[JOI Spotlight] Expensive Blockade Edition

March 28, 2021 7:09 pm
[JOI Spotlight] Expensive Blockade Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk bulan Maret ini, yang minggu depan kita udah bisa ngulas seri musim semi jadi mari kita beres-beres seri musim dingin ini lewat impresi para staf.

Mushoku Tensei 11

Kaczmarek

We need something to knock out their idealistic thought, and of course the best way to do it is by violence, violence, violence, and clarity. Violence, violence, violence, violence, violence, CLARITY! Oh, kalau tidak ada episode ini mungkin saya udah makin kesel dengan Ruijerd. Beruntung disini yang perlu disadarkan adalah Rudeus, bukan Ruijerdnya sendiri. Saya juga salah menginginkan Ruijerd untuk berubah. Kemudian, saya merasa ada time skip di episode ini, terutama di bagian akhir.

BlueHeaven

Ruijerd botak, ruijerd botak! Mantap bouken sesungguhnya akhirnya dimulai. Prolog yang cukup panjang dan animasi yang memuaskan. Ga sabar nunggu summer datang.

Wonder Egg Priority 11

Kaptain

Jadi sumber perkara cerita ini adalah dua orang dewasa brengsek yang punya ide yang nggak sehat soal gadis ideal. Saya harap ini anime nggak minta penontonnya bersimpat sama dua orang ini karena ujung-ujungnya mereka itu nyeret lebih banyak orang buat beres-beres kerusakan yang sepenuhnya tanggung jawab keduanya.

Ini tinggal satu episode dan jelas banget produksinya udah kelabakan ngeliat bagian finale Neiru dilompatin dan ga ada komunikasi sama sekali antara keempat heroine soal jebakan di akhir. Jadi saya juga rada khawatir ini gimana plot supernatural dan si guru bakal nutupnya.

Log Horizon: DORT 11

Kaczmarek

Raid-nya Minori memang terlihat minim pengalaman dan harus kesulitan dalam bertarung, namun paling tidak mereka bisa menemukan mekanisme genius yang menjadi lawan mereka. Dengan Shiroe dan lainnya menaruh harapan terhadap mereka, saya menantikan bagaimana Minori cs. menyelesaikan misi yang mereka dapatkan.

BlueHeaven

Tentu saja bocah yang masih minim pengalaman raid ga bakal mudah menaklukan dungeonnya. Dan tentu saja Akatsuki bakal jadi kunci untuk memecahkan masalah. Lawan bencana yang ngasih serangan mental memang merepotkan sih.

Tensura S2 11

Kaczmarek

My My My, what a way to upgrade yourself. Rimuru kini sudah bukan pemimpin Tempest biasa, tapi juga sebagai Raja Iblis. Kehadiran Raphael dan Diablo juga menambah kesan menakutkan pada Rimuru. Bagi yang mengkhawatirkan dua servant terbaru ini, jangan khawatir. Mereka sangat loyal dengan tuannya, lebih loyal dari yang mungkin kalian bayangkan. Tak lupa juga, selamat terlahir kembali Shion!

BlueHeaven

Raphael! Wangy, wangy, wangy! Episode minggu kemarin sudah memuaskan, episode kali ini lebih memuaskan. Diablo akhirnya show-off. Ya walau agak beda di beberapa scene tapi eksekusi animenya dapet, I have no complain. Good job 8bit!

Kaifuku Jutsushi no Yarinaoshi 11

Kaczmarek

Beruntung bagian material kanibalismenya dibuat simplistik dari yang mungkin saya bayangkan. Setelah Blade resmi dilahap hidup-hidup, kini menyisakan Norn dan Hawkeye yang harus segera Keyaru atasi. Saya gak mau memberi saran sugestif disini, namun saya berharap pembalasan terhadap Norn bisa lebih baik dari Blade. Saya mengapresiasi detail dari scene jenazah dari Karman disini.

Jaku-chara Tomozaki-kun 12 (End)

Why you gave us Narita NOW, Project No. 9!?!?!?!?

Kaczmarek

Akhirnya penayangan anime dari seri novel edukasi normies kini bisa selesai. Perdebatan mengenai konsep “apa yang diinginkan” dari Aoi dan Tomozaki kini tidak akan menghasilkan peleburan yang sesuai dengan kehendak masing-masing. Namun paling tidak mereka bisa mengerti jalan masing-masing dan tidak memaksa satu sama lain. Kecuali satu hal, Noname belum bisa mengalahkan Nanashi. Satu keinginan yang tidak dianggap “keinginan” bagi Aoi ini masih akan terus berjalan, begitu juga dengan perkembangan Tomozaki dan Kikuchi. Saya pengen teriak setelah ngeliat heroine baru, Tsugumi Narita tidur di bangku itu. Kalau gaada Kikuchi sama Mimimi, heroine satu ini yang saya favoritkan untuk menjadi pasangan Tomozaki. But yeah, kembali ke pertanyaan musim keduanya.

Season 2? Terlalu dini untuk mengumumkan ini. Hal ini dikarenakan penjualan BD dan DVD-nya yang sempat dipertanyakan oleh sang author, Yuuki Yaku. Yaku-sensei menganggap harga yang dipatok untuk volume BD dan DVD-nya cukup mahal untuk kantong pelajar. Oricon juga mencatat penjualan BD vol. 1-nya tidak mencapai 1000 kopi. Optimis berasa overstatement, unless ada berita baik terkait DVD-nya.

BlueHeaven

Ingatkan saya untuk mengulas ini secara keseluruhan.

Yuru Camp 2nd Season 12

Kaczmarek

Geospot Tombolo, mengingatkan saya dengan tombolo di Pacitan, namun dengan ombak ala Samudera Hindia yang ganas. Di episode ini, para gadis-gadis ini sudah bisa mengontrol Toba-sensei agar tidak meneguk sloki atau kaleng minumannya di saat yang genting. Episode terakhir sudah di depan mata, dan saya masih gamau memberi ucapan sampai jumpa pada seri yang bisa nemenin saya makan ini.

World Witches Hasshin Shimasu 11

Kaczmarek

This is the end of 501st setelah menemani kita sejak Oktober (termasuk Road to Berlin). Sayangnya Miyafuji gak bisa mendapatkan tiga target barunya seperti di gambar. Ya paling enggak, filmnya bisa selesai dibuat walau ditengah ketidakpastian apakah unit ini bakal bersatu kembali.

Kakushi Dungeon 12 (End)

Kaczmarek

How come a show that so disgustingly trashy could become enjoyable at the same time? Heh, saya gak ngerti lagi dengan selera saya sendiri. Olivia akhirnya bisa bebas dari jeratan rantai itu dan masa lalunya juga dijelaskan (garis besarnya saja)

BlueHeaven

Well, pertama kalinya saya dapet feel dari anime ini. Perasaan Olivia nyampe ke saya, but again Norn and his harem just make it worse. Decent ending.

Horimiya 12

Kaczmarek

Couldn’t beg more. Ini episode rammed up dari beberapa skit yang hadir di manga-nya. Namun hal-hal tersebut hanya jadi pemberi warna bagi karakter disekeliling Hori dan Miyamura. Miyamura kini tak hanya menjadi pacar bagi Hori, melainkan juga anggota keluarganya yang lain. Kehadirannya udah irreplaceable dan propoal pernikahan hanya tinggal menunggu momen saja. Tak perlu lama, proposal itu langsung diberikan.

Jujutsu Kaisen 24 (End)

Kaptain

Ga yakin bakal cepet dapet lanjutan ngeliat Mappa itu super sibuk, toh juga kita masih dapet film buat “ganjelan”. Masuk di akhir adaptasi ini saya udah yakin kalau ini adaptasi seri TV yang jauh lebih kompeten dibanding Kimetsu. Alasan utama saya bilang ini tuh fakta kalau setengah konten sumber materinya (saat artikel ditulis) bisa kesampaian tanpa nurunin kualiatas produksinya.

Satu lagi aspek yang merubah pandangan awal saya tuh soal karakter perempuannya. Maki & Nobara jelas dapet banyak banget nilai tambah di adaptasi ini dan pendukung lainnya juga dapet screentime yang berguna di omake akhir. Saya seneng aja Mappa bisa cukup melek dengan fakta kalau para pengguna Jujutsu itu secara fundamental “messed up people” jadi di luar Itadori ga punya perangai khas karakter Shounen, tapi toh juga di episode ini ditunjukin kalau kerjasama mereka cukup solid.

Jadi selamat untuk Mappa yang ngubah materi yang awalnya kompeten jadi superb di adaptasi ini. Sung Hoo Park emang dipuji soal penyutrdaraan dia di God of Highschool, tapi di Jujutsu akhirnya dia dapet materi di mana karakternya pantes dipeduliin.

Sk8 11

Kaptain

Good. “Kemenangan” Reiki kali ini cukup bisa diterima. Kelebihan dia tuh emang di aspek modifikasi dan taruhan dia buat kondisi lapangan yang pas dengan Board miliknya kebayar. Yang paling penting itu dia berhasil morotin ADAM. Finale minggu depan tinggal liat aja hasil kombinasi skill Langa dengan modifikasi akhir Reki buat Board barunya.

Maiko-san Chi no Makanai-san 02

CTian

Akhirnya, bertemu lagi setelah 1 bulan lamanya! Sebelum masuk pembahasan, mau kasih tahu dulu nih buat penayangan resminya! Bisa ditonton di tautan ini ya! Ini gratis kok, jadi tolong jangan nonton bajakannya ya, makasih!

Di episode kedua ini, dialek lokalnya kerasa banget. Ada 2 dialek yang kayaknya bakal sering muncul di seri, dialek Kyoto tempat Suu & Kiyo berada sekarang dan Aomori kampungnya Suu & Kiyo. Di bagian kredit judul pun ditulis para guru pengajar dialeknya!

Untuk kakak maiko lainnya juga sebenarnya banyak yang dari luar Kyoto, tapi kayaknya cuman 2 dialek ini yang bakal banyak muncul. Oh ya, seiyu maiko lainnya juga ganti lagi dari episode 1, nggak ada yang saya kenal sih. Di episode 1 saya masih kenal dengan nama Ayasa Ito~

Terus, episode ini Suu sudah persiapan debut menjadi maiko! Geulis pisan ah! Kak Tsurukoma juga sudah mulai kelihatan, bahkan masuk Dish of The Day, bareng sama Ibu Ichi walau hanya lewat~ Sekarang saya menunggu adegan di mana Ibu Ichi rambutnya digerai! /plak

Kenta kecil juga sudah muncul di episode ini. Suaranya pakai suara kasar dari seiyuu wanita. Karakter anime shonen tempo dulu banget deh. Di manganya yang sudah terbit di Indonesia masih keseringan kilas balik sih adegan Kenta ini, mungkin animenya juga kebanyakan kilas balik juga.

Kiyo masih manis banget, terima kasih banyak mbak Kana Hanazawa! Dia juga bikin orang tenang dan semangat banget karakternya. Saat nontonin aksi Kiyo ini, entah kenapa air mata saya langsung keluar begitu aja. I love her so much! Adegan dia nyerok salju yang ditambah dengan musik dan suasana kayak gitu, bikin nenangin hati banget.

Episode berikutnya salah satu cerita yang bikin saya favoritkan manga ini! Kiyo Tiba di Kyoto Bagian 1 dan 2! Bagian ketiga episode 3 saya lupa itu cerita yang mana, ya sempat lah baca lagi selama sebulan menunggu. Ahhh sedih banget harus sebulan sekali, tapi penantian itu setimpal banget sih!~

Re:Zero S2 25

BlueHeaven

Emilia maji tenshi! Hahaha tim Rem dimana suaranya? AFK trus ya, kapan login? Kesampingkan waifu war, emang eksekusi season 2 ini ga tanggung-tanggung. Saya sangat menyukai bagaimana Roswaal ditampol terutama sama Petra yang masih polos dan speak up secara luar biasa.

Sutradaranya sendiri sudah siap untuk melanjutkan ke season 3? Echidnanya ga ditampilin kebangkitannya soalnya. Bahan adaptasi masih banyak, sangat worth untuk ditunggu kelanjutannya.

Kumo Desu Ga 12

BlueHeaven

Aw that spider is so hot! Di sini saya ga sebut nama dulu biar kalian ga kena spoiler parah. Yang jelas laba-laba yang putih kemarin sama yang hitam ini beda. Kembali ke timeline Kumoko masih di dungeon, akhirnya Kumoko bisa menuntaskan tujuan akhirnya mengalahkan Araba. Ya meski itu animasinya masih belum terbiasa untuk ditonton oleh saya yang lebih prefer 2D tapi aslinya seru kok. Setiap kali Kumoko menghadapi maut dalam pertempuran sengitnya, itu feelnya berasa. Sayang aja budgetnya terbatas mungkin jadi kualitas animasinya begini tapi saya jamin ini plotnya diatas rata-rata. Ratingnya juga mulai membaik, cour kedua gas!

Back Arrow 12

Kaptain

Pundak kena tombak? Ga masalah. Tangan kena piso? Ga bisa pake finisher. Ini lebih nyebelin ngeliat Arrow sendiri tuh walaupun emang bukan jenderal veteran paling nggak cukup kuat fisiknya. Then again ya dari materi preview juga dia bakal dapet proper upgrade dan lebih banyak temen yang dapet Bind Warper, jadi mari kita lihat apakah momentumnya bisa kejaga di cour selanjutnya.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Map event done, get Surtr done, E2 Surtr done, saatnya mastery untuk persiapan CC Cinder. Dengan Anmi juga bikin ilustrasi Eyjafjalla, saya optimis dia bisa ngajuin skin baru untuk operator dengan seiyuu favorit saya ini.

Genshin Impact

Kaptain

Ngeliat Windblume ini ga minta kita buat ngedengerin soal operasi Hernia penduduknya sebelum dikasih tugas, saya bilang ini festival yang superior. Bukan standar yang susah dipenuhin sih ngeliat dari awal juga kita lebih banyak interaksi sama tokoh pentingnya, ga cuma para proletar aja. Ini Fall Guys juga gampang dicurangin pake unit Geo/Venti/Xiao, cuma ya abis dapet semua material refine Bow Event saya ga ada niat buat grinding lagi.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Dapet sesuai budget SQ. Tinggal ngumpulin kartu sebelum ngelarin act akhir. Event yang cukup enak ngeliat udah dapet Kiara+Kama jadi ini combat juga ga perlu mikir.

Sekian JOI Spotlight kali ini. jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang hadir minggu ini?

Header: jan_toorops