Desainer Karakter Anime Kuroshitsuji dan .hack//Sign, Minako Shiba Tutup Usia

March 16, 2021 13:49
Desainer Karakter Anime Kuroshitsuji dan .hack//Sign, Minako Shiba Tutup Usia

Kabar duka datang dari Studio Pierrot pada hari ini (16/03). Minako Shiba, salah satu desainer karakter dan animator studio ternama itu diumumkan telah berpulang. Pihak studio tidak memberikan detail terkait penyebab berpulangnya mendiang dalam twitnya. Mendiang pernah bekerja sebagai animator dalam anime Hikaru no Go” dan “Tegami Bachi” yang diproduksi studio ini.

Ucapan belasungkawa juga dilayangkan pihak studio P.A Works yang dimana mendiang pernah bekerja dalam proyek anime RDG: Red Data Girl” yang dikerjakan studio tersebut.

Minako Shiba lahir pada 15 Februari 1971 di Prefektur Kanagawa. Sebelum menjalani karirnya dalam proyek animasi, mendiang menempuh pendidikan di Gakkou Houjin Chiyoda Gakuen dalam fakultas animasi. Mendiang kemudian bekerja di studio J.C Staff hingga tahun 2009. Proyek anime pertamanya adalah OVAYajikita Gakuen Douchuuki” yang dirilis pada tahun 1989 hingga 1991. Dalam proyek debutnya, Minako berperan sebagai animator in-between. Mendiang kemudian mendapatkan peran pertamanya sebagai animator kunci dalam proyek OVAFortune Quest: Yo ni mo Shiawase na Boukensha-tachi” yang dirilis pada 1993 hingga 1994.

Tak hanya bekerja untuk J.C Staff, Minako Shiba juga berperan dalam proyek animeNoir“, “.hack//Sign“, “Tsubasa Chronicle“, dan “Phantom: Requiem for the Phantom” sebagai desainer karakter di studio Bee Train. Namanya kian menjulang hingga mendapatkan peran sebagai desainer karakter dan kepala sutradara animasi “Kuroshitsuji“/”Black Butler” di tahun 2008. Pasca keluar dari J.C Staff di tahun 2009, Minako bergabung dengan studio animasi kecil bernama C-ZOO. Walaupun kecil, mendiang bergabung dengan tiga animator senior di studio ini seperti Yukiko Ban (.hack//sign, Maoyuu Maou Yuusha), Tatsuya Oka (Kizumonogatari), dan Toshiya Washida (Jujutsu Kaisen).

Visual anime .hack//sign (c) project/hack

Secara reguler tiap tahunnya, mendiang berperan dalam proyek anime seperti “RDG: Red Data Girl“, “Grancrest Senki“, “Nagi no Asukara” “Zetman“, “Kamigami no Asobi“, dan “Maquia: When the Promised Flower Blooms“. Peran terakhirnya sebelum berpulang adalah sebagai desainer karakter dan kepala sutradara animasi “Hypnosis Mic: Division Rap Battle – Rhyme Anima” di tahun 2020.

Kami dari segenap kru Jurnal Otaku Indonesia turut berduka cita atas berpulangnya salah satu animator dan desainer karakter senior ini.

Banner: © Yana Toboso/Square Enix/Kuroshitsuji/MBS

Sumber: ANN, Studio Pierrot