[JOI Spotlight] Raikkonen Edition

March 21, 2021 20:00
[JOI Spotlight] Raikkonen Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang akhirnya masuk di minggu di mana ada seri yang mengakhiri penayangannya. Seperti biasa mari kita lihat impresi para staf untuk seri yang sudah hadir baru-baru ini.

Wonder Egg Priority 10

Kaptain

Mari kita lewatin nih mindshattering reveal buat adegan kencan. Hore buat Momoe yang sukses menangin nih game, liat aja tampang sang pemenang di atas. Tanda asteriks gamenya juga keungkap ngeliat untuk dapet “True Ending” para pemain harus menang ngelawan personifikasi kematian.

Saya masih suka sama interaksinya, cuma makin kebelakang saya makin ngerasa WEP terlalu ngandalin shock value buat momen emosionalnya. Sangat ngarep ini nggak jadi kebiasaan ngeliat tinggal Ai aja yang butuh penyelesaian Arc.

Hataraku Saibou Black 13 [End]

Kaptain

Yep. Masih ngasih sequel bait yang untungnya dibuat kabur detailnya. Sebenernya di manga juga ada komentar kalau badan kayak gini walaupun udah membaik kondisinya itu nggak bakal diizinin ngasih transfusi. Tapi ya Black butuh badan nggak sehat untuk cerita mereka.

Jujur aja buat saya seri ini tuh udah selesai, ngeliat versi orisinalnya juga udah tamat. Spinoff emang masih banyak tapi saya udah cukup kenyang dengan format edukasi ini. Bukan berarti saya sekarang benci tapi saya nggak liat banyak value dengan ngomongin seri ini kedepannya.

Mushoku Tensei 10

Kaczmarek

Episode yang cukup intense bagi Rudeus. Sejak pertemuan Rudeus dan Eris dengan Ruijerd, kekhawatiran akan salah satu dari mereka (terutama Ruijerd) bakal bergerak seenaknya akhirnya bisa dimulai dari sini. Rudeus yang lengah dengan pemahaman dalam kepala Ruijerd membuatnya harus berpikir lebih keras untuk paling tidak menjaga tujuan awalnya, mengubah stigma ras Superd.

BlueHeaven

Bouken da, bouken. Meski ada insiden “kecil” tetapi perjalanan Rudy untuk menuntaskan misinya sejauh ini cukup sukses. Ditambah dapat cheat nasihat dari Tuhan, ya mungkin saja Rudy tidak akan berpikiran sampai kongkalikong dengan petualang bejat lainnya. Ya, consider Rudy already dirty from beginning.

Tensura S2 10

Kaczmarek

Wah bener-bener disisain bagian terbaiknya di episode berikutnya. Namun saya udah dibuat puas dengan pemenggalan kepala Kyoya oleh Hakurou. Sementara Shogo masih bisa hidup, hingga badannya dipakai oleh Razen. Sempet berharap Geld dapat menghabisi Shogo sampai mati di momen sebelumnya, namun saya kini penasaran bagaimana Razen bisa tewas nantinya.

BlueHeaven

Terbaik dah! Azab karakter isekai sok kuat akhirnya mati tragis semua. Demen banget ga pake rem buat pembalasannya. Kyoya emang worth banget buat dibunuh, untungnya cuma sekali jebret. Ga ada kasian buat si Shogo, udah rela bunuh temannya sendiri, ujung-ujungnya digebuk kayak mau bikin ayam geprek. Last part tentunya saja Rimuru lagi bentar lagi panen jiwa. There’s no way to escape, no way.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 24 [End]

Kaczmarek

Sebelumnya Teppei, sekarang Takano. Ngeliat cabang kehidupan lain, lama-lama saya empatik dengan setiap karakter di seri ini. Dengan berakhirnya musim terbaru ini, tentunya para penonton tak mau berakhir hanya di bagian menggantung ini. Namun ada sedikit yang mengganggu saya di musim ini, yaitu minimnya kontribusi Rena dalam sisa arc paruh keduanya. Ditambah lagi, Hanyuu ngilang kemana dah? Ini juga tiba-tiba Eua aka Featherine muncul di arc Satokowashi tanpa sama sekali alasan yg jelas. Huh, yaudah tunggu aja jawabannya di musim panas ini.

Jaku-chara Tomozaki-kun 11

Kaczmarek

Bottom-tier disini bukan disematkan untuk Tomozaki, melainkan bagi Aoi. Jujur, saya setuju dengan pendapat Takahiro dan Tomozaki disini. Untuk Tomozaki, ia menginginkan suatu hubungan yang ideal dan sesuai dengan hatinya. Segala progres juga bukan karena skenario buatan orang lain, melainkan dengan skenario buatannya sendiri. Sedari awal saya melihat skenario “jadian dengan Kikuchi” dengan alur yang sudah difabrikasi oleh Aoi bakal membuat hubungan ini kayak menjadi permainan hati antara Tomozaki dan Kikuchi sendiri. Dengan ini, Tomozaki resmi keluar dari jalur yang dibuat Aoi, namun di akhir nanti, apakah sisa episode ini bakal berpihak kepada Aoi atau Tomozaki?

BlueHeaven

Look at this bitch. Beranggapan dirinya paling benar. Munafik diatas kemunafikan. Untung saja Tomozaki pure heart, benar-benar mengingatkan saya kepada Hachiman yang tidak ingin kepura-puraan. Apa-apaan coba nuker lagi barang pemberian? Emang antagonis terselubung ini Aoi.

Log Horizon: DORT 10

Kaczmarek

Huhh, saya gak ngira Akiba yang jadi tempat raid lagi. Seharusnya ini gak terjadi lagi sejak insiden di musim keduanya, namun melihat belum adanya entitas penting di kawasan kota ini, keamanan kota ini tentunya masih rapuh. Genius yang hadir saat ini agak ngeselin sih, namun saya menantikan bagaimana Shiroe dan kolega mengatasi raid ini.

BlueHeaven

I love how enemy can use game system against player. Look how the table turns. Sekarang giliran Minori dan lainnya serta Akatsuki yang bisa diharapkan untuk menyelesaikan raid ini. Akhirnya game on! No more cerita panjang berbelit. Shiroe dan lainnya mending ngopi dulu deh sehabis bangkit di katedral.

Kakushi Dungeon 11

Kaczmarek

Dimulai dari Olivia, diakhiri dengan Olivia. Jangan terlalu berharap penyelesaian masalah ini bakal terasa fantastiss, karena ini material ceritanya juga udah pasti trashy. Kecuali malah ada perubahan dan bikin saya bamboozled.

BlueHeaven

Finally, not OP MC anymore. MC yang naif, MC yang menganggap semuanya bisa berjalan sesuai rencana. Akhirnya kena tebas tuh kan. Sekali ditebas, tidak berdaya. Oho, tentu saja nantinya ada plot armor di episode selanjutnya, tetapi bolehlah sesekali saya bergembira melihat Noel-kun terpojok, heheh.

Yuru Camp S2 11

Kaczmarek

Sudah mencapai penghujung musim kedua, dan saya belum mendapatkan apapun kecuali tips-tips lokasi berkemah dan cara berkemah. Namun apa yang diharapkan? Tentunya konflik yang nampaknya hanya bisa dijawab dengan “seyanaa” saja. Akan tetapi, di musim kedua ini saya mendapatkan pelajaran bahwa menggunakan google maps itu diperlukan lebih dari bertanya-tanya dengan orang lain. Terakhir, saya tetap nge-simp mbak Sakura dan Toba-sensei.

Back Arrow 11

Kaptain

Masuk ke sesi perang ini alur ceritanya jadi jauh lebih enakan. Perkembangan yang saya paling seneng ya fakta kalau Arrow setuju sama rencana Shu buat nguasain Lingalind. Biasanya protag macem gini bakal bimbang dulu atau ngerasa nggak pantes, but nope ini Arrow begitu sadar kalau Wall cuma bisa dijatuhin dengan keseluruhan resource negara yang tersisa langsung all ini rencana ini.

Kaifuku Jutsushi no Yarinaoshi 10

Kaczmarek

Sialan, harus nunggu episode berikutnya buat dapetin pembalasan terhadap Blade. Namun di episode ini justru lebih nyaman ditonton karena Keyaruga berubah jadi Keara yang disuarakan Youko Hikasa. Namun yang bikin saya terkejut justru bukan saat Keara menampakkan batangnya di depan Blade, tapi Myrrh yang disuarakan Sarah Emi Bridcutt. Sudah lagi dirinya menggunakan suara yang sama seperti Kumano (KC).

Jujutsu Kaisen 23

Kaptain

Selamat, di trio kita udah ada yang bisa pake Domain Expansion dan bisa ngalahin Special Grade sendirian. Meet the Cursed Womb bros, kakak beradik yang gimmick-nya itu darah dan kecuali saya salah inget harusnya kita dapet latar belakangnya Nobara dalam waktu dekat.

Horimiya 11

Paling enggak Iura bisa jadi kakak yang peduli ama adeknya

Kaczmarek

Agak berharap mantannya Iura diperlihatkan di episode ini, namun kayaknya itu permintaan yang cukup berlebihan. Dari semua karakter yang nongol di anime sejauh ini, Iura jadi yang paling saya kurang sukai. Impresinya hampir sama dengan Kono dan Sawada saat pertama kali mengenal rambut ijo itu. Ngomong-ngomong soal Kono, nampaknya doi lagi cukup naek pamornya pasca terjadi “kegagalan” itu.

CTian

Episode 11, udah adaptasi cerita dari jilid 14… Wow. Belum nonton sih sebenarnya episode-episode lainnya, ini juga ikut spotlight karena ada Sawada-nya! Nggak kaget sih misal episode terakhir animenya tahu-tahu udah adaptasi jilid terakhir~

Kumo Desu Ga 11

BlueHeaven

Kronologi yang cukup jelas untuk menjelaskan akhir riwayat dari Sang Pahlawan, Julius. Jadi sekali kena jagan langsung jadi abu semuanya. Betapa lemahnya manusia di hadapan seekor laba-laba.

Kembali ke 15 tahun lalu, Kumoko sekarang fokus untuk melawan naga bumi yang sangat ditakuti sekaligus dikaguminya. Kemungkinan setelah ngalahin tuh naga barulah kelar cour pertama.

Re:Zero S2 24

BlueHeaven

Ah, saya sudah terbiasa melihat alasan cliche Subaru untuk meyakinkan seseorang. Kali ini Beato yang menjadi sasaran. Jadi episode ini fokus untuk menarik Beato agar mau keluar dari perpus busuk itu setelah 400 tahun mendekam di balik pintu-pintu random. Saya bingung mau jelasin prosesnya yang jelas di mata saya Subaru lebih shounen dari Eren, setidaknya dari segi kenaifannya. Oh ho, I found Betty voice calling Subaru name is pretty lewd too.

Sk8 10

Kaptain

Hot damn that’s a massive dick move, pas ini pasangan utama udah mesra lagi langsung aja ini ADAM nyoba mincangin Reki. Dengan episode ini keliatannya arc buat Miya & Shadow dah selesai, dan untuk karakter guyon kita ini paling nggak dia udah berhasil ngebuktiin his worth as a man.

World Witches Hashin Shimasu 10

Kaczmarek

Beberapa subs dari anime ini menulis nama Georgette jadi Jose astagaaaa. Get her name right ffs! She is fricckin Galliaise, not Hispanic! But anyway, dua episode ini makin menunjukan sisi kepribadian dari Rall. Ia juga cukup licik bahkan terhadap anggota 502nd lainnya hahaha. Kalau dilihat Edytha juga gak nampak 19 tahun, bahkan seperti lebih muda dari si Hikari. Paling bener beli booze ya si Krupinski atau Rall disini.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Kelar kabeh, kecuali difficulty tersulit. Sekarang memasuki dead week sebelum banner Surtr nongol. Apa kalian sudah siap-siap untuk banner mbak Surti?

Girls Frontline

Kaptain

Saya tahu batch kali ini tuh pada dasarnya “Good, not Great” kayak Alfa dan “bagusnya di kostum aja” kayak ZB. Won’t bother with Tabuk ngeliat RF juga dah kelewat ganas kompetisinya. Penasaran aja ini EXP buff itu buat event apa ngeliat Mei nanti bakal Anniversary dan kecil kemungkinannya kita dapet Polarized Light pas April.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Mari kita bersiap-siap dengan akhir penayangan berbagai seri di minggu depan.

Header: holeecrab