[JOI Spotlight] Entering Spring Season 2021

April 4, 2021 7:07 pm
[JOI Spotlight] Entering Spring Season 2021

Selamat datang di JOI Spotlight pembuka musim semi ini. Berbagai anime baru mulai tayang dan beberapa seri musim dingin juga akhirnya bisa ditutup. jadi mari kita saksikan impresi para staf JOI di bawah.

Wonder Egg Priority 12

Kaptain

Ini masuk episode penultimate malah ngasih one big curveball. Paling nggak udah dijelasin kenapa jebakan akhirnya ga dikomunikasiin walaupun alasannya emang nyedihin. Emang masih ada satu episode lagi tapi saya nggak yakin ini plotline Sawaki bakal selesai dengan memuaskan ngeliat ini kesannya yang disalahin para heroine yang kelewat terobsesi dan bukan tenaga pengajar yang jelas gampang bikin kesalahpahaman.

Godzilla Singular Point 01

Kalau ada exe yang kerjanya kayak gini. Saya bakal format PC

What’s this?

Iklan Wikipedia

Kaptain

Saat saya masih nonton, saya ngasih komentar kalau dialognya ini bukan dari skrip tapi dari manual teknis dan/atau halaman wikipedia. Tapi ternyata beneran ada adegan karakter baca manual teknis. Iya materi promonya ngasih banyak aksi Kaiju tapi kalau gaya dialognya kayak gini terus saya ya males. Apa lagi semua karakter utamanya modelnya gini pas ngomong.

Secara mengecewakan sampai hari ini ga ada seri Godzilla yang bisa ngalahan The Series. Tuh seri jauh lebih kompeten soal nyeritain agensi anti-Kaiju.

Mars Red 01

What’s this?

Supernatural Hunting Agency di era Meiji/Taisho 01

Kaptain

Cita rasa: Agensi Resmi Pemerintah. Tipe episode pilot yang berat di eksposisi. Tepatnya dibanding dengan kompetisinya di bawah yang ini lebih berat di aspek investigasinya dibandingkan dengan aksinya. Jadi silakan pilih lebih suka yang berat di dialog atau aksi.

Joran 01

What’s this?

Supernatural Hunting Agency di era Meiji/Taisho 02

Kaptain

Cita rasa: Black Ops. Dunia alternatif di mana era Meiji lebih panjang. Saya lihat ini sebagai seri yang lebih superior ngeliat Mahou Shoujo Ghost Rider itu umpan yang kuat banget buat saya and you know, ada aksinya.

SSSS.Dynazenon 01

What’s this?

Scarred Souls Shine Like Stars

Kaptain

Tipe mechanya sekarang multipilot, dan agaknya drama kali ini bakal fokus ke trauma masing-masing pilot, just like Kiznaiver. Para penontonnya berkat Gridman kemarin harusnya udah cukup ngerti soal aturan dunianya.

Ga ngerti juga efek dunia sebelumnya ke lokasi baru ini kayak gimana. Ngeliat ada detail semacem interior rumah Yomogi yang mirip sama Rikka dan fakta bahwa si “protag” ini punya keluarga yang ga ngilang. Begitu juga dengan kelereng yang dipake Akane buat bikin Kaiju muncul di awal dan tentu aja Gauma ini punya model sejenis. Saya juga liat di diskusinya ada semacam konsensus kalau Chise ini nggak “nyata”, walaupun belum jelas ini modelnya kayak si anak Kaiju Gridman atau hantu konvensional.

Penasaran aja apakah ini Yume bakal jadi “Akane” nih entri ngeliat modusnya dia. Komentar soal kasus bunuh diri ini juga saya penasaran bener relevan ke dia apa nggak ngeliat keluarganya juga mulai pecah.

Saya juga dibilangin kalau di Gridman versi Toku dulu ada plotline soal Mumi yang bisa ngendaliin monster, namun mati karena dikhianati, which is so messed up cewek yang demen sama si mumi bunuh diri dan bereinkarnasi di masa depan. Di berita juga dikatain kalau ada penjarahan makam dan kita udah punya kandidat karakter yang dibalut perban.

So yea Amemiya sebagai sutradara Trigger paling nggak bisa dipercaya buat ngasih cerita lengkap. Ini seri yang saya punya harapan paling tinggi.

Back Arrow 13

Kaptain

That’s a lot, mulai dari kejadian episode sampe kejutan di opening baru. Cuma ya pada dasarnya pembuka musim ini buat ngasih petunjuk soal standar kekuatan setiap kepala negara. Singkatnya Fine ini better be doing something awesome dengan sisi gelapnya dia berhubung si Emperor bisa pake 10 Bind Warper sekaligus. Ga yakin si putri menag sih berhubung si bangsawan juga jelas bakal jadi musuh benerannya Zetsu.

Tensura 2nd Season 12 (To be continued)

Kaczmarek

Hadeh. Kembali, kita harus bersabar untuk melanjutkan musim kedua ini paling tidak sampai Juli mendatang. Namun paling tidak, kita dapat Tensura Nikki untuk mengisi kekosongan musim semi. Nantikan kelanjutannya pada adaptasi volume keenam novelnya.

BlueHeaven

Wah ga nyangka bakal diadaptasi sampe Veldora comeback. Pertarungan Milim dan Carrion juga diringkas begitu baik. Marilah kita menunggu part 2 nya summer nanti.

Kaifuku Jutsushi no Yarinaoshi 12 (End)

Kaczmarek

Salah satu seri yang cukup optimis untuk mendapatkan musim kedua. Meskipun begitu, Rui Tsukiyo (kreator novelnya) sudah mewanti-wanti untuk menantikan penjualan produk dari adaptasi ini terlebih dahulu. Apalagi komite yang “katanya Rui” terkesan dengan penjualan debut volume pertama BD-nya.

Norn di episode ini tampil dengan memuaskan. Meskipun 30% diantaranya dipenuhi adegan dewasa, namun kesesuaian cerita di episode ini dengan versi novelnya tidak terlalu berbeda jauh. Hanya saja beberapa hal dimodifikasi agar mempercepat dialog yang bakal ditampilkan. Sehingga kesan nge-rush disini tidak terlalu besar. Trashy fun but still the sh*t i’ll watch.

Thunderbolt Fantasy S3 01

Kaptain

Secara mengejutkan, tim kita cukup bijaksana buat ngecek Pedang Aoi Yuki beneran ancur apa nggak, faksi antagonis juga cukup cerdas buat nyadarin kalo mungkin super teleporter itu nggak aman kalau akses ke Neraka jadi faktor, dan Satan Irisviel cukup ulet mainin realpolitik ngeliat dunia manusia punya anti-Demon WMD. Saya expect Twist ceritanya nanti antara sesuatu yang nggak diinginin terpanggil lewat teleporter atau Big hitter tim kelempar ke dunia lain.

Pembuka yang lebih kuat dari season lalu ngeliat ini antagonis sama party kita dah cukup lengkap. Saya juga gak yakin Shang harus sibuk bersihin reputasi dia lagi ngeliat situasi langsung darurat gini.

Horimiya 13 (End)

Kaczmarek

Betapa tingginya adaptasi ini melompat, namun hal yang sama yang harus saya tanyakan adalah “Mengapa terburu-buru?”. Andai seri manga versi Daisuke Hagiwara ini direncanakan berakhir lebih lama, mungkin saja mereka (Aniplex) tidak  mempercepat berakhirnya anime ini. Namun buat apa juga dipanjang-panjangin? Saya melihat material sisa sebelum mereka lulus juga lebih cocoknya dibuat dalam bentuk OVA seperti anime pertamanya. If you guys think this is not cool, i think you should check it on broader perspective.

CTian

“Terima kasih Aniplex untuk The Promised Neverland 2 & Horimiya-nya. Sekarang, mari buat Kimetsu no Yaiba lagi~”

Kiriina

Horimiya menjadi korban Cloverworks x Aniplex selanjutnya, setelah Yakusoku no Neverland. Namun beruntung, Horimiya masih menjadi series yang watchable. Tapi jika dipikir-pikir, Horimiya emang cukup satu musim saja, karena emang ga ada yang “perlu” diulas lagi jika ada musim keduanya. Alternatifnya adalah OVA, seperti Kokoro Connect, atau episodenya bisa dibikin panjang, saya pikir itu cukup untuk merangkum manga Horimiya.

Selain itu, screen time dua sejoli antara Hori dan Miyamura kurang sekali menurut saya. Well, itu ga berlaku buat yang suka karakter sampingan seperti Remy atau Sakura disini.

Yuru Camp S2 13 (End)

Kaczmarek

Snowy season daripada musim pertamanya. Satu persatu situs perkemahan dan wisata di sekitar Izu dan gunung Omuro ditapaki oleh gadis-gadis dan gurunya ini. Yang sedikit mengkhawatirkan disini adalah Rin, atau lebih detailnya punggungnya Rin. Jika dihitung-hitung, di musim kedua ini ia sudah menembus lebih dari 1800 km untuk melancong kesana-sini. Perjalanan terakhir jadi yang paling melelahkan, apalagi Rin juga masih muda.

Dua karakter yang beruntung sering nongol terus di musim kedua ini diantaranya adalah Minami Toba dan Sakura Kagamihara. Toba-sensei jadi reguler karena jadi sopir, sementara Sakura sering mendapatkan porsi saat bersama Nadeshiko atau sama simpenannya, Rin.

Kiriina

It’s getting more better! Semakin enjoy saya nonton Yuru Camp musim kedua ini. Bagian dimana Nadeshiko mencoba untuk kemah sendiri, menjadi klimaks pada musim kedua Yuru Camp. Kemudian ditutup dengan mereka yang menjelajah Izu yang berhasil untuk menyempurnakan series ini. Rating Comfy/10.

Log Horizon: DORT 12 (End)

Kaczmarek

Sedari awal, musim terbaru Log Horizon ini bakal berakhir dengan cliffhanger karena perjalanan ke Minami berada di luar arc ini. Selain itu, pembahasan yang dijabarkan di musim ini lebih dominan pada keadaan politik Akihabara dan proxy lain seperti Krusty. Namun di musim ini, segala permasalahan terkait urusan politik diantara POTL (People of the land), pemerintahan di Minami, dan Akihabara dapat diperluas potensinya. Namun sayang, storytelling mengenai topik ini di musim ini lebih untuk merefleksikan karakter-karakternya yang bisa dibilang stagnan. Untuk meng-cover hal tersebut memang membutuhkan tambahan episode penayangan, dan semoga realisasi kelanjutan serial ini bisa dilakukan. Dengan novel yang kembali berjalan, otomatis kebutuhan material untuk diadaptasi jadi lebih banyak. Semoga saja penjualan kedua media ini bisa mencapai harapan.

BlueHeaven

Ceritanya belum tuntas. Entah kapan lagi bisa lihat kelanjutan animenya. Develop karakter ada, tapi masih kurang storynya.

Sk8 12

Kaptain

Makan tuh Shadow. Salahnya ndiri nyoba jadi Heteroseksual di seri kayak gini. Final Twist yang saya nggak nyangka itu Ainosuke yang bisa-bisanya lolos dari investigasi, jadi si investigator somehow nasibnya lebih pait dari Shadow dan ngeborosin waktu tayang aja.

Memang target demografi karakter udah jelas tapi saya ngeliat Sk8 sebagai seri olahraga yang efektif, dan komplain saya pada akhirnya ya cuma para karakter yang nggak nyeriusin keamanan olahraga walopun karakter yang luka permanen gara-gara nih olahraga merupakan plot point penting.

Pada akhirnya ya saya liat si tukang jahitnya Adam sebagai pahlawan sebenarnya dari seri ini. Bisa aja bikin kostum final boss dalam waktu cepat.

Mashiro no Oto 01

What’s this?

Empty-minded shamisen player looking something to fill in 

Kaczmarek

Saya gak baca manga ini, namun apakah kalian merasa ada yang dicepetin dengan adaptasi episode pertamanya? Saya merasa tempo material cerita ini kayak dikejar hantu. Cepet banget. Namun plot-nya sangat menarik perhatian saya. Untuk itu, saya gunakan 3 Episode Rule untuk seri ini. Satu hal lagi, berharap Yuna bisa balik lagi ke Tokyo.

World Witches Hashin Shimasu 12 (End)

Kaczmarek

Miyafuji masih horny dengan para aset witches lain, bahkan sempat menelan ludah saat berusaha meraba punya Takami. Beruntung situasi berpihak kepada Takami, kalau enggak Miyafuji sudah bisa melengkapi katalog dadanya (nyisa Rall dan Nippa di 502nd). Berakhir sudah dua musim penuh ditemani para witches yang makin lama malah makin senglek, tapi juga makin ngangenin pasca musim ini. Dengan menyisakan bagian terakhirnya, staf memutuskan untuk menyatukan kembali Hikari dan Takami di 502nd. Namun tentunya ada kompensasi yang harus dibayar, yaitu pengurangan budget. Sasha dan Rall kini bisa bernapas lega, namun sebentar lagi mungkin keduanya juga bakal pensiun. Seperti harapan saya di Road to Berlin, semoga Noble Witches dapat giliran berikutnya.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja seri baru yang kalian cukup hype untuk nonton? Sampaikan lewat komentar di bawah dan jangan lupa kalau kalian juga bisa hadir di Discord kita.

Header: ninomaeinanis