Yoko Taro Komentari Panduan Karya Fans yang Kontradiktif dengan Karyanya

February 5, 2021 3:35 pm
Yoko Taro Komentari Panduan Karya Fans yang Kontradiktif dengan Karyanya

Square Enix baru-baru ini telah menerbitkan panduan untuk karya derivatif buatan fans. Panduan melingkupi Nier Replicant, Nier Gestalt, Nier: Automata, Nier Re[in]carnation, dan Nier Replicant ver.1.22474487139… Secara efektif ini adalah panduan untuk seri secara keseluruhan.

Pedoman ini dibagi menjadi beberapa poin, melarang hal-hal seperti pembayaran untuk karya penggemar, penggunaan aset Nier dengan apa adanya (seperti ilustrasi, cerita, suara dalam game, dan musik), tracing desain dan gambar apa pun, dan mengklaim bahwa karya penggemar bersifat resmi. Pedoman lain termasuk melarang penggunaan Nier untuk aktivitas fitnah dan memberi tahu pembuat konten bahwa jika Square Enix meminta mereka untuk menarik pekerjaan mereka, mereka harus segera mematuhinya.

Satu bagian, secara khusus, menarik perhatian Yoko Taro selaku pencipta seri, yaitu pedoman nomor empat yang berbunyi: “Jangan merusak citra seri, melanggar moral publik, atau melanggar norma sosial yang ada”. Bagian pertama masuk akal, tetapi sisanya tampaknya membingungkannya.

Di Twitter, Yoko menulis, “Tampaknya pedoman untuk karya fans Nier termasuk, ‘Jangan melanggar moral publik atau melanggar norma sosial yang diterima.’ Saya telah menyatakannya secara terbuka, tetapi saya merasa Nier sendiri sudah melewati batas ini.”

Yoko sendiri sebagai kreator sangat simpatetik dengan karya fans. Sementara situasi industri saat ini tidak sehat untuk produksi karya fans.

Sumber: Kotaku