[JOI Spotlight] Red Intrusion Edition

April 11, 2021 8:33 pm
[JOI Spotlight] Red Intrusion Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang masih mengumpulkan seri musim semi ini. Mari kita simak impresi para staf untuk berbagai seri yang baru saja mulai pada minggu ini.

Sentouin Hakenshimasu 01

What’s this?

Lawful Evil Konosuba. FYI, Sentouin ditulis sebelum Konosuba,

Kaptain

Lebih optimis saya dengan dibanding Kemonomichi dulu ngeliat stafnya lebih ngerti soal material yang mereka kerjain. Cita rasa Isekai kali ini adalah “Pasukan penjajah” yang untuk sebuah genre kompetisinya belum banyak dan paling nggak udah jelas kalau negara yang mereka datengin itu sekarat dan nyembunyiin sesuatu yang bukan dari dunia fantasi.

Anime jelas punya “prioritas” soal desain para heroine, yang paling saya apresiasi sih lebih banyak penekanan kalau tim ada di daerah yang susah pangan, nggak kayak manga-nya yang ini baru jelas pas tim ada di daerah gurun.

Megalo Box Nomad 01

Kaptain

Mandat untuk ngebuat Ashita no Joe modern udah nggak ada jadi seri ini bisa lebih fleksibel. “Nggak ada orang yang mau ngubur anjing liar”, namun pria yang dulu dikenal sebagai Joe ini mengakhiri episode pembuka ini dengan ngelakuin hal itu.

Saya liat dia ngelakuin sebuah perjalanan bunuh diri, yang ngeliat tipe cerita kayak gini saya proyeksiin dia bakal balik ke ring resmi karena itu kuburan yang lebih sesuai buatnya.

Joran 02

Kaptain

Perkembangan yang ngasih petunjuk kalau Ini tipe cerita yang bakal ngebunuh 90% dari karakternya. Jelas ini Bakufu nggak akan tahan lama, begitu juga dengan target protag itu ngelibatin misi bunuh diri, antara di akhir itu Yukimura yang mati atau Asahi yang mati.

Zombieland Saga the Revenge 01

What’s this?

Setelah menyelamatkan Paradis, sekarang Eren datang menyelamatkan Saga.

Kaptain

Ngelakuin sesuatu yang saya sangat nggak suka kalau dilakuin sekuel, balikin kondisi ke status quo awal dan grup harus mulai dari bawah lagi.

Saya rasa bakal punya masalah yang sama seperti musim sebelumnya. Di mana staf yang ingin seri idol berantem sama staf yang ingin bikin anime Metalocalypse, cuma saya ngarepin banget para staf inget kalau idol kita ini udah jadi mayit semua, agak lebih kreatif gitu sama insiden yang bisa ngebunuh idol biasa tapi di sini tinggal jahiy doang.

Kaczmarek

Saya cuma bisa teriak “Waaaaaaaaaaaaaa!” karena Ai dapet giliran nyanyi duluan di episode pertama ini. Namun yang saya gak nyangka adalah Franchouchou tengah dalam utang. Idol bekerja part-time demi memulihkan utang karena konser mereka yang gagal, dan Fuutarou malah jadi protagonis sebelah.

CTian

Akhirnya, berencana nonton anime secara mingguan lagi. Saya sampai nonton ulang season 1-nya di Netflix dulu sih buat nonton ini, dan masih ngena banget lah jokes-nya. Salah satu yang saya suka dari seri ini sih dinamika kelompoknya Franchouchou. Di season premiere ini benar-benar dibuat diingat kembali dengan dinamika kelompok idol zombie ini, pada gawe dengan senang hati dong buat lunasin utang.

Tapi di season 2 ini saya lebih berharap ada konflik yang lebih dari sekadar sulitnya jadi idol, lebih pengen konflik ke fakta kalau mereka itu adalah mayat yang hidup kembali. Soalnya di prologue season 1 foreshadowing-nya kelihatan mau ke situ. Si jurnalis idol yang memulai investigasi ke unit idol ini.

Kesampingkan itu, saya juga nunggu kesenangan apalagi yang bakal muncul di season ini.Untuk episode pertama ini pecah banget sih! Kotaro yang nggak bisa berhenti bikin saya ketawa dengan tingkahnya, “Bonjiri!!!~”. Untuk penayangan resminya, bisa kamu tonton di kanal YouTube Muse Indonesia, YouTube Muse Asia, iQIYI dan aplikasi Bilibili (Thailand) yak.

SSSS.Dynazenon 02

Kaptain

Menariknya, ini kota nggak dibenerin dan insiden juga jadi pengetahuan umum sampe prosedur buat insiden Kaiju juga ada. Jadi penasaran ini di akhir masa tayang kotanya masih utuh apa nggak. Yang jelas para penduduk kesannya udah tahu Kaiju jinak itu ada dan nyatanya juga insiden baru jadi parah setelah quartet antagonis mulai bikin perkara.

Demen saya sama BGM yang keredam di kokpit (OST Ultraman juga sempet nyempil)..Ini juga Yomogi perlu dapet semacam pinalti sebagai manusia. Dude, you get like chance buat naik robo dinosaur dan situ lebih milih kerja paruh waktu? Suka apa nggak tipe mecha yang dia naikin bakal ngebuat dia lebih banyak interaksi sama pilot lain. Agak ngeselin juga sih detail obsesi dia buat ngehasilin duit itu diumpetin di audio drama.

Good news, Chise bukan hantu. Tapi ini adegan opening nunjukin kalau dia nyembunyiin sesuatu dan dia juga ga ngomong soal bibit Kaiju ke grup,

Seijo no Maryoku wa Bannou Desu 01

What’s this?

Salarywoman gets her second chance

Kaczmarek

Akhir-akhir ini lagi demen serial yang bertema otoge gini, jadi mungkin bakal cover ini sampai akhir musim. Sei sebagai protagonis sejauh ini belum cukup menarik, namun saya menantikan interaksinya dengan para hero yang bakal nongol satu-satu. Berharap dia bisa lebih keras kepala dan keeping on guard di tengah friksi nantinya. Saya juga prefer Sei versi kacamata dengan rambut diikat daripada dijuntaikan seperti itu.

Kaptain

Oh hey, Mari Makinami kena Isekai. Iya saya tahu tampangnya ini ga bakal lama ngeliat materi promo lain, but let me enjoy the moment.

Mashiro no Oto 02

Kaczmarek

Saat Setsu membantu Shuri masang shamisen, saya teringat dengan film anime Nitaboh” yang juga bertema alat musik ini. Bahan yang digunakan untuk dou (badan shamisen) ini dahulu menggunakan kulit anjing dan kucing. Gak, tenang aja, shamisen rusak yang ditemukan Shuri ini bakal diperbaiki dengan bahan lain yang sudah biasa digunakan sebagai pengganti kulit kedua hewan itu.

Penampilan Umeko dan Setsu di episode ini sudah bikin saya betah untuk melanjutkan serial ini. Bukan lagi 3 Episode Rule, ini fix satu musim full. Honda Takako nyanyi sebagai Umeko jadi alasan utama saya terkagum dengan nyanyian ini.

Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu Ω 01

What’s this?

Seasonal degenerate show (2nd season)

Kaczmarek

Saat Aoi Koga dan Itou Miku diumumkan bergabung dengan musim kedua anime ini, saya langsung speechless. Lumachina diperankan Miku, sementara Koga sebagai Rose. Tapi di awal episode ini, kita disuguhkan fanservice dari nama pertama dulu, dan dua heroine utama itu. Sejauh ini saya kesel sama Lumachina, dan semoga gak makin parah.

Higehiro 01

What’s this?

Suzuya

Kaczmarek

Terima kasih kepada Suzuya, saya jadi merhatiin seragamnya Sayu sampai sedetail-detailnya. Episode pertama sangat memuaskan, dari sisi animasi serta pengarahan dialognya. Dynamic dari Sayu dan Yoshida akan mulai berkembang dan makin menarik di titik ini. Sehingga cukup dinantikan terutama bagi yang belum membaca novel atau manga-nya. Oiya, dari seri ini dan “Jaku-chara Tomozaki-kun”, nampaknya Project No. 9 sudah menemukan spesialisasinya dalam motif seninya.

86 01

What’s this?

Disparity

Kaczmarek

Sudah bisa menebak, kan? Yang mana Handler, yang mana undertaker? Kemudian kita sedikit bingung dengan terminologi processor disini, namun dari list yang nampak di episode ini mengungkap bahwa processor adalah individu 86 yang berada dalam satu skuadron. Skuadron Spearhead jadi skuadron terbaru yang di-handle oleh Lena. Shin alias undertaker menjadi komandan dalam skuad ini, dan kita sudah kehilangan satu 86.

Sedari awal pengumuman anime dari novel ini, saya sedikit meragukan dengan desain mecha pada animasinya. Namun setelah diungkap I-IV menjadi desainernya, saya gak meragukan lagi pada sisi ini. I-IV dengan A-1 Pictures pernah bekerjasama pada Aldnoah Zero btw. Tinggal movement-nya aja yang mungkin bisa nge-drop di sisa episode ini.

Back Arrow 14

Kaptain

Ini emang efek histeria, tapi nyoba ngegulingin penguasa yang terbukti bisa mukul mundur satu negara sendirian itu ide terburuk yang bisa dilakuin masyarakat. Udah gitu Fine juga masih punya kesetiaan mayoritas militer, this is how you get military dictatorship people.

Thunderbolt Fantasy S3 02

Kaptain

“Ah ya, sini dulu pernah ngalamin perjalanan Isekai”, well of course Shang. Ga cukup dirinya jadi versi Wuxia dari Philanthropy-nya seri MGS, tentu aja nih orang juga pernah ngalamin petualangan kayak gitu. Menarik aja ini penjara barunya si biksu tuh punya deskripsi yang sama dengan tempat boss akhir season 1 dikirim, ini Aoi Yuuki ga bisa ngomong lagi antara karena semua kekuatannya dipake buat nyelametin si biksu atau budget buat seiyuu udah nipis.

Hell yes Kugimiya balik lagi, ngeliat si Rubah udah mati penasaran aja militer Xi You sekarang kayak gimana ngeliat si birokrat korup udah mati. Tapi ya ngeliat tempat kayak gini jelas ga siap dengan bencana macem Lin, grup kita harusnya aman aja. Kasihan aja ini sama karakternya Otsuka, nih orang terlalu reasonable buat jadi antagonis jadi paling dirinya bakal dikhianatin.

Kyuukyoku Shinka shita Fulldive 01

What’s this?

Saat kreator Shinchou Yuusha pengen bikin seri yang lebih sengklek lagi

Kaczmarek

Apart from Reona’s boobs, seri ini jadi yang paling asing dari anime lain yang saya ikuti di musim ini. Hal ini dikarenakan novelnya baru terbit dua volume, dan volume ketiga terbit nanti 24 April. Manga-nya juga baru jalan Januari lalu di Monthly Comic Alive. Kehadiran Ayana Taketatsu, Ai Fairouz, Shiori Izawa, dan Aoi Koga makin membuat saya tertarik untuk menonton seri ini. Mengingat Shinchou Yuusha, keempat heroine ini akan tampil lebih liar dari yang diperkirakan, kecuali si Kaede yang juga adeknya Hiro.

Ijiranaide Nagatoro-san 01

What’s this?

An unfinished hentai project

Kaczmarek

Sumipe make intonasi Shalltear dalam meranin Nagatoro, dan saya cuma bisa kesenengan disini. Sempet nengok beberapa impresi di Twitter terkait episode pertama ini dan banyak yang merasa Nagatoro ini menyusahkan atau mengganggu banget. Well, ngecek sumber orisinalnya dulu bakal mengobati perasaan itu. Versi Inggrisnya juga baru terbit enam volume.

The World Ends With You 01

Kaptain

Ya ampun ini ngebut banget. Speedrun buat game aja butuh setengah jam buat clear Day 1 dan ini dalam satu episode udah 3 hari langsung. Penasaran aja ini dikebut apa buat bisa nyampe ke konten secret boss sama remaster? Satu lagi komplain, para Noise itu pada dasarnya binatang + tato. Ini desain 3D jadinya ngeganggu banget.

Tokyo Revengers 01

What’s this?

ERASED dengan ekstra tawuran.

Kaptain

Aturan mainnya udah langsung diungkap jadi saya bongkar ini sekarang, Takemichi bakal harus bolak-balik dua era untuk ngebongkar misteri ini karena stuff gets wild. Ini orang dimandat jadi bucin ya mau gimana lagi, berhubung dia juga perlu ngelakuin hal ektsrim buat ngubah timeline. Tapi ya paling ini sampe Bloody Halloween aja.

Tensura: The Slime Diaries 01

What’s this?

Penahan dahaga buat bagian kedua season 2-nya

CTian

Saya baru nonton bagian pertama season keduanya, langsung maraton di iQIYI, dan gantung banget, astaga! Untungnya di penantian satu musim penayangan season kedua bagian keduanya, adaptasi anime ini muncul. Baru tahu saya ternyata ini adaptasi dari manga spin off-nya, pantas desain karakternya jadi imut-imut gitu yak.

Walau hanya spin-off, saya masih menikmatinya sih. Kita disajikan kisah sehari-sehari di negara Federasi Jura Tempest. Bagaimana negaranya berkembang, juga banyak interaksi karakter yang jarang kelihatan di seri utamanya yang diperlihatkan di sini. Habisnya seri utamanya juga lagi serius-seriusnya sih, nggak ada istirahatnya itu season kedua bagian pertamanya.

Ya lumayan lah buat nahan rasa penasaran saya dengan bagian kedua season dua. Karakternya juga lebih enak untuk dipandang, walau jadi terlalu imut-imut sih. Untuk penayangan resminya, bisa kamu tonton di iQIYI, YouTube Muse Asia, dan aplikasi Bilibili (Thailand) yak.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Gadapet Blemishine dalam 20 roll, dan yak mari menabung lagi demi Mudrock. Event ini juga memberikan para dokter untuk ngumpulin material yang nampaknya ilang pasca Surtr kemaren. Namun jangan lupa untuk ngumpulin material lain untuk Mudrock (kalau dapet).

Genshin Impact

Kaptain

Dapet Rosaria & Diluc. Berhubung sama-sama makan Insignia untuk sekarang saya pake Rosa buat speed dia aja. Ini mini-game Pokemon paling nggak ga makan banyak waktu dan boss Oceanid juga ga wajib walopun bagus buat nyetok EXP. Minimal nih konten filler cukup sopan lah berhubung ga makan banyak waktu.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja seri baru yang kalian nonton? Sampaikan lewat komentar di bawah dan jangan lupa kalau kalian juga bisa hadir di Discord kita.

Header: tk8