[JOI Spotlight] All Your Gold Edition

April 18, 2021 19:58
[JOI Spotlight] All Your Gold Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di minggu kedua bulan puasa ini yang saya harap pada masih lancar menjalaninya. Mari kita simak impresi para staf untuk seri yang hadir pada minggu ini.

Sentoiun 02

Kaptain

Dari opening sama kecepatan adaptasi, festival undead (volume 3) bakal nyampe nih. Tim kurang lebih udah lengkap dan kerusakan tiap karakternya harusnya dah jelas. Begitu juga dengan antagonis yang bakal terus-terusan dikadalin. Seperti yang udah saya bilang minggu lalu, ini para karakter bakal lebih rusak jadi untuk mereka yang ngarep perilaku mereka membaik mending stop aja.

Megalo Box 02

Kaptain

There’s a target. Dapetin cukup duit buat beli tanah dengan menangin turnamen. Sama kayak season pertamanya nampaknya bakal ada dilemma antara menangin turnamen atau ngelunasin hutang. Format turnamen juga bisa ngassih akses ke para Boxer season sebelumnya, dan ini termasuk Sachio yang jelas udah dewasa.

Zombieland Saga 02

Kaptain

Much better, mulai dari koreografi 2D buat konser sampai staf yang inget kalau para idol udah mati beserta bebannya. Grup juga dapet kerjaan reguler dan bisa mulai konser rutin lagi, so that’s good. Saya tahunya Hakuryu tuh dari Tonegawa (Kaiji) dan Yakuza Kiwami 2. Baru nyadar dia emang asli Saga.

Kaczmarek

Opening terniat ini. Cukup terbelalak dengan animasi pembuka tersebut.

CTian

Di spotlight episode sebelumnya, saya cuman berharap konflik seputar mereka itu zombie lebih difokuskan, dan saya langsung dikasih ini. Wow, Saki itu memang trope shonen banget di seri ini. Saya suka di bagian pembuka disebut-sebut kalau semangat Saki itu pasti nular ke orang lain, dan saya suka banget sama semangat karakter ini.

Sedikit soal penayangan resminya di Muse Indonesia, suka euy sama lokalisasi nama member-nya. Selain menghibur, bahasa yang dipakai tim Muse Indonesia ini jadi bikin tontonan di sana untuk menambah ilmu soal bahasa ibu sendiri. Saya yakin opini saya soal ini pasti tidak populer~

Terakhir, apa cuman saya aja, atau bait doujinshi H di episode ini memang gede banget yak?

Odd Taxi 01-02

What’s this?

Om-om munggut gadis SMA #2

Kaptain

Ini bukan “fabel” semacam Beastars dan Aggretsuko, ini para karakter binatangnya ada karena kondisi kesehatan si supir taksi selaku protagonisnya. Drama yang kompeten banget. Kurang lebih format ceritanya via dialog antara sang supir dan penumpangnya yang sejauh ini compelling. Surprise hit saya untuk musim ini jadi saya yakin ini bakal jadi seri yang paling nggak ditonton orang.

SSSS.Dynazenon 03

Kaptain

Baru episode 3 tapi udah langsung dapet Space Battle, good on you Dynazenon. Koyomi nyatanya jauh lebih tua dibanding dugaan, like 30 years old atau lebih jadi hubungan antara dia, Chise, dan bos Yomogi yang dia naksir udah jadi sumber konflik. Saya emang masih puas dengan aksinya tapi ini seri emang ditopang banget sama interaksi karakternya.

Udah fix Gauma dan tim musuh itu Cyber Mummy seri ini. Kecuali satu anggotanya paling nggak mereka cukup sopan dan nggak bisa bikin Kaiju sendiri macem Akane dulu. Ngeliat mereka ngebuka rekrutmen buat pengguna Kaiju baru tuh celah buat salah satu anggota tim membelot.

Back Arrow 15

Kaptain

Bye Sola, you didn’t do too much in the end. Ngeliat Rudolph yang udah mulai aktif lagi, kayaknya Ringalind ini emang arena khusus monster macem dia, Zetsu, dan Arrow. Makanya Arrow emang punya insentif kuat buat nyatuin semua negara ngeliat “kontestan” lainnya itu punya insentif buat manjangin perang ngeliat Conviction itu gampang dibangun di era perang kayak gini.

Lutoh is a lost cause now tapi paling nggak Grandedger sekarang dapet 2 pilot top tier baru.

Higehiro 02

Kaczmarek

Well, debut Mishima dan suara dari Kaori Ishihara. Gausah ditebak-tebak ya bahwa Mishima berusaha mengambil kesempatan pasca Gotou menolak Yoshida. Namun Gotou sendiri mengajak Yoshida untuk makan malam memang perlu dipertanyakan. Karena momen dimana Gotou menolak Yoshida, maka disitulah momen dimana alur baru dimulai. And wow, I cup, wow.

Satu hal yang bener-bener pengen saya tanyain dari petinggi Project No. 9, mengapa kalian demen banget narik seiyuu Hisako Kanemoto ke dalam proyek kalian? Saya mulai beranggapan yang enggak-enggak (atau baik?) seperti Hisako sudah menikah atau mengencani petinggi studio ini. Semoga alasannya bukan ini, dan memang karena relasi agensi atau lainnya yang sangat baik diantara keduanya.

CTian

Baru nonton, langsung aja 2 episode sekaligus karena rame banget kayaknya diomongin orang-orang. Sejauh ini saya masih suka, dan bikin saya penasaran ceritanya akan dibawa seperti apa. Satu yang pasti, Yoshida adalah manusia berbudaya.

Seijou no Maryoku wa Bannou desu 02

Kaczmarek

Bring back the glasses! I prefer megane! Yah, yasudahlah ya. Sei sudah memperbaiki pandangannya dengan obat itu. Di episode ini juga saya baru teringat bahwa Sei cukup amatir soal menangani laki-laki yang agresif. Otome vibe seri ini makin terasa.

Kyuukyoku Shinka 02

Kaczmarek

Save your throat Fairouz Ai-san! Menggeram dalam memerankan karakter yandere disini memang menunjukan bahwa Ai punya kualitas melebihi ekspektasi orang lain. Saya gak bisa bilang ini adalah awal darinya, namun berada di tangga menuju popularitas. Kembali ke cerita, Reona ini kian useless untuk ukuran orang yang merekomendasikan game ke orang lain.

Strike the Blood IV 09-10

Kaczmarek

Akhirnya bisa catch-up lagi sama seri ini. Agaknya saya dibuat kesal dengan Shafriar dari MAR yang ternyata jadi otak (atau ada entitas lebih tinggi lagi) dari upaya mengambil alih Avrora. Hanya saja hal yang cukup membingungkan disini adalah mengapa Ki dan Zana berganti pihak di tengah kompetisi ini? Apa yang dijelaskan oleh Aswad-Guul Aziz sedikit rancu karena tujuan utama dari MAR terkesan overlap dengan para primogenitor. Ah iya btw, walaupun terlihat seperti perempuan dan memiliki suara seiyuu Itou Shizuka, Aswad ini adalah laki-laki yang demen crossdress. You gonna take an L if you fall for him because he looks feminime.

Pasca Kojou mengembalikan kekuatan vampirnya kepada Avrora, anggapan bahwa dirinya menjadi manusia tulen memang salah. Melihat kasus-kasus sebelumnya dengan Yukina, Kirasaka, La Folia dan lainnya, manusia yang digigit atau kontak darah dengan vampir, maka ia sepenuhnya tak menjadi manusia tulen. Kerjasama Kojou dan Yukina dengan Ki dan Zana disini lebih ke arah urusan bisnis. Saya masih tak mengerti apa yang diinginkan Ki di peristiwa ini. Ya paling enggak dia bisa bawa Zana yang terlihat manteb disini. Kisaki Kiriha dan Minamiya-sensei is back! Kiriha jadi heroine yang udah ditunggu-tunggu untuk bener-bener berjuang bareng Kojou, dan tinggal menunggu kapan momen “itu” bakal hadir. Dua episode tersisa, saya penasaran bakal ada OVA lagi gak ye?

Ijiranaide Nagatoro-san 02

Kaczmarek

Nagatoro udah menemukan comfort zone di lingkungan sekolahnya. Perlahan Senpai, yang menjadi objek kesenangan Nagatoro, akan menyadari bahwa lawan mainnya berada dalam fase mudah bosan dengan teman-temannya sendiri. Satu hal yang saya sadari disini adalah Sumippe kedengeran nyaman dalam meranin Nagatoro.

Shadows House 01-02

What’s this?

Doll’s backline

Kaczmarek

Oh it’s getting spicy. Beberapa pertanyaan yang muncul di dua episode pertama ini seperti:

  1. Mengapa Shadow dan Doll berada di satu gedung yang sama?
  2. Apa alasan utama dari friksi antara Sarah dan Kate?
  3. Mengapa mereka menjadi bayangan?
  4. Mengapa mereka membutuhkan Doll untuk tetap hidup?

Episode ketiga jadi episode vital untuk membongkar paling tidak sebagian pertanyaan di atas.

Isekai Maou to Shoukan Shoujo Ω 02

Kaczmarek

Tayang di bulan Ramadhan bikin saya nahan ampe buka untuk nonton ini. Makin berbahaya dari yang saya bayangkan, dan seismograf berbentuk lemak payudara dari Shera bikin saya geleng-geleng kepala. Belum lagi bagian mandi bareng itu, hadehhhhhhhhhhhhhh. Seperti yang Shera katakan, “Tetaplah Kuat dan Keras”. Kemudian saya menantikan pengaruh Lumachina terhadap keputusan Battuta di episode berikutnya.

86 02

Kaczmarek

Yikes, episode ini kian menunjukan betapa rasisnya doktrin yang diajarkan dalam Republik. Untuk Lena, digging her own grave memang terasa kasar untuk jadi perumpamaan baginya. Namun melihat ada tendensi konflik dalam keluarganya yang juga punya kedudukan krusial di dalam Republik, membuat posisinya bisa dilempar begitu saja. Kembali lagi, apakah kakak, paman dan kerabat lain bakal mendukung revolusi awal yang sudah ada dalam hati dan otak Lena?

Dari pandangan lebih luas, konflik antara Republik San Magnolia dengan Kekaisaran Giadian ini lebih untuk menjaga kekuasaan dari sisi Republik sendiri. Dikarenakan hal ini, bisa diprediksi warga negara Republik yang berbasis dari Colorata akan meninggalkan tanah air mereka dan membelot ke kekaisaran sebelah. Semoga ini kejadian, asal karakter favorit saya gak ditelan mesin duluan.

Osamake 01

What’s this?

Obvious ending series, but who won!?!?!?

Kaczmarek

Seperti judulnya, kita bisa menebak siapa pemenang serial ini. Namun siapa? Kachi? Shida? Atau satu lagi yang nongol belakangan? Saya ngerti mungkin pattern seri macam ini terdengar dan terlihat membosankan, namun apa salahnya dicoba semusim? Mumpung gratis di salah satu langganan saya di YouTube.

Mashiro no Oto 03

Kaczmarek

Well akhirnya Setsu gabung klub musik ini. Saya sebenarnya masih gak mengerti dengan konsep “suara” yang dimaksud oleh Kamiki disini. Apa saya perlu menaikan sensifitas akan musik agar mengerti apa yang ia maksud? Saya harap enggak karena disini saya memposisikan diri sebagai penonton kasual.

Thunderbolt Fantasy S3 03

Kaptain

Bakal lucu banget ini kalau si profesor ga balik lagi, doomed to be stranded. Ngeliat secara efektif itu Xi You dikuasain sama Kugyu, secara nggak mengejutkan nih negara mulai runtuh dan tentu aja manajemen atasnya itu mulai membelot. Ini Otsuka juga hobi banget ngumpulin death flag dan saya bakal kaget kalau dia masih idup di episode minggu depan. A shame ngeliat dia itu musuh ideologis yang bagus buat Shang.

Speaking of which Mu Tian itu karakter yang saya pengen banget balik dan dia nongol juga di preview.

Tensura: The Slime Diaries 02

CTian

Suka banget ah sama vibe spinoff ini! Saya butuh jiwa macam Rimuru-sama, ahhh! Dia kelihatan benar-benar menikmati hidup yang dia dapatkan. Sampai-sampai disuruh nge-gabut pun dia maunya malah dapat kerjaan. Kok bisa ya? Orang maunya libur, ini dia maunya kerja, dan kerjanya juga bukan buat diri sendiri saja. Mungkin ini juga salah satu bawaan sifat waktu masih hidup di dunia asli kali yak.

Saya butuh jiwa macam Rimuru-sama, sekaligus jiwa macam Gobuta! Cowok jujur apa adanya dan punya sifat yang bebas banget, kayak nggak punya masalah hidup sama sekali. Kalaupun punya masalah, pasti dia bakal hadapi itu like a gentleman!. Kayak yang bisa dilihat waktu di season 2, saat trio manusia isekai datang ke Jura Tempest.

Terus, karakter sampingan macam Geld dan Treyni juga dapat jam tayang yang adil ya di seri ini. Karena di seri utamanya Geld lagi sibuk buat jalan sih, jadi jarang kelihatan kelihatan di sekitar Rimuru. Treyni juga muncul kalau lagi ada masalah doang. Hampir semua karakter sekitar protagonis dapat jam tayang adil, mungkin kecuali Vesta, yang kalau saya nggak salah ingat belum masuk ke Jura Tempest di timeline seri spinoff ini.

Honorable mention, saya salut banget sama seiyunya Rimuru-sama, Miho Okasaki. Walau lagi nyanyi, dia masih bisa bawa suara karakter dengan baik, karakter dengan jiwa pria lagi kan. Berharap yang terbaik buat karirnya, ini sih udah material pemenang penghargaan seiyu euy aktingnya. (Selesai nulis ini baru ngecek profilnya, ternyata beneran pemenang new actress dong di penghargaan tahun lalu! She deserves it so much!)

Terakhir, ahhh karakternya benar-benar good looking ya! Berharap desain karakter ceweknya jadi desain karakter di seri utamanya. Shuna cakep banget euy! Tapi saya nggak suka sama desainnya Hakuro di seri ini, wkwk~

To Your Eternity 01

What’s this?

Koe no Katachi, tapi kisah fantasi-supernatural dan tidak dibuat oleh Kyoto Animation

CTian

Setelah saya nonton episode 1 dan baca ulang manganya yang sudah diterbitkan penerbit m&c!, saya jadi ingat ini kisah ini mungkin bakal jadi ultimate character development yang saya cari. Apalagi seri ini direkomendasikan sama salah satu idola saya, Tatsuki Fujimoto-sensei waktu dia serialisasi Chainsaw Man.

Adaptasinya buuagus banget! Saya suka banget dengan musik yang dibawakan di adaptasi ini. Saya nggak tahu banyak soal musik apalagi pemusik, tapi musiknya memang pas banget sama seri ini. Untuk animasinya juga berhasil menghidupkan panel manganya dengan baik.

Buat nonton legalnya, bisa nonton di YouTube Ani-One Asia dan iQIYI, yak. Dua-duanya punya takarir bahasa Indonesia kok. Saya sih lebih milih nonton di YouTube, bisa screenshot adegan tanpa harus kena logo penayangnya~ /plak

Genshin Impact

Kaptain

Oke, ini progresi cerita yang cukup respectable. Dari dub CN diungkap kalo Aether tuh kembaran yang lebih tua, dan seperti yang bisa kalian lihat dia pake nama “canon” Traveller walaupun karakter lain pake nama ID. Boss baru juga cukup enteng tapi agaknya nih tipe Herald bakal muncul sebagai tim.

Masih sesi Downtime sebelum 1.5 yang lebih gemuk. Ini kayaknya biar miHoYo ga kecolongan lagi dev mutusin buat umumin konten kayak Inazuma lebih awal.

Girls Frontline

Kaptain

New Client. Jadi siap-siap lebih banyak pemain kefilter sama update nih game yang ga pernah beres. Dari sisa anggota Defy yang masuk pool, ada kemungkinan besar Polarized Light bakal mulai pas 27 April nanti. Harusnya sih nggak susah bila dibanding Campaign sebelumnya ngeliat nih misi nggak selesai di server lama gegara pandemi udah gitu Ranking juga di Day map.

Final Fantasy XIV

Kaptain

Iklan terbaik buat Nier Replicant yang bakal rilis bentar lagi. Sama kayak One Piece Stampede dulu, ini Yoko Taro nekat bener ngasih info penting seri Drakenier di nih crossover. Masih belom banyak yang bisa dikomentari selain Raid dan musik yang keren banget ngeliat ceritanya masih akan lanjut via misi Weeklies. Seneng aja sih karakter kita juga sama-sama frustasi dengan cerita yang pelit detail ini.

Sementara itu Sorrow of Werlyt udah ngasih penyelesaian yang bagus dengan ngasih twist kalau kita ini di cerita Eva, bukan Gundam lagi. Sejauh ini selain ngasih Gaius alesan buat ngilang di 6.0 nih konten juga bagus buat flexing animasi mecha nih game dan ngungkap fakta kalo Eorzea udah punya akses buat produksi massal Ultima Weapon.

MSQ masih bakal lanjut akhir Mei. Sedih aja ini game udah satu dekade tapi ada aja yang ga ngerti Akh Morn kerjanya gimana.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Stage challenge di map terakhir belom kelar. Cukup butuh effort yang lebih untuk mode tersebut. Semoga bisa ngelarin malem ini atau besok. Oh yeah, don’t get me started with Folinic’s mom cause she’s gone.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja seri yang kalian minat ngikut sampai akhir? Sampaikan lewat komentar di bawah dan jangan lupa kalau kalian juga bisa hadir di Discord kita.

Header: kionkun1