Seiyuu Veteran Masako Sugaya Tutup Usia

March 4, 2021 5:43 pm
Seiyuu Veteran Masako Sugaya Tutup Usia

Agensi Arts Vision mengumumkan pada hari Rabu (3/3) bahwa seiyuu veteran Masako Sugaya telah meninggal dunia pada 25 Februari 2021. Agensi menjelaskan bahwa sebelumnya mendiang tengah menjalani perawatan untuk penyakitnya hingga menghembuskan nafas terakhirnya pada akhir Februari lalu.

Pernyataan dari Arts Vision:

Masako Sugaya, yang bernaung dalam perusahaan kami (83 tahun), meninggal dunia pada 25 Februari 2021, tahun ke-3 Era Reiwa pada saat dirawat untuk menyembuhkan penyakitnya. Kami ingin mengucapkan banyak terima kasih yang terdalam terhadap kebaikan anda dan mendoakan untuk jiwa yang telah berpulang.

Masako Sugaya lahir pada 22 Agustus 1937 di Metropolis Tokyo. Sebelum bergabung dalam agensi Arts Vision, mendiang sempat bekerja untuk perusahaan teater Chidori, Ashi, Rindo dan Sanko Office. Peran debut mendiang sebagai seiyuu adalah karakter Bem dalam animeTetsuwan Atom“/”Astro Boy” yang diproduksi oleh Mushi Production di tahun 1963. Dalam proyek debutnya ini, Sugaya bertemu dengan sutradara, Osamu Dezaki.

Masako Sugaya kemudian mendapatkan peran dalam proyek anime dari manga karya Sumika Yamamoto, “Ace o Nerae!“. Osamu Dezaki yang kala itu menjadi sutradara anime-nya, menarik Sugaya untuk menjadi seiyuu karakter Maki Aikawa. Mendiang juga terlibat dalam proyek anime yang disutradarai oleh Osamu Dezaki lainnya seperti “Takarajima“, “Versailles no Bara“, “Ace o Nerae! 2“, dan masih banyak lagi. Di tahun 90-an, mendiang mulai aktif dalam proyek narasi di televisi hingga awal tahun 2021.

Kami dari segenap kru Jurnal Otaku Indonesia turut berduka atas berpulangnya salah satu seiyuu veteran terbaik ini.

Sumber: Arts Vision, Comic Natalie