[JOI Spotlight] Relocation Edition

February 28, 2021 7:40 pm
[JOI Spotlight] Relocation Edition

Selamat datang di JOI Spotlight tepat di hari akhir Februari ini. Mari kita saksikan impresi para staf untuk seri yang sudah hadir pada minggu ini.

Wonder Egg Priority 07

Kaptain

Oke, akhirnya masalah “Idol” Rika udah sampe ke titik Ketua Sekte. Tipe terburuk dari sebuah fanbase dan sesuai dengan kenaikan tingkat kesulitan, ini sandera juga makin susah diajak kerjasama.

Bagusnya konflik kali ini nggak ngebuat Rika maafin si Ibu, cuma ngebuat dia lebih yakin aja untuk nggak ngecewain anak barunya. Then again lebih susah sedih kalau punya Gamera sebagai anak.

Hataraku Saibou Black 10

Kaptain

Sesuai tradisi cerita kayak gini yang udah mau abis masa tayangnya, saatnya mulai ngebunuhin karakter sentralnya. Dari sisa masa tayang kemungkinan besar episode 11 bakal sepenuhnya buat depression express aja, biar episode 12 bisa muat untuk bencana terakhirnya.

Back Arrow 08

Kaptain

Ga cuma Death Squad, si putri juga punya the fun part of schizoprenia jadi paling nggak saya udah diyakinkan kenapa notfrance ini nggak dikudeta. Sejauh ini juga ini negara jauh lebih menarik daripada notimperialchina. Ngeliat nih negara punya lebih banyak cucian kotor yang mati-matian disembunyiin.

Saya tahu nih anime di luar tuh dijulukin veri murah Gurren Lagann, tapi di episode ini juga penyakit “baju default lebih seksi daripada baju fanservice” terjadi lagi.

Jujutsu Kaisen 20

Kaptain

Akutani pernah bilang kalau Jougo kena perlakuan kayak Hanami ini, dia bakal mati. Silakan liaat ini sebagai duo kita yang kuat banget atau Hanami yang tanky banget. Kenapa juga sih di seri shounen nggak lebih sering ngelakuin metode Toudou ini? Bohong soal kemampuan dia itu nyatanya super efektif banget. Then again untuk yang kayak gini saya masih perlu nunggu Mashle dapet anime.

Mappa ini udah menuhin semua tanggung jawab mereka buat sebuah adaptasi, penasaran aja apakah episode baseball besok bakal tahan lagi apa nggak budgetnya.

Mushoku Tensei 07

Kaczmarek

We knew that a lot of preposterous references in this episode actually bring the “fun” side of being a brave adaptation. Detail figur Roxy yang “PASTINYA” digunakan untuk marketing, sementara penggambaran menjilat itu hanya representasi dari target pasar. Tak lupa juga dengan ekspresi Roxy yang cukup lucu hahahaha. Props untuk Rudeus karena enggak isengin Eris saat ia tidur satu kasur dengannya. Entah karena gak mood atau memang sudah bisa menahan diri. Anyway, sudah cukup dengan pemotongan skrip serinya, kita bakal dipertontonkan empat karakter terbaru di episode malam ini.

Tensura Season 2 07

Kaczmarek

Pace-nya beruntung sekali dilambatkan. Karena kalau enggak, di episode ini sudah menunjukan sebagian dari pembalasan Rimuru terhadap agresi Falmuth Kingdom. Hal yang tentunya ditahan-tahan (yang bisa kalian tebak sendiri) pada episode ini bikin urat di pelipis saya mengeras sebenarnya (not the other one). Gak sabar nunggu outrage di episode berikutnya.

Kaifuku Jutsushi no Yarinaoishi 07

Kaczmarek

Meskipun plotnya agak tebal, episode ini terasa lebih tenang dari episode-episode sebelumnya. Hal yang mulai keliatan disini adalah kualitas animasi yang agak menurun di saat tiap karakter berbicara dalam keadaan frame statis. Close up shot-nya disini agak minim sih, namun terasa monoton jika terlalu sering digunakan tekniknya. Kembali ke karakternya, Keyaru bisa agak nyantai sedikit sebelum menghadapi Norn di fase berikutnya. Bukan Kaiyari namanya kalau gak ada sex scene di tiap episodenya, dan kali ini threesome.

Beberapa minggu ini saya sering melihat kasus seiyuu yang dianggap menjijikan dikarenakan track record karir mereka yang dilengkapi dengan peran hen*ai. Apakah ini buruk? Atau malah biasa saja? Saya berencana untuk menulis feature atau list terkait seiyuu dengan kriteria tersebut. Namun butuh waktu lama untuk research-nya.

Log Horizon: DORT 07

Kaczmarek

Akhirnya bisa dijelaskan penyebab Krusty bisa terdampar di Zhongyuan dan mendapatkan kutukan HP itu. Youren juga akhirnya bisa dibasmi dengan Bucaphi. Kalau gak salah Bucaphi gabisa keluar dari teritorinya karena “kutukan”, namun tidak dijelaskan disini. Paruh kedua episode ini juga jadi infodump yang bisa dicatat untuk referensi petualangan Krusty, Kanami, Leonardo, dan Coppelia. Saya juga baru inget Rasphuia udah mati.

Jaku-chara Tomozaki-kun 08

Kaczmarek

Kalau Mimimi ukurannya segitu pas SMP, maka pertumbuhan maksimalnya terjadi di saat SMA. Mimimi hanya membutuhkan alasan terbaik lainnya untuk tetap ada sebagai pesaing Aoi. Namun melihat Aoi sebagai lawan yang harus dilewati bukan alasan yang bisa dianggap sehat. Pelampiasannya jatuh ke Hanabi, yang nampaknya bakal terkena pelecahan seksual lebih banyak oleh Mimimi. Saya kira Tomozaki bakal digoreng mentah-mentah setelah mengangkat topik rumor itu, beruntung Aoi, Hanabi dan Mimimi malah meresponnya dengan kelucuan.

Sk8 08

Kaptain

Turnamen yang untungnya cukup sopan buat mangkas ronde yang kurang penting. Sebelumnya dari para veteran cuma Joe aja yang gimmicknya belum ketauan, dan sekarang diungkap juga kalau kebanyakan trik dia itu bakal ngebuat skater lain pincang.

Mungin saya ngarep ketinggian, cuma ya ini Reki saya takutnya bakal kejebak di posisi tech dude. Bukan nasib yang jelek, cuma rasanya ini anime kayak ngelihat si protagonis yang nyerah sebagai hal bagus. Ini nggak pas aja sama tone sejauh ini ngeliat badut kayak Shadow aja jadi kuat sekarang.

Kakushi Dungeon 08

Kaczmarek

Makin trashy dan saya makin demen dengan kelanjutannya. Namun tentunya saya gak mendukung praktik ilegal yang dilakukan Noir terhadap Dryad disini hahaha. Konflik sepele yang tentunya bisa diselesaikan dengan mudah, ditambah dengan kuntungan ++ yang tentunya bikin Noir makin mesum.

Horimiya 08

Kaczmarek

Ponytail Hori lucu juga kalo diliat. Sementara Yuki jadi bintang di episode ini dengan segala peristiwa komedi dan percintaan yang muncul. Kita juga dikenalkan dengan Akane Yanagi, momok bagi Ishikawa (walau hasilnya bisa ditebak). Yanagi kini menambah puzzle dari circle satu ini, dimana posisinya sama seperti Sakura Kouno. Saya mengira keduanya bakal jadi pasangan sih karena cinta mereka yang juga sama-sama bertepuk sebelah tangan.

Maiko-san Chi no Makanai-san 01

What’s this?

Anime tayang bulanan yang ndak bakal kamu temuin bajakannya (kalau ada, tolong lapor di sini, terima kasih!)

CTian

Akhirnya, anime of the year-nya saya telah tayang!!! Tapi cukup kecewa waktu tahu animenya bakal tayang bulanan di NHK WORLD JAPAN. Jadi yang tayang duluan ini kayaknya versi internasionalnnya, dan bakal tayang lagi di E-NHK musim gugur nanti. Kenapa saya namain versi internasional? Soalnya narasinya pakai bahasa Inggris, saya yakin waktu tayang di E-NHK bakal pakai narasi bahasa Jepang.

Oke pertama, suara Kana Hanazawa jadi Kiyo terbaik!!! Saya nggak begitu suka sama aktingnya di bagian awal, terlalu Kana Hanazawa banget, tapi waktu ngebawain segmen “Dish of The Day” bagus! Begitu juga dengan M.A.O yang jadi Sumire. Walau nggak sesuai dengan fancast yang pernah saya bikin di Waifu Wednesday Kiyo, tapi okelah, kerasa vibe ceroboh tapi bikin semangatnya. Sekarang saya menunggu siapa yang bakal jadi Kak Momoko!

Dari keseluruhan episode ini, yang saya suka itu bagian “Dish of The Day” sih, yang memang original dari animenya. Sebenarnya di manga bagian ini juga ada, “Memo Kuliner Koyama”. Di mana mangaka-nya cerita tentang masakan yang ada di bab itu. Soalnya bagian episode yang lain belum adaptasi bab yang saya suka! Bahkan bagian dari jilid 1 cuman diadaptasi lewat flashback sedikit di bagian awal, waktu Polisi ngira Kiyo tuh anak kecil yang kabur dari rumahnya.

Terus bagian lagu temanya, suka banget di lagu tema pembukanya dimasukin panel-panel dari manganya! Musiknya juga enak banget, simpel tapi catchy. Lagu tema penutupnya juga sangat Jepang sekali. Ditambah credit title-nya yang pakai bahasa Inggris yang nunjukin ini anine benar-benar buat penonton internasional. Kaget waktu tahu Ayasa Ito ternyata jadi salah satu Maiko di episode ini.

Overall adaptasinya bagus! Beneran anime of the year-nya saya ini! Walau saya masih ngiri sama PV season 2-nya Kimetsu no Yaiba, coba anime ini sebagus itu animasinya. Kamu bisa nonton anime ini di On Demand-nya NHK WORLD JAPAN ya, di tautan ini. Jadi nggak usah cari bajakannya ya, ini gratis!

Juga, baca manganya! Sudah terbit di Indonesia dengan judul Juru Masak Para Maiko. Salah satu seri manga yang sebenarnya nggak keren, nggak mendebarkan, atau juga mengejutkan, tapi setelah baca manga ini pasti ada sedikit dari diri kamu yang bakal berubah!~

P.S. Manganya literally ngalahin manga Jujutsu Kaisen lho di penghargaan manga tertua di Jepang.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Event Gavial yang terasa nyantai, namun tidak untuk Ceobe’s Fungimist. Karena tipe voucher yang untung-untungan, saya masih tertahan di lantai keempat sejauh ini. Sistem permainan ini juga mendorong saya berpikir lebih keras di tengah minimnya kondisi dan pilihan operator yang terbatas. Namun tentunya jangan diambil pusing, hingga saya ketemu opponent yang bikin saya kebingungan. Target tentunya untuk mencapai ending terbaik di event ini, yaitu skin milkers bonkers Utage. Nah, ending story tentunya yang jadi target kedua.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang hadir minggu ini?

Header: LdtTAMAKI