Developer Grisaia Trilogy, Frontwing Resmi Jadi Anak Perusahaan Bushiroad

March 18, 2021 12:09 pm
Developer Grisaia Trilogy, Frontwing Resmi Jadi Anak Perusahaan Bushiroad

Ryuuichirou Yumekawa, Presiden dan Direktur Perwakilan Frontwing umumkan pada hari Selasa (16/03) bahwa perusahaannya resmi bergabung dengan grup perusahaan Bushiroad. Frontwing kini akan bergerak sebagai anak perusahaan dari Bushiroad pasca pengakusisian saham mayoritas. Angka pengakusisian ini tidak diungkap secara publik.

Pernyataan dari Presiden dan Perwakilan Direktur Frontwing, Ryuuichirou Yumekawa:

Kepada semua yang telah mendukung Frontwing

Sesuai pengumuman hari ini (16/03), perusahaan kami “Front Wing Lab Co. Ltd” telah diakusisi menuju “Bushiroad Co., Ltd” dan akan beroperasi sebagai bagian dari grup perusahaan Bushiroad.

Frontwing Lab, yang berawal dari Frontwing, dibentuk oleh saya saat masih menjadi mahasiswa. Sehingga selama 20 tahun berkecimpung di industri hiburan, game, anime televisi, distribusi teater, dan bisnis luar negeri sebagai developer karya orisinal dan penerbit.

Pada Maret 2019, kami telah menjalin hubungan bisnis dengan Bushiroad Co., Ltd. untuk memperkuat aspek promosi dan publisitas, dan kami akan bergabung grup dengan cara ini.

Mulai saat ini, kami akan memanfaatkan kekuatan seperti “produksi karya orisinal” dan “manajemen kreator”. Sebagai anggota dalam grup yang sama, kami akan berusaha keras untuk menilai satu sama lain.

Saya ingin berterima kasih atas dukungan yang terus diberikan terhadap karya yang Frontwing produksi.

16 Maret 2021

Front Wing Lab Co., Ltd.

Perwakilan Direktur dan Presiden

Ryuuichirou Yamakawa

Gamebiz melansir bahwa Bushiroad telah mengakusisi 810 saham perusahaan yang bermarkas di Tokyo ini yang memiliki persentase 50,625%. Proses akusisi akan diresmikan pada 1 April 2021 dan akan menjadi anak perusahaan dari Bushiroad. Total harga dari pengakusisian ini tidak diungkap ke publik.

Frontwing dan Bushiroad sebelumnya bekerjasama dalam proyek game ponsel “Grisaia Chronos Rebellion” yang dirilis pada 26 November 2020. Frontwing menjadi developer game ini, sementara Bushiroad berperan sebagai penerbit dan promotor gamenya.

Frontwing

Visual game ponsel Grisaia: Chronos Rebellion

Frontwing adalah developer novel visual yang didirkan pada April 1999. Developer ini awalnya berfokus pada bisnis ekspor dan impor game kartu, sementara pengembangan game komputer dilakukan sebagai hobi saja. Namun pengembangan game komputer bertipe novel visual ini berubah menjadi bisnis utama perusahaan. Karya debut mereka adalah novel visual “Canaria: Kono Omoi o Uta ni Nosete” yang dirilis pada Agustus 2000.

Developer ini kian aktif tiap tahunnya dalam merilis novel visual hingga kini. Beberapa franchise novel visual yang mereka buat seperti “Makai Tenshi Djibril“, “Time Leap“, “Grisaia Trilogy“, “Island“, “Grisaia: Phantom Trigger“, dan masih banyak lagi.

Grisaia no Kajitsu” menjadi novel visual pertama Frontwing yang dipasarkan secara internasional lewat kerjasama dengan Sekai Project di tahun 2015. Di tahun 2016, mereka mulai membentuk tim penerjemah untuk membantu perilisan produk dengan target konsumen penutur bahasa Inggris. Pada tahun 2018, nama perusahaan Frontwing Co. Ltd. berubah menjadi Frontwing Lab Co., Ltd.

© Frontwing

Sumber: Gamebiz, Ryuuichirou Yumekawa