya 100% uptime buat Burst dia tapi saya ga ada insentif buat narik Cryo bow dan lebih milih liat dulu situasi pas Geo dapet buff nanti. Ga ngegubris lagi misi yang ada sampe Februari.

Anyway, Event kali ini tuh seperti biasa di game macem gini punya sistem Modifier/Limiter/Idol/Pact of Punishment/Penitence yang emang udah tipikal tapi efektif buat konten. Tapi ya musuhnya cuma Cube jadi masak ya kerepotan. Nantikan implementasi tipe gameplay yang nggak pernah dilakuin mobage: Tower Defense. Ini Liyue sebagai negara kontrak juga masak ga nyiapin kontingensi buat pertahanan internal dan mesti outsource ke pihat ketiga.

Girls Frontline

Kaptain

Ini perasaan saya aja atau playerbase pada ke-filter sama Gladiator/Roarer. To be fair ya ini playerbase udah cukup “pinter” buat nimbun material tapi ya hasilnya ini Advanced Map jadi alot buat pemain yang lebih kasual gegara Echelon, HOC, dan Twin Fairy ga cukup.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Agaknya gue menyesal gak ngambil Siege pake certi kuning. Namun dengan SDM terbatas, nembus CC berikutnya jadi makin sulit. Tapi mengesampingkan event tersebut, kita dihadapkan dengan re-run Heart of Surging Flame Retrospection. Re-run ini juga gak baik bagi saya, karena saya belom punya Schwarz.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Dengan kehadiran perdana mayoritas seri musim ini, jadi tontonan mingguan kalian ngambi apa aja?

Header: GITOSHINN