Aktor dan Seiyuu Veteran Shuuichirou Moriyama Meninggal Dunia

February 9, 2021 18:18
Aktor dan Seiyuu Veteran Shuuichirou Moriyama Meninggal Dunia

Seiyuu dan aktor legendaris Shuuichirou Moriyama dikabarkan berpulang di usia 86 tahun. Agensi mengungkap bahwa mendiang meninggal dunia akibat dari penyakit pneumonia. Pihak agensi juga memberikan ucapan terima kasih kepada para penggemar dan pihak terkait atas dukungan untuk mendiang dalam 63 tahun karirnya.

Shuuichirou Moriyama lahir di Kota Nagoya, Prefektur Aichi pada 26 Juli 1934. Mendiang memiliki nama asli Hiroo Ootsuka. Bersama keluarganya, mendiang mengungsi Kota Inuyama saat masih Sekolah Dasar dan menghabiskan waktunya disana hingga lulus SMA Inuyama. Mendiang juga sempat berkuliah jurusan perfilman di Nihon University sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri. Di tahun 1957, mendiang memulai karirnya sebagai aktor dalam serial drama tokusatsuPlanet Prince“. Serial drama terakhir yang mendiang perankan sebelum tutup usia adalah “Asadora” yang tayang di tahun 2020.

Sebagai seorang seiyuu, Shuuichirou Moriyama memulai debutnya dengan memerankan karakter minor dalam animeBig X” karya Osamu Tezuka. Anime ini mengudara pada tahun 1964. Walau tidak secara reguler menjadi seorang seiyuu di tiap tahunnya, mendiang dapatkan peran utama sebagai karakter Porco Rosso dalam film anime buatan Studio Ghibli yang berjudul “Kurenai no Buta“. Film ini mulai diputar di bioskop di Jepang pada 18 Juli 1992 dan telah mendapatkan perilisan global. Peran anime terakhir mendiang adalah sebagai ancestor dalam film anime pendek, “THE ANCESTOR” yang diproduksi 6pucks pada tahun 2017.

Porco Rosso dari “Kurenai no Buta” (c) Studio Ghibli

Selama karirnya, Shuuichirou Moriyama juga membuka agensi sendiri bernama Office Moriyama yang bertempat di Tokyo Metropolis. Dalam situs agensinya, diungkap bahwa ia menyukai olahraga bisbol dan permainan mahjong.

Kami segenap kru Jurnal Otaku Indonesia turut berduka cita atas kepergian salah satu aktor dan seiyuu legendaris ini.

© Suuichiro Moriyama 

Sumber: Comic Natalie