Pengadilan Tokyo: “Posting Dialog Tanpa Izin Termasuk Pelanggaran Hak Cipta”

April 1, 2021 1:25 pm
Pengadilan Tokyo: “Posting Dialog Tanpa Izin Termasuk Pelanggaran Hak Cipta”

Pengadilan Distrik Tokyo memutuskan pada hari Jumat bahwa aktivitas posting teks dialog manga tanpa izin dianggap sebagai pelanggaran hak cipta. Shogakukan telah meminta informasi dari penyedia server “situs spoiler” tentang seseorang yang telah memposting hampir seluruh teks dialog manga tanpa izin, dari Januari 2019 hingga Mei 2020.

Hakim Yoshiaki Shibata menyatakan bahwa tindakan orang ini merupakan pelanggaran terhadap hak cipta reproduksi dan transmisi publik, dan pengadilan memerintahkan agar informasi orang tersebut diungkapkan kepada Shogakukan.

Shogakukan menuduh bahwa situs spoiler juga memuat beberapa gambar dari manga Kengan Omega karya Yabako Sandrovich, keputusan pengadilan pada hari Jumat secara khusus untuk postingan teks dialog dari 63 bab tanpa izin. (Penerbit sebelumnya telah mengambil tindakan hukum terhadap orang-orang yang memposting gambar tanpa izin.) Pengacara penerbit menggambarkan putusan pelanggaran pengadilan tentang penyalinan dialog sebagai “bersejarah.”

Departemen editorial aplikasi Manga ONE Shogakukan, yang memuat serial Kengan Omega, mengklaim bahwa situs spoiler telah menjadi masalah serius, dan akan mengambil tindakan tegas terhadap tindakan pelanggaran hak cipta untuk melindungi hak penulis. Pengacara Shogakukan menyatakan bahwa situs pembajakan semakin banyak dilihat karena orang tinggal di rumah karena pandemi.

Kodansha telah mulai mengambil tindakan hukum terhadap “beberapa akun & individu” untuk mencegah upload ilegal dan kebocoran awal bab terakhir Shingeki no Kyojin. Editor manga secara khusus mengatakan pada hari Selasa bahwa perusahaan sedang bekerja untuk mencegah kebocoran teks, bersama dengan gambar, dan akan mengejar pengunggah ilegal “terlepas dari negaranya.”

Sumber: NHK