Sekai Project Umumkan Lisensi Penerjemahan VN Karya Feng

April 2, 2021 2:53 pm
Sekai Project Umumkan Lisensi Penerjemahan VN Karya Feng

Sekai Project mengumumkan pada 1 April lalu bahwa mereka telah melisensi seluruh game dari developer novel visual feng. Lisensi ini merupakan proyek penerjemahan menuju bahasa Inggris dan rencananya akan dirilis untuk platform PC dan lainnya. feng sendiri sudah dinyatakan bangkrut pada 30 September 2019.

Beberapa judul karya feng yang dilisensi oleh Sekai Project diantaranya:

1. Akaneiro ni Somaru Saka

Novel visual ini pertama kali dirilis feng untuk platform Windows pada 27 Juli 2007. GN Software kemudian memporting judul ini menuju PlayStation 2 dan PlayStation Portable. Adaptasi anime-nya juga telah diproduksi oleh studio TNK. Anime ini tayang pada musim gugur tahun 2008 dengan jumlah 12 episode dan satu episode OVA.

2. Hoshizora e Kakaru Hashi dan Hoshizora e Kakaru Hashi AA

Judul pertama merupakan novel visual utamanya, dan judul kedua adalah versi fandisk-nya. Judul pertama pertama kali dirilis feng pada 15 November 2010 untuk platform Windows. Sementara judul kedua dirilis pada 27 April 2012 untuk platform yang sama. Adaptasi anime-nya juga telah diproduksi oleh studio Doga Kobo. Anime ini tayang pada musim semi 2011 dengan total 12 episode.

3. Chiisana Kanojo no Serenade

Novel visual ini pertama kali dirilis oleh feng pada 17 November 2013 untuk platform Windows. vndb mencatat game ini memiliki durasi permianan medium (10-30 jam).

4. Kanojo no Seiiki, Imouto no Seiiki, dan Gakkou no Seiiki

Masing-masing judul ini adalah novel visual berdurasi pendek dan berkesinambungan satu sama lain. Judul pertama dirilis oleh feng pada 19 Desember 2014, lalu judul kedua dirilis pada 28 Agustus 2015, dan judul ketiga dirilis pada 25 November 2016.

5. Zutto Mae Kara Joshi Deshita

Novel visual berdurasi pendek ini dirilis feng pada 30 Maret 2018. Proyek ini melibatkan desainer karakter novel “Isekai Maou to Shoukan Shoujo Dorei Majutsu“, Tsurusaki Takahiro. Penulis skenario novel visual ini, Takami Tanikawa juga pernah mengisi posisi yang sama dalam proyek novel visual “Walkure Romanze“.

6. Yume to Iro de Dekiteiru

Judul terakhir feng sebelum menutup operasinya karena bangkrut. “Yume to Iro de Dekiteiru” sebelumnya dijadwalkan rilis pada tahun 2015, namun harus ditunda karena terdapat masalah produksi. Novel visual ini kemudian mereka rilis pada 22 Februari 2019 untuk platform Windows.

feng sebagai developer novel visual telah merilis sebanyak 11 judul sejak bergerak dari tahun 2002. Menurut perwakilan developer dalam wawancaranya dengan tabloid dewasa PUSH!!, nama Feng diambil dari kata angin dalam bahasa mandarin. Selain sebagai produsen novel visual, developer ini juga terlibat dalam proses produksi dari anime seperti “Absolute Duo” dan “11eyes”. Developer ini resmi menutup operasi pasca perusahaan induk mereka, White Rose mengajukan proses pembangkrutan kepada Pengadilan Distrik Chiba pada 30 September 2019. Tercatat perusahaan saat itu memiliki utang sekitar 60.88 juta yen (7,9 miliar rupiah) terhadap 48 kreditur.

© Feng

Sumber: Sekai Project, Noisy Pixel