Signal.MD Dituduh Gagal Membayar Upah Animatornya

February 1, 2021 6:26 pm
Signal.MD Dituduh Gagal Membayar Upah Animatornya

Situs J-Cast News melaporkan Jumat lalu bahwa studio animasi Signal.MD menerima pemberitahuan dari Komisi Dagang Jepang pada 19 Januari yang menginformasikan perusahaan kegagalannya untuk memberikan kompensasi yang sesuai kepada animator subkontrak Shiro Kudaka untuk pekerjaan yang sebelumnya dilakukan animator untuk studio tersebut.

Menurut pernyataan Kudaka kepada J-Cast News, ia telah bekerja dengan Signal.MD di sebuah anime televisi yang dimulai pada November 2019, anime itu sendiri dijadwalkan tayang perdana pada musim semi 2021. Ia menyatakan bahwa ia memiliki perjanjian lisan untuk menerima 360.000 yen untuk karyanya di anime, dengan 180.000 yen dibayarkan di muka. Setelah menyelesaikan pekerjaannya, dia mengklaim bahwa dia tidak dibayar sisa jumlah, dan faktur yang dia kirimkan pada Desember 2019 kemudian ditolak. Ketika dia menghubungi produser Signal.MD pada Januari berikutnya, produser tersebut diduga menolak untuk membayar lagi.

J-Cast News mengonfirmasi dengan perusahaan induk Signal.MD, IG Port, bahwa Signal.MD telah menerima pemberitahuan tersebut, dan mencatat bahwa perusahaan akan mengambil langkah-langkah untuk menangani masalah secara tepat dengan “pihak yang terlibat,” dan akan memastikan kepatuhan penuh terhadap hukum di seluruh perusahaannya.

Signal.MD adalah anak perusahaan dari Production IG dan Wit Studio di bawah IG Port, dan telah memproduksi anime seperti Napping Princess, The Wonderland, film pertama Fate/Grand Order Camelot. Anime TV musim dingin yang saat ini ditayangkan studio adalah MARS RED, dan anime TV musim semi mendatang yang dijadwalkan tayang perdana pada bulan April adalah Dragon, Ie wo Kau.

Sumber: ANN