[JOI Spotlight] Sense of Right & Wrong Edition

January 31, 2021 8:57 pm
[JOI Spotlight] Sense of Right & Wrong Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang tepat di akhir Januari ini. Saya bilang aja kalau pilihan header kali ini itu kebetulan relevansinya sama banjir pengumuman hari ini. Mari kita lihat impresi para staf untuk seri yang hadir pada minggu ini.

Mushoku Tensei 03

Kaczmarek

Yep Sylphiette moment. Karakter yang dianggep reverse trap oleh beberapa kalangan di serial novel ini. Di episode ini juga jadi awal bagi Paul untuk kena kritik pedas dari Rudeus, dan sayangnya ini adalah awal dari semuanya. Hal yang tentunya bakal jadi salah satu alasan terbentuknya cabang keluarga baru, meski saya sendiri kesal dengan caranya.

Log Horizon: DORT 03

Kaczmarek

Entah ini mau pake skema siapa. Eins dengan sokongan dari Saiguu atau menggunakan caranya sendiri. Tawaran privilege untuk Log Horizon dari Eins sebagai perwakilan dari pemerintahan Akiba bukan hal yang dianggap “bernilai”, mengingat banyak aset utama di kota ini masih dikuasai oleh RT. Jikapun Shiroe harus memecah RT, ada satu kesatuan yang lebih kuat untuk mengusung ancaman dari Timur. Episode berikutnya nampak bakal jadi keputusan bagi Shiroe dkk untuk menjalankan perannya dalam masalah politik ini. Ditambah Rayneshia sudah mulai sadar akan posisinya sendiri sepeninggal Krusty.

Kaifuku Jutsushi no Yarinaoishi 03

Kaczmarek

Once again, shrewd adaptation. Suara kopulasi yanng dipakai tentunya terasa familiar atau sering terdengar jika kalian sering membaca eroge. Saya berharap Mami Fujita, seiyuu dari Blade, makin reguler dapet peran karakter tomboy di seri-seri lainnya. And well well well, kita akhirnya diperkenalkan dengan Setsuna. Seiyuu? Shizuka Ishigami, yang mungkin dikenal sebagai seiyuu-nya Chen dari Arknights, Syr dari DanMachi, atau Ikumi dari Shokugeki no Souma. Untuk urusan “pengalaman” dalam memerankan adegan dewasa, Shizuka AKA Mei Hanazono sudah tak perlu dipertanyakan.

Wonder Egg Priority 03

Kaptain

Oke ini metode yang bagus banget buat ngasih remix ke resep ceritanya sejauh ini, ngebuat salah satu “penyelamat” bully/abuser jadi Ai dipaksa jadi lebih asertif buat ngadepin dia. Ini juga si guru konseling kemungkinan besar bakal jadi final boss. Ini tipe jabatan yang selalu aja dipegang antagonis utama cerita kayak gini.

Saya nyoba ngecek karya sebelumnya Nojima Shinji, that’s a lot of bleakness. Paling nggak ini ngekonfirmasi kalau anime emang punya opini rendah banget sama industri idol, baik para “produsen” dan fans mereka.

Hataraku Saibou Black 06

Kaptain

Oooof. Ini emang organ ditunjukin sebagai bangunan tapi itu batu ginjal tetep aja sakit diliatnya. Ada komentar kalau ginjal di sini lebih kuno akibat usia mereka dan seperti yang dijelasin episode, regenerasi nggak bisa dilakuin. Moral cerita: Banyakin minum air.

Jujutsu Kaisen 16

Reject Panda. Return to Monke.

Kaptain

Yah, Panda dijelasin. Ini secara teknis kita dapet Mecha Battle dan untungnya koreografi Tekken-nya masih bagus walaupun lebih banyak fokus di beam fight. Panda dapet banyak itikad baik dari saya berkat posisi “jadi manusia itu kelewat ngerepotin”. Makasih juga buat ngingetin kalau si “Kakak Perempuan” belum muncul sejauh ini.

Jaku-chara Tomozaki-kun 04

Kaczmarek

No more Jaku-chara, more like Kami-chara. Tomozaki sudah upgrade dengan cepat dibanding yang diperkirakan. Bonding dengan teman sekelasnya sudah terasa rekat, meski sering merasa dalam luar lingkaran. Intervensinya terhadap that useless Erika memang sudah patut dihadirkan karena saya berekspektasi Shuji akan menamparnya tanpa pandang bulu. Saya cukup menyayangkan Tomozaki gak ngajak Kikuchi untuk nonton, namun cukup berani juga dirinya untuk ngajak Hinami di date berikutnya.

World Witches Hashin-shimasu! 02-03

List target Yoshika

Kaczmarek

Inside jokenya tebel banget, dan intonasi setiap seiyuu karakternya udah gak bisa dikontrol. Disini Yoshika bisa dengan santainya menunjukan sisi bapak-bapaknya seperti Krupinski. Sementara Perinne horny hanya karena cardboard Mio jadi highlight utama dikarenakan jarang banget denger Miyuki Sawashiro seniat ini ngisi suara.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 17

Kaczmarek

Sebentar, ini Satoko kayak kerasukan seseorang. Entah ini ada hubungannya ama Rika atau gimana, namun gerak-geriknya menunjukan ada sosok yang sudah mengenal Rika sejak sebelum loop ini menimpanya. Kalo ini beneran berhubungan dengan Bernkastel vs. Lambdadelta, i’ll be blown away. Btw, itu pistol yang dipakai Satoko cukup familiar dengan arc paruh pertamanya.

Kakushi Dungeon 04

Kaczmarek

Akhirnya Luna datang dengan suara Akari Kitou-nya! Cleric berambut pink ini tentunya bisa jadi pilihan baru bagi Noir. Hal yang bikin saya keheranan adalah mengedit “life span” di skillnya Luna menjadi “finance”. Ya beruntungnya ada skill edit ini haha. Kita bisa menebak apa yang dilakukan Noir di epsiode berikutnya, namun yang paling saya nantikan adalah episode khusus Alice nantinya.

Horimiya 04

Kaczmarek

Saya punya softspot untuk Hori dan Sakura di serial ini. Teruntuk Sakura, perasaan insecure yang sudah keliatan di episode ini bisa jadi potensi untuk mendapatkan Tooru. Melihat Tooru sendiri cukup terhimpit dengan posisi Hori dan Miyamura, akankah Sakura bakal mendapatkan Tooru di waktu yang akan datang? Balik lagi ke Hori sakit demam, lagi-lagi out of nowhere Miyamura menyatakan perasaannya. Hal yang paling bikin saya pengen teriak adalah keduanya gabisa mengambil petunjuk itu dan merealisasikannya lebih cepat. Namun kita juga dihadapkan dengan keinginan Hori untuk tetap bersanding dengan Miyamura, dimana melangkah ke tahap yang serius dapat mengubah keadaan lingkungannya juga. Padahal saya yakin circle pertemanan mereka sudah tidak bisa menahan keduanya berhubungan lebih dekat.

TenSura 2nd Season 01-03

Kaczmarek

Jika kalian heran mengapa seri ini gak nongol disini sejak spotlight musim ini, hal ini dikarenakan saya orangnya gak bisa tahan untuk menonton sekaligus. But anyway, seri ini bakal masuk watchlist mingguan lagi karena sudah mulai masuk ke tahap menarik. Menarik disini dikarenakan Shion yang mabok (lagi), Shuna yang menampakkan wujud yandere-nya dan Gobta nosebleed. Saya menantikan konflik berikutnya yang sudah ditunggu-tunggu, IYKWIM.

Yuru Camp 2nd Season 02-04

Kaczmarek

Pengecualian di spotlight kali ini, tiga episode terakhir enak banget ditonton sambil nyeruput kopi sama ngunyah emping. Semoga gak asam urat aja sih. Toba-sensei dapet porsi lebih di awal malah bikin kangen suara Itou Shizuka, ditambah dengan episode keempat yang ngasih porsi untuk kakaknya Nadeshiko, Sakura. Kyaaa! Sakura-neesan!

Sk8 03

Kaptain

Oke, nih orang tuh Hisoka. Bagus aja sih ADAM ini langsung ditunjukin kenapa kepribadiannya nggak beres, yang wajar aja dengan situasi keluarga kayak gitu. Shadow sama Miya juga dah secara efektif masuk grup duo kita, dan mereka langsung punya dinamika yang bagus.

Sebagai seri olahraga sejauh ini trik yang ada itu viable dilakuin di dunia nyata, walaupun emang didramatisasi. Begitu juga dengan Love Hug ADAM yang untuk sekarang saya ngasih prediksi kalau ini tuh versi spesial dari Pumping.

Back Arrow 04

Kaptain

Di episode yang saya liat ga ngerti kenapa monarki absolut macem Rekka disebut Republik, jadi saya liat ini sebagai translator yang salah ngerti. Sebagai Monarki juga si Kaisar ngeliat dinding sebagai simbol kekuasaan dia, jadi Shu Bi punya insentif buat ngancurin tuh dinding dengan ngebantu kelompok pengungsi kita ini. Sayang aja Ren ga ikutan sama faksi baru ini.

Agak ngeselin aja sih sama skill mecha yang tiap episode sejauh ini bikin baru mulu, tapi to be fair salah satu misi Shu juga ya buat nyelidikin gimana Alien kayak Arrow ngerusak aturan teknologi ini. Saya juga bakal mulai ngasih prediksi kalau dunianya ini artifisial, ngeliat aliran metal cair di bawah tanah jelas ga alami.

Arknights (EN)

Kaczmarek

KYAAAA SKADI! Dan saya gak nuker certi kuning kemarin. Re-run event berakhir dan hal yang paling kudu disiapin sebelum CC berikutnya adalah waktu lowong dan internet lancar. Berharap T*lk*m gak ngeganggu event berikutnya itu.

Girls Fronline

Kaptain

Chapter 12 & Emergency kelar. Kalau kedepannya Story Chapter dipake buat klarifikasi dan nutup lubang di cerita, saya bakal seneng. Untung aja sih Dandelion udah ditunjukin bakal bisa ke medan perang di stream kemarin, karena ini yang saya pinginin terjadi ngeliat dia itu secret MVP yang ngejaga mayoritas karakter tetep idup.

Ini juga Theater tinggal nanti malem sama besok, dan saya cuma ga banyak yang numpahin point di hari terakhir. Tapi ya ini bukan berarti udah bisa santai. Saatnya kolab sama seri dengan dunia yang udah ancur karena wabah penyakit.

Priconne EN

Kaptain

Dapet Jun. You get to live for now game. Cuma uniknya ini lebih pendek tanggal Bannernya jadi antara Crunchy mulai bandel atau ada akselerasi jadwal. Berhubung saya masih ada cukup stok saatnya nabung buat Kyouka.

Sekian JOI Spotlight yang lebih malem dari biasanya ini. Jadi apa aja kesan kalian untuk seri yang sudah hadir pada minggu ini?

Header: sabcoo