Shirou Kudaka, Animator Naruto Dipenjara Akibat Berkendara Tanpa SIM

February 10, 2021 1:03 pm
Shirou Kudaka, Animator Naruto Dipenjara Akibat Berkendara Tanpa SIM

Pengadilan Distrik Tokyo cabang Tachikawa resmi menjatuhkan pidana kurungan empat bulan untuk Shirou Kudaka, animator yang pernah terlibat dalam proyek besar seperti “Naruto Shippuden” dan “Shinseiki Evangelion“. Kudaka dijerat pasal pelanggaran lalu lintas setelah ditangkap akibat mengendarai mobil tanpa memiliki SIM.

Shirou Kudaka diketahui tidak memiliki SIM saat mengedarai mobil di Kitanomachi, Kota Hachiouji, Metropolis Tokyo pada malam hari, 20 Juni 2020. Diketahui bahwa Kudaka juga tengah dalam masa percobaan dalam kasus lainnya.

Animator senior ini juga merilis pernyataan terkait penahanannya. Kudaka membuat twit, “Kami memohon maaf kepada pihak terkait dan masyarakat Jepang karena melakukan kejahatan sosial. Saya menyesal. Saya memiliki perasaan kuat untuk menyesal. Di penjara, saya akan mencurahkan penyesalan saya lebih tegas.”

Shirou Kudaka lahir pada 8 Mei 1965 di Kota Naha, Prefektur Okinawa. Sebelum bekerja sebagai animator, ia belajar di bawah didikan Masaharu Endou, animator dan penulis skrip “Ninja Hattori-kun“. Bergabung dengan studio Panmedia di tahun 1983, kemudian ia berpindah ke Studio Pierrot di tahun 1985. Proyek anime pertamanya adalah “Mahou no Yousei Persia” di tahun 1985 sebagai animator in-between.

Semenjak bergabung Studio Pierrot, Shirou Kudaka secara reguler terlibat dalam adaptasi anime di tiap tahunnya. Tak hanya dalam proyek anime yang dikerjakan studio tersebut, Kodaka juga terlibat dalam proyek anime di studio lain seperti:

  • Shinseiki Evangelion (Gainax & Tatsunoko Production)
  • City Hunter (Sunrise)
  • TRIGUN (Madhouse)
  • Inazuma Eleven (OLM)
  • Pokémon Heroes: Latios and Latias (OLM)
  • Durarara (Shuka)
  • Kuma Kuma Kuma Bear (EMT Squared)

Banner: Okinawa Times

Sumber: ANN, Mainichi Shimbun