[JOI Spotlight] Immigration Edition

March 14, 2021 7:38 pm
[JOI Spotlight] Immigration Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di pertengahan Maret ini. Kebanyakan seri sudah masuk dua digit di episode mereka dan tentunya memulai arc penutup musimnya. Seperti biasa mari kita simak impresi para staf untuk seri yang akan hadir pada minggu ini.

Mushoku Tensei 09

Kaczmarek

Ngeliat Eris makin sedikit dewasa mungkin jadi pelipur lara disini. Ditambah dengan pengenalan karakter Ruijerd, Rokari dan Rowin disini. Dengan seenaknya, Rudeus udah minta restu ke Rokari dan Rowin terkait Roxy hahaha.  Saya gak memiliki banyak impresi untuk episode ini, karena memang enjoyable dan beberapa informasi masih sejalan dengan rasa penasaran saya. Nantikan episode berikutnya nanti malam!

BlueHeaven

Emaknya Roxy suaranya halus banget! Mantap dah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

Wonder Egg Priority 09

Kaptain

Ini episode yang paling saya takutkan terjadi, episode di mana sisi supernaturalnya dijelasin. Ada argumen yang bisa dibuat kalau fokus utama episode ini buat Neiru untuk menerima kematian temennya. Juga menunjukkan bahwa mahluk logika seperti dia masih butuh “dukungan” Ai buat ngabulin permintaan terakhirnya.

Buat Neiru juga saya bingung ini handlenya gimana. Ngasih temen deketnya euthanasia itu udah berat banget dan dia juga masih punya masalah sama adiknya. Bisa saja sama kayak Rika kemarin yang masih nggak maafin ibunya, tapi paling nggak udah kukuh nggak akan jadi ibu seperti dia. Pada akhirnya ya saya expect daripada nyelesain permainan ini keempat protag kita memutuskan untuk memaafkan diri mereka sendiri. Toh juga jelas mereka dicurangin sama konpirasi ini.

Jujutsu Kaisen 22

Kaptain

Masuk Arc yang lebih pendek. Dengan kata lain bisa pas buat penutupan musim nanti. Udah jelas banget ini bakal jadi arc khusus Megumi ngeliat para korban dan calon korban. Langsung saya bongkar aja kalau Arc ini lebih untuk nunjukin kemajuan trio utama kita ini sejak latihan dengan Kyoto kemarin terutama nekanin soal kemampuan khusus Yuji.

Hataraku Saibou Black 12

Kaptain

Serangan jantung, how’s that for an endgame? Rada ga sopan juga sih preview akhir ngasih “Revival” di judul, cuma ya dari dulu juga ini lagu ending ngerusak tensi. Sampe di titik ini saya lebih penasaran aja sih bakal gimana ini musimnya ditutup ngeliat ini musim juga udah banyak ngambil materi season keduanya.

Back Arrow 10

Kaptain

Ini Lutoh agaknya took it personally pas saya kritik sebagai generic kingdom, ngeliat kita dapet istana vagina dan nih Slaanesh-as-hell noble. Saya ambivalen soal Bind Wrap yang bisa nyembuhin Schizoprenia, tapi ini kemampuan barunya Arrow nunjukin kalau sekarang combined mecha udah jadi faktor.

Log Horizon: DORT 09

Kaczmarek

Fokus ke Minori untuk minggu ini. Namun saya agak eneg saat mengikuti episode ini, entah kenapa. Mungkin ada firasat buruk yang saya rasakan terhadap salah satu karakter klan Log Horizon bakal mati (lagi) setelah Rudi. Karena penyerangan ke Akiba juga segera berlangsung, mari nantikan Shiroe dkk untuk turun.

Kaifuku Jutsushi no Yarinaoshi 09

Kaczmarek

Horny season. Saya sendiri gak tega Eve jadi objekannya si Keyaru di awal-awal perkenalannya. Ya beruntungnya, dia emang belum siap untuk itu. Mari fokuskan ke episode berikutnya, dimana (kalau gak salah) Keyaru berhadapan dengan Blade. Andai ingatan saya bener, saya harap kualitas animasi di episode berikutnya ikut membaik.

Yuru Camp S2 10

Kaczmarek

Toba-senseiiiiiii! Tahan nafsumu terlebih dahulu! Satu hal yang harus disiapkan saat setiap menonton episode Yuru Camp adalah nasi hangat dan lauk matang. Saya gak kuat liat pesona makanan yang mereka masak dan otomatis perut langsung keroncongan.

Jaku-chara Tomozaki-kun 10

Kaczmarek

Ngeliat Aoi nurunin guard-nya demi Tomozaki malah bikin gue ngakak daripada tersipu. Untungnya Tomozaki udah hafal sama kelakuan Aoi, kecuali skinship berbahaya itu. Interaksi yang kaku dari Tomozaki masih menunjukan bahwa “ini proses masih panjang”. Sehingga ekspektasi untuk mengakhiri 1 cour ini saya tancapkan di “Tomozaki jadian sama Kikuchi”. Dengan pace seperti ini hingga akhir episode, saya optimis berakhirnya cour pertamanya bakal terasa lebih memuaskan. Namun kembali lagi, kepuasan penonton tentunya relatif dengan komposisi serinya semacam ini.

Funfact untuk Tomozaki: Got a massive dick, this lad!

BlueHeaven

Joke yang bikin Tomozaki bukan jaku chara akhirnya dikeluarin. Episode mizugi bolehlah saya menganggap demikian. Paling mantap justru jatuh kepada Yuzu yang pake kaus aja, entah kenapa paling manis. untung belum masuk radarnya Tomozaki, setidaknya untuk sekarang.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 23

Kaczmarek

Mengapa dua episode terakhir gaada spotlight Higurashi? Karena saya sedang mengumpulkan material yang membuat saya penasaran sedari arc ini dimulai. Material yang saya maksud disini adalah Umineko. Kehadiran Featherine membuat sejumlah teman-teman mengobrol saya sedikit terpicu dengan perkembangan terbaru dari anime Higurashi yang mereka kira remake ini. Untuk saya, ini jadi pemicu untuk membaca novel visual Umineko (lagi) demi mengerti lebih banyak tentang garis waktu terbaru ini.

Di episode ini, saya cukup simpatik dengan Teppei. Namun saya sedikit kesal dengan Satoko yang memainkan kekuatannya secara ceroboh. Jika kalian sudah mengerti keadaan Rika saat teman-temannya teringat sesuatu di garis kehidupan lainnya, apa yang dialami Satoko saat ini terasa seperti deja vu. Dengan menyisakan episode terakhir, saya mengira proyek ini tidak akan berakhir begitu saja.

Kakushi Dungeon 10

Kaczmarek

Onsen episode yang sayangnya tidak terlalu menyenangkan (bagi para laki-laki). Episode ini juga menjadi titik puncak saya meringis tiap kali klise dalam anime ini ditunjukan. Man i love it, idk why. Mungkin karena Elna-sensei disini yang saya senyum-senyum sendiri. Seingat saya Elna-sensei gak jadi korban groom dari Noir saat bertarung itu, karena di LN-nya mereka cuma nahan satu sama lain dan Noir megangin punggung Elna-sensei.

Horimiya 10

Kaczmarek

Yuki-Tooru-Sakura immense drama finally end, or is it? Saya senang dan kecewa dalam waktu yang sama. Namun tentunya harus ada yang kalah, dan yang curang disini yang menang. Tapi positifnya, Yuki bisa lebih jujur dengan diri sendiri, sementara Sakura jadi bisa lebih tegar dalam urusan beginian. Tak lupa juga dengan Tooru yang kian sensitif dengan keadaannya, sehingga karakternya disini malah kian menarik.

Re:Zero S2 23

BlueHeaven

Disinilah puncak dari ketiga peristiwa yang terpisah. Insiden mansion kelar dengan terbunuhnya Elsa di tangan Garfiel. Such irony, Elsa karakter favorit saya memiliki masa lalu yang suram, meski tidak ditanya juga sih. Ya namanya juga mau mampus jadi reveal dulu yekan.

Di sisi lain ada Emilia yang menyelesaikan ujian ketiganya. Bonus ketemu emaknya dong, Minerva. Ya walau masih kemungkinan tapi cluenya mungkin jelas dari tweet authornya sendiri. Makanya Minerva ga mau lihat wajah Emilia secara langsung, begitu juga sebaliknya.

Di luar sana pertempuran segit Puck ft. Ram melawan Roswaal yang gila buku menjadi penutup cliffhanger dari episode ini. Problem solved intinya sih. Emang Roswaal dah gila sama kayak Geuse yang akibatnya kurang lebih sama, kehilangan perempuan yang dicintainya. And what’s that ending song? Serius dah ini oni bersaudara ngasih alasan cintanya unreasonable banget, emang kayak maksa sih. Just another confession moment.

Kumo Desu Ga 10

BlueHeaven

What a mindblowing plot. Sebagai penikmat animenya saja pasti terkejut setelah mengetahui sisi dari human dan Kumoko itu adalah dua timeline yang berbeda. Akhirnya kita mendapat sedikit pencerahan kalau ini bukan sekedar ripoff nutrijel kw 2. Kumoko dari sisi manusia benar-benar diperlihatkan seperti monster sesungguhnya. Satu hal yang pasti, itu tulisan penuhin layar sudah jadi pemandangan biasa nonton anime yang 40% CG. I mean, who cares the text?

Arknights (EN)

Kaczmarek

Sudah bisa mengerti soal Fungimist sejauh ini, namun collectible itemnya masih banyak yang bolong. Entah mungkin jika ada waktu, saya ingin mencoba tingkat kesulitan tertinggi di event ini. Nyoba aja ya, karena gak doable juga untuk maksain diri. Sementara saya malah ngiler skinnya Schwarz di CN.

sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang hadir minggu ini?

Header: infi_mt