Kaiju No. 8 Pecahkan Rekor Manga Shonen Jump+ Tercepat yang Mencapai 1 Juta Sirkulasi

March 5, 2021 2:06 pm
Kaiju No. 8 Pecahkan Rekor Manga Shonen Jump+ Tercepat yang Mencapai 1 Juta Sirkulasi

Manga “Kaiju No. 8” (Monster No. 8)  karya Naoya Matsumoto telah merayakan satu juta sirkulasi manga cetak pada hari Kamis. Shueisha mengkonfirmasi pencapaian ini dan sumber lain mengestimasi sirkulasi digital menambah 200.000 dari angka tersebut. Ini membuatnya menjadi seri Shonen Jump+ tercepat yang mencapai jumlah sirkulasi ini.

Setiap perilisan bab baru, manga menjadi tren di Twitter dan menerima lebih dari 1,5 juta tampilan selama minggu rilisnya. Setelah bab ke-25 sejak debutnya, manga tersebut mencapai 70 juta penayangan pada 8 Februari – manga tercepat yang mencapai rekor ini pada layanan Shonen Jump+.

Matsumoto meluncurkan manga pada Juli 2020 lalu di Shonen Jump+ Shueisha. Volume pertama rilis pada 4 Desember, dan volume sejak itu mendapat 2 lagi cetakan melihat tingginya permintaan.

Shueisha merilis manga di aplikasi MANGA Plus dengan judul Monster #8. Ini adalah salah satu dari sedikit seri yang mendapat translasi Bahasa Indonesia.

Seri ini menceritakan tentang dunia yang secara rutin diserang oleh Kaiju. Dua anak, Kafka Hibino dan Mina Ashiro kehilangan kota mereka dan bersama-sama bersumpah untuk bergabung pada pasukan pertahanan. Bertahun-tahun kemudian Mina menjadi pahlawan nasional berkat jasanya melawan Kaiju, sementara Kafka yang berusia 33 tahun terus gagal lolos seleksi dan hanya bisa menjadi kru pembersih bangkai Kaiju. Hingga suatu hari saat melakukan pembersihan, dirinya terinfeksi oleh sel Kaiju dan sekarang dirinya mampu berubah menjadi Kaiju. Walaupun dirinya menggunakan kekuatan ini untuk melindungi warga sipil, wujud barunya ini membuatnya diburu oleh pasukan pertahanan. Kafka juga lalu menyadari bahwa ternyata bukan dia saja yang memiliki kekuatan ini.

Kaiju No. 8 mendapat nominasi Manga Taisho ke-14 pada bulan Januari.

Sumber: ANN