[Waifu Wednesday] Sakura Kagamihara

March 31, 2021 6:30 pm
[Waifu Wednesday] Sakura Kagamihara

Selamat datang dalam rubrik Waifu Wednesday edisi Sakura Kagamihara. Sesuai nama karakternya, kali ini saya bakal membahas karakter dari serial mangaYuru Camp” ini. Minggu ini juga menjadi minggu terakhir dari penayangan episode terakhir musim keduanya, dan Sakura menjadi karakter yang paling menarik perhatian saya. Langsung saja, mari membahas profilnya.

Sakura Kagamihara adalah kakak kandung dari protagonis utama seri Yuru Camp, Nadeshiko Kagamihara. Ia adalah anak pertama dari dua bersaudara, dan kini sudah berumur lebih dari 20 tahun. Sakura memiliki surat izin mengemudi roda empat dan roda dua. Ia biasa menggunakan mobil Nissan Rasheen untuk berjalan-jalan atau menjemput Nadeshiko dan anggota keluarganya,

Sakura memulai debutnya di anime pada episode pertama. Ia memiliki rambut panjang berwarna ungu atau violet. Biasa juga terlihat mengenakan kacamata di depan mata berwarna birunya. Dalam kesehariannya, Sakura mengenakan pakaian kasual seperti jaket parka, kaos berlengan panjang dan celana jeans. Marina Inoue menjadi seiyuu waifu satu ini.

Lalu bagaimana dengan pesonanya sebagai seorang waifu? Berikut beberapa poin yang bisa kalian pertimbangkan.

+ Best onee-san in the series

Dibanding Inuyama Aoi yang masih remaja dan Minami Toba yang cukup lebih dewasa, peran kakak perempuan yang paling menonjol di seri ini adalah Sakura. Waifu yang masih berkuliah ini sering ditemui saat antar-jemput Nadeshiko atau saat jalan-jalan dengan mobil kesayangannya. Ia juga sering menghabiskan waktunya di dalam rumah dengan menonton acara televisi dan film.

Sakura sangat pengertian terhadap adiknya yang berbeda warna rambut itu. Ia juga yang sering memberikan saran, wejangan, hingga rekomendasi bagi Nadeshiko di saat ia kebingungan. Bukan ibunya, Sakura juga yang biasa menghukum Nadeshiko jika berbuat hal konyol. Ada anggapan bahwa ia menyerap segala sifat serius dan pribadi introvert dari kedua orang tuanya, sementara Nadeshiko yang menyerap bagian kecerobohan dan pribadi extrovert. Kontrasnya perilaku tak mengecilkan kasih sayang antara saudari kandung ini. Bahkan Sakura sampai-sampai harus menengok keadaan Nadeshiko di saat berkemah sendirian.

+ Traveler Buddy and…..Petrolhead?

Mbak Sakura memang punya hobi yang cukup unik dari karakter-karakter lain di seri ini. Ia lebih suka menghabiskan waktu luangnya untuk berjalan-jalan sambil mengendarai mobil Nissan-nya. Sambil mengendarai, sambil menikmati pemandangan, udara, dan mampir ke tempat-tempat yang ia sudah tandai. Inilah mengapa dia sering mengantarkan Nadeshiko dan teman-temannya pergi ke tempat perkemahan. Namun apakah ia juga penggemar otomotif?

Yap, namun tidak se-petrolhead Shizuka Hiratsuka dari Oregairu. Daripada soal mobil, Shizuka menaruh ketertarikan terhadap kendaraan roda dua. Ia sering menonton tayangan “Gentsuki no Tabi“/”Moped’s Journey” dan saya bisa katakan juga seorang otaku pada genre otomotif + travelling ini.

+ Coolheaded Geek

Sakura Kagamihara jarang sekali menunjukan emosi pada raut wajahnya. Ia cukup dingin untuk bersikap, namun juga tenang dalam menyikapi ulah orang lain, seperti Nadeshiko sekalipun. Sikap dingin dan tenang ini kadang tenggelam jika Sakura menemukan suatu hal yang ia anggap menarik. Sekali lagi, contohnya seperti membicarakan Moped’s Journey. Shima Rin pernah mencoba untuk mengangkat topik ini, dan ia untuk pertama kalinya melihat kakaknya Nadeshiko ini tampak antusias terhadap suatu hal. Sakura bahkan akan meminjamkannya seluruh edisi acara tersebut kepada Rin. Cool outside, geek inside.

+ Marina Inoue

Poin apresiasi seiyuu yang patut diangkat. Inoue adalah sosok yang tepat untuk menyuarakan karakter dengan aura dingin ini. Seiyuu kelahiran tahun 1985 ini memang akhir-akhir ini sering mendapat peran karakter kakak perempuan seperti Yayoi Amatsuka (Senyoku no Sigrdrifa), Kanami (Log Horizon), Nana (Darling in the Franxx), dan Momo (BnHA). Sehingga sudah bisa sandingkan Inoue dengan seiyuu seperti Miyuki Sawashiro, Yamasaki Maki, Rina Satou dan masih banyak lagi.

– Professional Loner

Apa kalian pernah melihat Sakura Kagamihara bertemu dengan salah satu temannya? atau minimal berinteraksi secara daring dengan mereka? Karena mungkin Afro (mangaka) belum mendalami lebih jauh karakter dan keseharian dari waifu satu ini, pertanyaan mengapa Sakura sering menyendiri disini masih belum bisa terjawab secara resmi. Hingga munculah perbicangan secara daring yang membuahkan kesimpulan subjektif.

Saya berspekulasi bahwa Sakura sedang berada dalam fase ternyaman di dalam hidupnya. Ia dapat menikmati waktu luang sesuai keinginannya sehingga zona nyamannya kian menebal. Hal lain yang ada di pikiran saya adalah Sakura sedang berada di semester-semester terakhir alias mengerjakan skripsinya. Melihat betapa banyaknya waktu luang yang ia dapatkan di musim kedua anime-nya, saya meyakini ia berada dalam masa tersebut.

– Rin?

Saya tidak bisa menahan diri untuk mengangkat poin ini. Berkat trigger yang diberikan Rin kepada Sakura, saya seperti melihat ada bunga lily yang tumbuh mekar di tengah hutan bersalju. Berandai-andai waifu ini mendapatkan spin-off sendiri oleh Afro, saya sendiri menginginkan adanya kedekatan yang makin melekat antara dirinya dan Rin. Duo yang cocok juga untuk travelling, namun saya melihat ada kemungkinan Nadeshiko sedih karena temannya dicaplok sama kakaknya sendiri.

Bonus: Not Rider, But Driver

Waifu satu ini sering dikait-kaitkan dengan seorang servant dari franchise game “Fate“. Servant yang tentunya memiliki kemiripan tak hanya pada warna dan gaya rambutnya, namun juga dengan desain karakternya. Saya penasaran apakah Afro memang menyukai desain Rider alias Medusa dan membuat desain Sakura untuk menyerupai servant tersebut. Namun sekali lagi untuk diingatkan, mereka ini berbeda. Namun kalian dapat menyukai keduanya sekaligus. Double the fun, right?

Berakhirlah Waifu Wednesday edisi akhir Maret 2021 ini. Saya sendiri gak nyangka sudah mau April aja di tahun ini. Pada edisi minggu depan akan menjadi giliran bagi staf lainnya dan saya bisa merebahkan diri sejenak. Mungkin bakal melanjutkan waifu dari seri ini? atau mengangkat waifu dari seri lainnya? Nantikan saja minggu depan dan semoga sesuai prediksi kalian. Sampai jumpa di April mendatang!

© Afro/Houbunsha/Yuru Camp Production Committee

Gambar: Bonryuu, Shiroshi