Sutradara Gintama: “Musim Anime Sekarang Lebih Sering Selesai Sebelum Mulai Tayang”

April 21, 2021 8:12 pm
Sutradara Gintama: “Musim Anime Sekarang Lebih Sering Selesai Sebelum Mulai Tayang”

Secara tidak mengejutkan situasi pandemi membuat produksi anime harus menyesuaikan proses mereka. Seri anime TV sendiri terkenal harus kejar-kejaran dengan deadline sehingga kasus di mana episode baru datang beberapa belas menit dari jam tayang bisa terjadi. Shinji Takamatsu selaku sutradara Gintama dan seri besar lain seperti Mobile Suit Gundam Wing, Danshi Kokosei no Nichijou, Yu-Gi-Oh!, dan banyak lagi melihat perubahan produksi yang mungkin cukup positif.

“Sesi dubbing untuk anime yang telah saya kerjakan sejak tahun lalu dimulai hari ini. Season 1 dijadwalkan selesai pada musim gugur, tetapi tidak akan ditayangkan hingga tahun depan. Cara pembuatan anime telah berubah beberapa tahun terakhir, dan menjadi lebih umum untuk menyelesaikan semua episode sebelum disiarkan. ”

“Sebagai seseorang yang telah membuat anime setiap minggu selama beberapa dekade dan ditekan oleh jadwal siaran, saya merasa bahwa proses ‘semua episode diselesaikan sebelum siaran’ rasanya tidak seperti ‘anime TV’ (tertawa). “

Kutipan tweet dari uekome merasa bahwa metode produksi baru ini karena anime semakin populer di China, dan karenanya setiap episode harus disetujui oleh pemerintah China sebelum ditayangkan, dan fakta bahwa penayang global seperti Netflix lebih suka menayangkan satu musim secara sekaligus.

Hanya saja melihat jarak waktu antara pencairan dana saat tayang dan produksi anime dalam format ini, ada studio yang tidak bisa memenuhi biaya operasional jadi sekali lagi nampaknya akan banyak studio yang jatuh karena tidak bisa melakukan proses ini. Jadi walaupun ada jaminan kalau seri akan tayang sesuai jadwal dan tidak tamat prematur, hanya studio dengan kas besar saja yang mampu melakukannya.

Perlu dicatat bahwa ini tidak terjadi pada semua serial anime TV, hanya saja situasi semacam ini menjadi semakin umum.

Sumber: Crunchyroll