Jual Kartu SIM Kimetsu no Yaiba Palsu, Pria di Ibaraki Diringkus Polisi

February 8, 2021 12:36 pm
Jual Kartu SIM Kimetsu no Yaiba Palsu, Pria di Ibaraki Diringkus Polisi

Berita pelanggaran hak cipta kembali muncul terhadap franchise “Kimetsu no Yaiba“. Kepolisian Prefektur Ibaraki baru-baru ini menangkap seorang laki-laki berusia 42 tahun atas dugaan pelanggaran hak cipta. Pria ini diduga melakukan pencetakan kartu mirip seperti surat izin mengemudi dengan gambar karakter dari manga karya Koyoharu Gotouge tersebut.

Menurut keterangan kepolisian setempat, pria ini menjual sebuah kartu imitasi dari surat izin mengemudi seharga 1.000 yen secara daring. Dilansir Yomiuri Shimbun, penjualan ilegal ini dilakukan sejak pertengahan bulan Desember 2019 hingga Februari 2020. Lebih lanjut lagi, pria tersebut diketahui tidak memiliki izin dari pihak pemilik hak cipta untuk memproduksi barang tersebut.

Saat ditanyai mengapa ia mencetak dan memperjualbelikan kartu tersebut, pria tersebut menjawab, “Saya pikir ini tidak ilegal”.

TBS News mengabarkan pada 5 Februari lalu, bahwa keuntungan yang didapatkan dari penjualan kartu ilegal ini mencapai tujuh juta yen. Angka ini didapatkannya dari bisnis ilegal tersebut yang dijalankan sejak Mei 2016 hingga Desember 2020. Polisi juga telah mengamankan barang bukti di kediaman sang terduga pelaku. Tak hanya dari serial “Kimetsu no Yaiba“, ditemukan juga merchandise palsu dari franchise “BanG Dream!“, dan “Love Live!“.

Koyoharu Gotouge merilis manga “Kimetsu no Yaiba” di majalah Weekly Shonen Jump pada Februari 2016 dan berakhir pada 18 Mei 2020. Shueisha telah menerbitkan volume ke-20 pada 13 Mei lalu, sementara volume ke-21nya terbit pada 3 Juli 2020. Sebuah manga dan dua novel cerita sampingan juga sudah dirilis. Manga Kimetsu no Yaiba: Tomioka Giyuu Gaiden” tampil dalam dua bab di majalah Weekly Shounen Jump pada 1 April dan 8 April 2019. Kemudian, novel “Kimetsu no Yaiba: Shiawase no Hana” telah diterbitkan pada 4 Februari 2019, dan novel “Kimetsu no Yaiba: Kataha no Chou” terbit pada 4 Oktober 2019.

Adaptasi anime telah ditayangkan pada April 2019 hingga September 2019 dengan jumlah 26 episode. Studio Ufotable menjadi penggarap animasinya. Sebuah sekuel berjudul “Kimetsu no Yaiba Movie: Mugen Ressha-hen” juga sudah tayang pada 16 Oktober 2020 di bioskop di Jepang. Film ini juga hadir di Indonesia via ODEX.

Sumber: Yomiuri Shimbun, TBS NEWS