Idol Favoritnya Lulus, Karyawan Perusahaan di Tokyo Dapatkan Cuti

March 16, 2021 3:16 pm
Idol Favoritnya Lulus, Karyawan Perusahaan di Tokyo Dapatkan Cuti

Jika membicarakan tentang cuti berbayar dalam lingkungan kerja, tentunya kita dapat menghubungkannya dengan alasan sakit, bersalin, tugas negara dan lain-lain. Namun bagaimana jika perusahaan memberikan cuti berbayar kepada karyawannya dikarenakan oshi atau idol favoritnya lulus?

Sang presiden dari perusahaan Hiroro Inc., itaru9Z belum lama ini membuat sebuah twit dimana ia mengungkap kebijakan cuti berbayar dari perusahaannya. Pada twit yang melampirkan gambar ini diungkap bahwa perusahaan ini memberikan cuti berbayar pada penggemar idol (wota) yang menjadi karyawannya dengan alasan kelulusan atau pernikahan oshi atau idol favorit mereka.

Twit dari itaru9Z:

“Sudah diputuskan jika idol favorit (seorang) karyawan akan lulus, sehingga perusahaan menambahkan klausul cuti selamat atau berduka pada aturan kerjanya.”

Klausul cuti ini diberi nama “oshi kyuuka“. Dari detail klausulnya, tak hanya membolehkan karyawan untuk pulang lebih dini atau mengambil hari libur untuk mendatangi konser idol favorit, mereka juga diperbolehkan untuk mengambil cuti berbayar 10 hari jika idol favorit mereka lulus, dan bahkan cuti tiga hari jika itu adalah idol favorit kedua, ketiga dan peringkat seterusnya. Pada poin terakhir klausul tersebut dikatakan bahwa jika terdapat kerugian mental atau emosional dari karyawan, maka terdapat tambahan hari cuti jika diperlukan.

Dalam wawancaranya dengan Yahoo News, itaru9Z menjelaskan, “Saya baru saja berbicara dengan beberapa karyawan dan mereka tengah dalam kondisi depresi sehingga saya merasa khawatir, maka saya menyadari bahwa sistem ini diperlukan bagi para otaku dalam bekerja”.

Hiroro Inc. yang menerapkan sistem ini sendiri adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang hiburan, atau tepatnya dalam produksi iklan komersial dan video musik. Perusahaan ini baru didirikan pada Agustus 2018 dan bermarkas di Distrik Kita, Metropolis Tokyo.

Gambar: Billboard

Sumber: Yahoo News, Grapee