Jepang Perpanjang Situasi Darurat Area Tokyo dan Osaka Selama 1 Bulan

February 2, 2021 5:07 pm
Jepang Perpanjang Situasi Darurat Area Tokyo dan Osaka Selama 1 Bulan

Pemerintah Jepang mengungkapkan pada hari Senin bahwa mereka berencana untuk memperpanjang status deklarasi darurat saat ini selama satu bulan lagi di prefektur Tokyo, Osaka, Hyogo, Kyoto, Aichi, Fukuoka, Gifu, Saitama, Kanagawa, dan Chiba.

Tingkat infeksi baru penyakit coronavirus COVID-19 telah menurun, rasio orang lanjut usia di antara yang terinfeksi telah meningkat. Pemerintah mengumumkan perpanjangan secara resmi pada Selasa ini, setelah mendengar pendapat dari panel ahli.

Dari 11 prefektur yang terkena dampak deklarasi awal pada Januari, pemerintah masih berencana mencabut situasi darurat di prefektur Tochigi, utara Tokyo. Keadaan darurat saat ini berlangsung hingga Minggu, 7 Februari, dan perpanjangan selama sebulan dapat menetapkan 7 Maret sebagai tanggal akhir yang baru.

Situasi darurat saat ini awalnya dimulai di Tokyo dan prefektur tetangga Saitama, Kanagawa, dan Chiba pada hari Jumat, 8 Januari. Pemerintah Jepang memperluas situasi ke tujuh prefektur lagi pada 13 Januari.

Situasi darurat mencakup delapan dari 10 prefektur dengan populasi terpadat di Jepang dan lebih dari setengah populasi negara.

Sumber: Japan Times