[JOI Spotlight] Monster Size Edition

February 14, 2021 7:57 pm
[JOI Spotlight] Monster Size Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang tepat di Valentine ini. Seperti biasa mari kita lihat impresi para staf JOI untuk berbagai seri di minggu ini.

Wonder Egg Priority 05

Kaptain

Aturan main dunianya Neiru masih belum jelas melihat status traumanya dia yang extra parah. Lukanya dia juga jelas nggak diakibatin sama satu tusukan aja. Momoe fix satu keluarga sama si guru yang di titik ini tuh pertanyaannya di seberapa parah kejahatannya dia, karena dari aksi episode ini tuh dia dah kayak pembunuh berantai yang nyelupin korbannya di parafin.

Soal uneg-uneg saya kemarin tentang opininya kedua Acca juga sampai direspon sutradaranya. Ngekonfirmasi kalau iya, karakter yang mencurigakan banget ini punya opini yang jelek. Seneng aja saya diskusi grup kita kali ini itu sejalan sama diskusi penontonnya yang jelas punya hipotesis tentang gimana Koito mati dan trauma masing-masing karakter. Lucu aja sih Rika dari mulutnya sendiri ngaku dia bikin perkara biar topiknya bisa jalan.

Hataraku Saibou Black 08

Kaptain

Yak, nih badan udah kehabisan pertahanan. Ngeliat si 2 asisten Neutrophil punya lebih banyak peran di sini rada risih aja tiba-tiba mereka ngilang di adaptasi gara-gara plotpoint ini. Walaupun ini fokusnya ke sel, bau itu jadi faktor jadi aneh aja ini ada dua gunung mayat tapi para karakter ga ngomentarin.

Mushoku Tensei 06

Kaczmarek

Ah thank god, Ai Kakuma yang ngisi Eris. Saya jadi gaperlu adaptasi dengan suara tsundere-nya. Ada detail yang dihilangkan dari novelnya di episode ini, namun sejauh ini masih terasa normal. Mengomentari soal konten, saya cuma bisa melihat dari sisi authornya saja. Konten apapun yang diadaptasi, jika dari pihak level C sudah memberi lampu hijau, berarti mereka sudah menyiapkan diri dengan serangan pihak lain, termasuk dari sisi author. Soal lisensor luar, mereka juga harus menyiapkan diri seperti apa yang disiapkan pihak level C di negara asal, dalam hal ini Jepang. Jika ternyata mereka cuma mencoba-coba atau karena pre-agreement pesanan awal atau karena ceroboh tidak membaca konten, terkena imbas hilangnya konten yang mereka rilis tentunya tidak bisa terhindarkan.

CTian

Ndak tahu kenapa, padahal ini cuman anime isekai yang nggak jauh beda sama isekai lainnya, ditambah fandom-nya yang “huebat” sekali, tapi betah aja sih nonton ini mingguan. Efek tayang di Muse Indonesia juga sih kayaknya~ Saya cuman mau ingetin, nontonnya di tempat seharusnya lho yak! Ndak nonton di Muse karena mungkin nggak suka sama mereka juga gpp, anime ini bisa ditonton juga di iQIYI dan Catchplay+. Kalau kamu memang menyukai sesuatu, ya harus menghargai mereka dengan seharusnya dong!~

Log Horizon: DORT 05

Kaczmarek

Pemilu berhasil dimenangkan Rayneshia, namun kampanye dan strategi dari Shiroe cukup diluar dugaan saya. Pengaktifan portal ini tentunya gak “murah” untuk dipertontonkan ke orang pribumi dan para petualang lainnya. Sayangnya penjelasan pendek di episode ini kurang memuaskan rasa penasaran saya.

Jujutsu Kaisen 18

Kaptain

Sebelum seri ini dapet adaptasi anime, saya ngeliat seri ini sebagai seri yang fungsional untuk standar Jump, kasarnya ya versi kompeten dari Bleach, Adegan di atas itu momen di mana saya “ngaku kalah” sama seri ini, certainly didn’t see it coming. Iya itu gitaris yang sama dari opening.

Entah apakah ini karena seri sebelumnya, tapi ini kayaknya seri Jump mulai punya cita rasa sendiri soal ngegambar air. Ini di ujian udah fix minimal ada satu special grade curse, tapi usaha utama mereka tuh biar Gojo ga bisa ikut campur sama rencana mereka, secara nggak mengejutkan ini Curse User sewaan yang ga baca intel jelas dipake sekali terus buang.

Back Arrow 06

Kaptain

Nggak bener sih ngebilang ini filler, bahasa sopannya ya episode wordbuilding. Walaupun saya ga bisa bilang ini episode wordbuilding yang bagus ngeliat saya ga bisa mikir alesan yang bagus buat peternakan bishounen selain it’s wacky. Tapi ya ini juga episode di mana ada karakter yang namanya Bruh, jadi mau diseriusin juga ya…

Higurashi no Naku Koro ni Gou 19

Kaczmarek

Hadeh, saya gabisa memihak antara Rika atau Satoko disini. Di satu sisi, Rika ingin menikmati waktu terbarunya pasca keluar dari loop dengan mencoba-coba dengan hal baru, namun dari sisi Satoko, Rika seperti membelot dari janjinya sendiri dengan membiarkannya sendiri di tengah struggle soal akademik. Jika Satoko bisa lebih jujur dengan diri sendiri, mungkin saja kebenciannya gak bakal makin parah. Disini juga saya melihat Rika yang makin tidak sensitif dengan teman satu desanya sendiri.

Horimiya 06

CTian

Persetan Miyamura rambut pendek, saya hanya mau Sawada! Dan akhirnya mereka memberikan saya Sawada yang saya inginkan! Ahhhh!!!~ Tapi tapi tapi tapi tapi, kurang dapet euy chemistry-nya sama Miyamura, datar banget adegannya dibanding sama manganya!! Mana ada yang dipotong pula adegannya, iya nggak cuman rambut Miyamura yang dipotong!~

Adegan apakah itu?~ Hanya epilogue 2 babnya Sawada sih, tapi saya perlu adegan-adegan ini! Soalnya saya perlu interaksi dua “kakak-adik” ini! Spoiler saja deh apa yang dipotong, kalau ndak mau tahu, skip ke paragraf berikutnya aja, ya~ Pertama, Sawada sebenarnya ada kunjungan ke rumah keluarga besar Hori! Ah pokoknya lucu deh! Terus kedua waktu Miyamura sudah lebih ngerti tentang Sawada yang udah ndak punya kakak, dan Miyamura jadi mulai merasa hubungan mereka sudah lebih baik! Aahhh, kenapa harus adegan ini yang dipotong!?

Adegan di atas dipotong, eh langsung masuk bagian tengah bab 31! Iya, kalau tadi epilogue, sekarang intro-nya bab sumber adaptasi itu dipotong, aahhh!!!!~ Jujur, mana ending-nya juga datar banget dan malah fokus ke komedinya. Sebenarnya di situ ekspresi Miyamura waktu ditanya sama bapak Hori “aku ganggu ya?” dapet panel besar di manganya, tapi di sini cuman adegan biasa.

Ah, tapi ada yang saya suka di adaptasi babnya Sawada! Di adaptasi animenya Sawada benar-benar ditunjukkan sendirian. Nggak ada kelihatan ngobrol sama orang lain pula kecuali main character di adaptasinya. Di manga sebenarnya ada adegan error, waktu Ishikawa sama Miyamura dilihatin sama Sawada dari jendela, itu dia ,lagi ngobrol/ngegosip sama siswi lain~ Nah, adegan ini cukup penting sih untuk perkembangan karakter Sawada berikutnya, yang saya nggak terlalu yakin bakal masuk di adaptasi ini.

Mana yang lebih cepat, *insert sesuatu yang cepat di sini* atau pace adaptasi animenya Horimiya?~ Tolong, ini cepat sekali euy, episode 6 udah sampai sini, wkwk. Bayangin, sekarang ini jilid manga Horimiya itu rilis 1 tahun sekali, dan animenya seakan bikin adaptasi 1 jilid cuman 1 minggu!~ Ini episode 6 udah adaptasi cerita dari jilid 5 lho! Padahal saya prediksi tamatnya di cerita jilid 8 sih, ndak tahu deh ini mau adaptasi sampai mana. Mungkin aja sih adaptasinya lompat-lompat dan malah mundur nanti bab yang diadaptasi~

Penutup, sebelum dibilang “ah lu nonton sama baca gratisan doang banyak komen, min!” atau emang lu bisa bikin anime min!?”… Iya, saya memang nonton animenya gratisan, tapi di tempat yang seharusnya kok, di Bilibili Thailand, yang memang untuk penonton di SEA dan sekitarnya~ Terus soal baca manganya, saya beli kok yang terbitan Elex Media. Iya, sudah terbit di Indonesia lho manga ini hingga jilid 14, hanya beda 1 jilid dari terbitan Jepang~ Saya sebagai penggemar cuman meluapkan kekecewaan saja, melihat saya sudah menginvestasikan uang dan waktu saya di seri ini~

P.S. Cuman episode 1 dan 6 yang baru saya tonton penuh, wkwk~ Sisanya cuman lihat-lihat dan dengar suara papa dan mama Hori~ /plak!~

Kaczmarek

Kalau dilihat dari jauh, Miyamura malah seperti kakak kandungnya Sawada. Namun saya cukup kaget bahwa kakak kandungnya sudah meninggal. Kemudian soal Miyamura dan Hori, mungkin sudah saatnya bisa main agresif. Namun saya gak mengira agresifitas ini dimulai dengan mengambil permen dari mulut Hori. Hingga munculah kesempatan kedua yang kampretnya digangguin Kyousuke.

Jaku-chara Tomozaki-kun 06

Kaczmarek

Akhirnya porsi Mimimi dan saya cukup senang dengan ditunjukannya sisi lain dari heroine satu ini. Awalnya mungkin bisa ditebak bahwa Mimimi pasti memiliki sisi lain di balik keriangan dan senyumnya itu. Namun bukan karena masalah yang terlalu besar, melainkan karena kompetisi. Hal yang tentunya lebih “sehat” untuk dijadikan plot dalam setting sekolah. Untuk bagi kalian yang menginginkan adanya momen “pacaran” antara Tomozaki dengan salah satu heroine, mungkin harus sedikit bersabar karena hal tersebut masih menjadi target terakhir.

Sekarang saya juga udah bikin sudut pandang kamera dari masing-masing heroine. Aoi bakal dapet thigh shot, Mimimi dapet breast shot, blushing shot untuk Fuuka, dan midriff shot untuk Hanabi. Pola ini bisa berubah dalam beberapa episode jadi mari diperhatikan. Namun yang gak bisa saya tahan adalah eyes shot yang bener-bener jernih dan indah. Saya bisa bikin kompilasi eyes shot dari beberapa episode terakhir, dan malah makin adiktif dari thigh shot-nya Aoi.

Jika kualitas animasinya terjaga sampai akhir episode, saya gak yakin penjualan blu-ray atau DVD-nya bisa menembus angka 1.000 pada perilisan pertamanya. Apalagi harganya yang cukup mahal.

Kakushi Dungeon 06

Kaczmarek

Gak banyak yang terjadi di episode ini, hanya elf dan Toramaru (ini ngapa namanya harimau). Uniknya, ini jadi episode yang paling sedikit poris fanservice-nya dibanding lima episode pertamanya. Namun yang saya agak risih adalah saat Alice membelai tulip di kepala Toramaru. Nothing else. Ah iya, kayaknya kita bakal dapet karakter baru di episode berikutnya. Entah itu Dori atau Leila.

Ngomong-ngomong, semoga Miyu Tomita (seiyuu-nya Emma) bisa sembuh dari masalah pita suaranya.

Kaifuku Jutsushi no Yarinaoshi 05

Kaczmarek

Ini ½ cour difokusin untuk mengumpulkan tenaga dulu, sementara sisanya bakal penuh aksi lagi. Bergabungnya Kureha tentunya sesuai dengan skenario aslinya, namun saya malah lupa satu hal soal kopulasi itu. Big shoutout untuk Natsuki Aikawa untuk memerankan Kureha dalam episode ini.

Sk8 06

Kaptain

Episode manservice + turisme Okinawa, karena ya Paantu itu objek wisata beneran di sana. Untung aja ini buruan diakuin kalau Reki selaku “protagonis” itu skill wise ketinggalan dibanding yang lain. Bagus juga udah diksaih tahu kalau buat konflik paruh akhir ini bakal turnamen formatnya.

Vlad Love 02

Kaptain

Langsung jatohin 6 episode dan baru ini aja yang ketonton. Bagian paling pentingnya ya anime ini udah megang posisi kalau kepribadian itu ga ada hubungannya sama tipe darah, tapi ya ini kan seri komedi jadi tantu aja tipe darah ada efeknya sama temperamen vampir. Bisa nembakin laser dari mata itu karena temperamen kan?

Sangat menuhin kebutuhan saya buat manic comedy di musim ini.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Daily is getting easier, namun yang permanen belom juga nembus risk 18. Masih stuck di 16 dan kudu putar otak buat dapetin celah lolos. Gak bakal mengherankan jika saya gak nembus ini risk.

Genshin Impact

Saya punya banyak komplain buat nih game. Tapi saya tetep bisa hormatin worldbuilding kayak gini

Kaptain

Tower Defense super gampang ngeliat blok Traveller sama knockback Jean/Sucrose tetep bisa dipake dengan efektif. Saya nggak akan komplain kalau konten itu kegampangan, this is great. Dan harusnya kalian udah punya puluhan lantern juga.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang sudah tayang minggu ini?