Penyelenggaraan Comic Market 99 Resmi Ditunda

March 8, 2021 4:41 pm
Penyelenggaraan Comic Market 99 Resmi Ditunda

Komite Comic Market 99 resmi mengumumkan penundaan acaranya pada hari ini (08/03). Comic Market/Comiket 99 sejatinya direncanakan untuk digelar pada 2-4 Mei 2021 di Tokyo Big Sight, namun dikarenakan situasi darurat yang diperpanjang oleh Pemerintah Jepang di Metropolis Tokyo, Komite memutuskan untuk menunda acara ini. Mereka juga akan menargetkan acara digelar pada musim dingin 2021 (akhir 2021).

Kebijakan situasi darurat dari Pemerintah Jepang sebelumnya diperpanjang dua kali pada 7 Januari 2021 hingga 21 Maret 2021. Pemerintah juga mengumumkan masa transisi pasca status situasi darurat dicabut dimana acara-acara yang digelar pada masa ini dibatasi jumlah pengunjungnya hingga 10.000 partisipan atau 50% kapasitas venue. Namun jika situasi darurat di suatu wilayah bakal dicabut pada 21 Maret mendatang, pemerintah tidak bisa memastikan apakah jangka waktu masa transisi ini hanya efektif berlaku selama satu bulan. Sehingga kemungkinan besar acara Comic Market 99 yang digelar 2-4 Mei 2021 dapat jatuh dalam masa transisi ini.

Komite harus membuat keputusan berat untuk menunda gelaran Comic Market 99. Mereka memohon maaf dan berterima kasih kepada seluruh circle yang berkomitmen untuk mendaftarkan diri untuk membuka stan mereka pada acara ini. Dikarenakan penundaan ini, Komite resmi membatalkan pengumuman alokasi stan yang seharusnya diumumkan hari ini. Kemudian, katalog acara juga resmi dibatalkan perilisannya dalam format apapun. Komite akan tetap berkomunikasi kepada setiap circle dan korporasi terkait pengembangan acara ini di waktu yang akan datang.

Komite juga dihadapkan dengan ketidakpastian apakah lokasi acara yaitu Tokyo Big Sight akan dapat digunakan pada musim dingin di akhir tahun 2021. Kembali, situasi terkait pandemi COVID-19 masih menjadi pertimbangan dalam menggelar acara ini.

Lokasi Tokyo Big Sight © Oricon

Pada 20 Desember 2020, komite sempat melakukan perubahan durasi acara. Saat itu, acara sejatinya digelar pada 2 Mei hingga 5 Mei 2021, namun diperpendek menjadi 4 Mei 2021. Perubahan alokasi hari pada setiap genre stan juga dilakukan.

Sebelumnya mengenai pembatasan kehadiran Comic Market 99, komite merencanakan akan menggunakan lotere untuk menyeleksi pengunjung yang akan hadir. Penggunaan masker kini diwajibkan, dengan catatan penggunaannya harus menutup hidung dan mulut. Terdapat pembatasan mengenai asal dari pengunjung untuk hadir dalam Comic Market 99. Bagi mereka yang datang dari prefektur dengan indikator penularan COVID-19 yang tinggi, komite tidak akan memberikan izin untuk hadir dalam acara.

Komite  sebelumnya mengumumkan pada bulan Juli 2020 bahwa mereka berencana untuk memindahkan Comiket 99 ke liburan Golden Week 2021. Masalah penjadwalan terjadi akibat dari aula utama Tokyo Big Sight yang tidak dapat digunakan hingga musim gugur 2021 dikarenakan Olimpiade. Ditambah lagi dengan kesulitan penanganan pencegahan kapasitas maksimum dari tiap aula dikarenakan pandemi.

Comic Market 98 (Comiket 98) sebelumnya harus dibatalkan dikarenakan pandemi COVID-19 yang seharusnya digelar pada 2-5 Mei 2020. Komite akhirnya menggantinya dengan acara virtual “Air Comiket” yang dibuka pada April 2020.

Sumber: Situs Resmi