[Virtual Journal] Shigure Ui

Halo pembaca yang setia, kembali lagi dengan Virtual Journal yang rilis hari Selasa. Setelah libur selama dua pekan, akhirnya Virtual Journal kembali dirilis dengan edisi para pemenang Virtual Journal Award 2020. Dan di edisi kali ini, saya mempersembahkan Best Virtual Artist, Shigure Ui.

Nama Shigure Ui sudah tidak asing lagi bagi kalangan penikmat vtuber. Menjadi best virtual artist dalam acara Virtual Journal Award 2020 adalah bukti yang sangat kuat betapa Ui dicintai oleh fansnya. JOI akan merangkum bagaimana Ui bisa sampai di titik ini.

Long-long Story Before Becoming a Vtuber

Jauh sebelum menjadi vtuber seperti sekarang, seorang Shigure Ui memiliki perjalanan karir yang cukup panjang. Diceritakan melalui mulutnya sendiri –jadi saya tidak doxxing ya-, Shigure Ui lahir di prefektur Mie. Setelah lulus dari SMA, Ui melanjutkan pendidikannya di sekolah seni.

Barulah pada tahun 2014, ia memulai perjalanan sebagai illustrator. Dimulai dari buku pertamanya yang diterbitkan pada COMITIA. Kemudian Ui berhasil mendapat serialisasi manganya yang berjudul Kankitsu Punch yang diterbitkan oleh Manga Time Kirara Miracle pada tahun 2015. Ia juga turut berpartisipasi dalam illustrasi Girls Robotics di Jump J Books dengan pen name yang berbeda. 

Pada tahun 2017, Shigure Ui lulus dari sekolah seni dan pindah ke Tokyo untuk bergabung dalam perusahaan game. Satu tahun setelahnya, ia keluar dari perusahaan untuk menjadi freelance illustrator setelah menerima cukup banyak komisi. Dan pada di tahun yang sama, Shigure Ui menjadi ibu dari Oozora Subaru, salah satu talenta dari Hololive.

Ui-mama finally debuted as Vtuber

Awalnya, Ui tidak langsung terjun menjadi vtuber begitu saja. Memang, dia tampil di banyak kolaborasi dengan vtuber lainnya, tetapi Shigure Ui masih belum debut menjadi vtuber. Hingga Subaru menyarankan kepada ibunya untuk debut menjadi seorang vtuber. Dan akhirnya Shigure Ui resmi debut menjadi vtuber pada tanggal 18 Mei 2019.

Shigure Ui digambarkan sebagai perempuan berusia 16 tahun dengan tinggi badan 149 cm dan ukuran dada F Cup. Suaranya cukup lembut, sangat cocok untuk diajak ngobrol. Dengan kemampuan menggambar yang luar biasa tentu saja Ui-sensei sangat bisa menghibur para penonton dengan konten menggambarnya. Dia juga sering melakukan streaming game, baik solo maupun kolaborasi.

Dari luar, Shigure Ui tampak begitu sempurna. Namun apa sesungguhnya yang ditunjukan seorang Shigure Ui jika kita gali lebih dalam? 

Deeper Rabbit Hole: Shigure Ui Inside

Faktanya, Shigure Ui tidak jarang dipuji oleh para penggemarnya. Namun bukanlah momen wholesome yang kita dapatkan, melainkan balasan yang sadis dari mulut Shigure Ui yang terlontarkan untuk fansnya. Alih-alih sakit hati, fansnya justru bersukacita menerima segala macam ucapan sadis dari idolanya itu.

Ada juga sikap Ui yang tidak mau mengalah dengan rival sejatinya, Kenmochi Touya. Ui yang gemar bermain tetris dikalahkan secara telak oleh sang legend. Bukan hanya sekali, namun -redacted- kali. Hasil akhir dari duel tersebut melahirkan Ui versi loli yang sudah pernah dibahas di artikel Touya sebelumnya.

Shigure juga cukup akrab dengan vtuber lainnya. Selain Subaru, ada juga Inuyama Tamaki rekan sesama vtuber yang merangkap sebagai illustrator. Ui juga akrab dengan Tsunomaki Watame yang dianggap memiliki suara yang sama persis dengannya. Bahkan Subaru sendiri terkecoh dengan suara mereka dan menganggap Watame sebagai Ui yang asli.

Ui tidak terikat oleh agensi manapun. Sampai sekarang ia masih tetap menjadi vtuber independen. Setelah menjadi vtuber independen, Ui masih terlibat dengan pembuatan illustrasi seperti yang dikerjakannya dalam novel ringan Osananajimi ga Zettai ni Makenai Love Comedy (psstt.. novel ini bakal ada animenya pada April nanti loh). Illustrator yang menyukai gadis SMA ini bahkan berhasil mengadakan pameran solonya di Tokyo’s pixiv WAEN GALLERY.

Masih banyak momen kelucuan yang melibatkan Ui-mama di dalamnya seperti streaming english only yang gagal atau berdebat dengan dirinya sendiri dari masa lalu. Lebih lengkapnya kalian bisa lihat di bawah.

Ui pada 2019 ternyata cukup berbeda dari yang sekarang.

“Today stream is isn’t to RTA” – 13 mins old English Ui.

Jika kamu tertarik menggali lubang kelinci ini lebih dalam, kamu bisa mengikuti channel darinya dan follow twitternya yang tercantum di bawah artikel ini. Virtual Journal akan kembali lagi minggu depan dengan edisi pemenang Virtual Journal Award. 

External Links

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCt30jJgChL8qeT9VPadidSw

Twitter: https://twitter.com/ui_shig